Bosan dengan berita itu-itu saja? Download Aplikasi Liputan6

Sederet Seleb yang Kena Bully Karena Isu Nepotisme di Bollywood, Batasi Komentar Sampai Tutup Akun

Wulan Noviarina Anggraini   | Selasa, 23 Juni 2020 14:38 WIB
Sederet Seleb yang Kena Bully Karena Isu Nepotisme di Bollywood, Batasi Komentar Sampai Tutup Akun
© AFP

Kapanlagi.com - Setelah kematian Sushant Singh Rajput yang diduga karena depresi, isu nepotisme kembali menyeruak. Diduga Sushant stres lantaran persaingan yang tak sehat di Bollywood yang dipicu oleh kuatnya nepotisme di industri film ini.

Bahkan beredar kabar bahwa Sushant sudah di-banned oleh beberapa rumah produksi dan mendapatkan cibiran dari artis papan atas Bollywood. Hal ini yang kemudian membuat beberapa seleb disorot dan dibully netizen India sampai sekarang.

Ada yang tegar menghadapi berbagai cercaan yang mereka terima. Tetapi ada juga yang menyerah dan menutup akun demi ketenangan diri.

Now that you are AWAKE, it's time for you to wake right now!

Awake

1. Alia Bhatt

Gambar

Seleb pertama yang kena bully netizen India adalah Alia Bhatt. Begitu ia mengucapkan duka cita kepada keluarga atas kematian Sushant, Alia langsung dicibir netizen.

Aktris ini disebut hanya bermanis bibir tapi tak benar-benar sedih atas kematian Sushant. Pasalnya, beberapa tahun lalu Alia pernah menyebut 'Sushant itu siapa?', dalam acara Koffee With Karan yang dibawakan oleh Karan Johar.

Meski nadanya bercanda, namun pernyataan Alia ini dianggap sebagai penghinaan. Padahal Alia sendiri tidak akan tenar jika bukan karena peran ayahnya, Mahesh Bhatt yang merupakan sutradara ternama di India.

Alia dianggap tidak tahu malu sudah menyebut 'Sushant itu siapa', padahal dirinya sendiri adalah produk dari nepotisme. Namun Alia tak menanggapi berbagai komentar miring yang dialamatkan kepadanya.

2. Karan Johar

Gambar

Bersamaan dengan bullying yang dialamatkan kepada Alia Bhatt, Karan Johar juga dirundung oleh netizen. Karan disudutkan karena rumah produksi miliknya, Dharma Production diduga telah mem-banned Sushant dan hanya menerima aktor dari kalangan keluarga artis.

Permintaan maaf Karan yang tidak menghubungi Sushant selama satu tahun belakangan tak membuat netizen tenang. Publik India justru semakin panas karena hal ini dan menuding Karan sebagai salah satu penyebab kematian Sushant.

Isu nepotisme yang digalakkan Karan semakin ramai setelah Kangana Ranaut dan Ayushmann Khurrana buka suara. Kangana dengan lantang menuding Karan sebagai biangnya nepotisme di India dan korbannya sudah banyak.

Ayushmann yang bukan berasal dari keluarga artis pun mengungkap bahwa ia pernah mendapatkan pelakuan kurang baik dari Dharma Production di masa lalu. Hal itu diungkap bintang film ANDHANDUN ini lewat buku biografinya dan sudah menyampaikan itu ke Karan.

3. Sonakshi Sinha

Gambar

Sonakshi Sinha menjadi sorotan netizen setelah ia menyampaikan duka kepada Sushant. Ungkapan duka itu ternyata membuat netizen India marah dan Sonakshi balas menyindir banyak orang yang pansos ke kematian Sushant.

"Masalah kalau gulat dengan babi adalah kamu jadi kotor dan babi justru menikmatinya. Beberapa orang benar-benar mencoba untuk meraih popularitas dan menyorot isu mereka memakai alibi membela yang sudah meninggal. TOLONG hentikan. Kalimat negatifmu, hujatan dan racun ini benar-benar nggak diperlukan sekarang. Tolong hormati keluarga yang ditinggalkan," tulisnya di akun Instagram @aslisona.

Postingan Sonakshi ini membuat publik semakin emosi dan mereka menyerang aktris bintang film DABANGG ini di Twitter. Mereka menyebut Sona juga pansos dan nggak seharusnya bicara seperti itu karena ia adalah produk nepotisme. Jika bukan karena ayahnya, Sathrughan Sinha dan Salman Khan, Sona disebut tidak akan terkenal seperti sekarang.

Tak tahan dengan kritikan yang diterima, Sonakshi akhirnya memutuskan untuk menghapus akun Twitternya. Namun ia masih mempertahankan akun Instagramnya.

 

4. Salman Khan

Gambar

Ketika cuitan rumah produksi Salman Khan diduga telah mem-banned Sushant Singh Rajput muncul, publik langsung teringat pada perseteruan Salman dengan Sushant beberapa tahun lalu. Kala itu Salman disebut membela Sooraj Pancholi yang bakal ia debutkan dan sedang bermasalah dengan Sushant.

Salman pun dikecam karena lebih membela Sooraj yang kemampuan aktingnya biasa saja tapi justru ia produseri. Sementara Sushant yang kemampuan aktingnya oke, justru diblacklist dari Salman Khan Production.

Meski semua masalah di atas masih berupa dugaan, namun Salman dapat banyak kecaman. Massa pun sempat demo dan membakar fotonya di jalanan beberapa kota di India.

Tetapi Salman tak menanggapi isu ini dengan emosi. Ketika adiknya marah-marah, Salman justru meminta kepada semua fansnya agar bersimpati kepada fans Sushant yang baru saja kehilangan idola mereka.

5. Sonam Kapoor

Gambar

Sonam Kapoor menyoroti banyaknya orang yang menyalahkan pihak lain atas kematian Sushant. Lewat akun Twitternya, Sonam mengungkap bahwa seharusnya tidak menyalahkan orang lain, kolega atau pacar Sushant atas kematian sang aktor.

Namun pernyataan Sonam ini justru menjadi blunder. Ia dituding tidak bisa merasakan bagaimana perjuangan Sushant melawan nepotisme karena dirinya sendiri adalah produk nepotisme.

Alih-alih membantah, Sonam justru dengan bangga mengakui bahwa ia adalah hasil nepotisme. Ayahnya, Anil Kapoor telah bekerja keras agar dirinya bisa jadi seperti sekarang dan Sonam bangga karena hal itu.

"Aku memang dapat keistimewaan. Dan hal itu bukan sesuatu yang memalukan. Aku bangga," tulis Sonam di Twitternya belum lama ini.

6. Kareena Kapoor

Gambar

Kareena Kapoor pun ikut dihujat netizen karena dianggap sebagai produk nepotisme. Meski sudah berulang kali Kareena bicara mengenai isu ini dan menyebut bahwa nepotisme di Bollywood itu dibesar-besarkan, namun tetap saja ia kena kritik.

Yang membuat publik marah ke Kareena adalah komentarnya di sebuah acara mengenai Sushant beberapa tahun lalu. Ketika itu ia ditanya apa sarannya untuk Sara Ali Khan, anak tirinya yang baru debut di Bollywood.

Dengan sigap Kareena menyarankan agar Sara tidak kencan dengan lawan mainnya di film pertama, yaitu Sushant. Publik kesal karena menganggap wajah Kareena ketika mengucapkan kalimat itu dengan mimik seolah jijik dengan Sushant.

Kareena tak membalas komentar dari netizen soal mimik wajahnya. Ia pun memutuskan untuk membatasi komentar yang masuk ke akun Instagramnya.

Editor:   Wulan Noviarina Anggraini