Sisi Lain Gemerlap Dunia Bollywood, Dari Prostitusi Seleb, KKN Sampai Black Magic

Wulan Noviarina Anggraini | 23 Februari 2018, 07:38 WIB
Sisi Lain Gemerlap Dunia Bollywood, Dari Prostitusi Seleb, KKN Sampai Black Magic

Kapanlagi.com - Bukan rahasia lagi jika di balik gemerlapnya dunia hiburan, selalu ada sisi lain yang turut menyertainya. Demikian pula dengan Bollywood, pusatnya dunia hiburan di India dan menjadi barometer industri film bagi negara-negara di sekitarnya, dengan kehidupan para selebritisnya yang nampak gemerlap, kesuksesan dan uang yang berlimpah ruah.

Mencicip mewahnya kehidupan para selebritis Bollywood menjadi impian banyak orang di India. Tidak sedikit anak-anak yang bercita-cita untuk menjadi bintang di Bollywood. Namun hanya sedikit yang benar-benar sadar, bahwa untuk masuk ke dunia ini tidaklah semudah membeli tiket nonton dan menikmati filmnya di bioskop.

Perjalanan panjang untuk menggapai kesuksesan seperti Shahrukh Khan atau Aamir Khan tidaklah mudah. Bahkan buat para bintang yang masuk ke dunia ini lewat jalur KKN sekalipun.

Lewat jalur Nepotisme, karier akan lebih mudah? Nggak juga...

Tanisha Mukherjee dan Kajol di sebuah acara ©indiawestTanisha Mukherjee dan Kajol di sebuah acara ©indiawest

Masuk ke dunia Bollywood lewat jalur nepotisme adalah langkah paling cepat untuk jadi bintang di India. Sebagian besar selebritis yang sekarang sukses di Bollywood adalah hasil dari Nepotisme yang berlangsung secara turun menurun, dari generasi ke generasi. Bahkan tidak jarang yang satu keluarga jadi seleb semua, mulai dari jadi produser, sutradara dan juga aktornya.

Tapi memiliki koneksi langsung ke produser atau sutradara ternama dan berasal dari keluarga selebritis papan atas di Bollywood tidak menjadi jaminan dari kesuksesan karirmu di dunia yang keras. Masih ada banyak hal lain yang akan menentukan apakah kamu bisa sukses atau tidak.

Contoh nyata dari kegagalan praktik nepotisme ini adalah Tanisha Mukherjee. Namanya terdengar asing bukan? Padahal, adik kandung Kajol ini sudah bermain di beberapa judul film. Namun sayang, hampir semuanya mengalami kegagalan di pasaran.

Dukungan dari Kajol dan Ajay Devgan tidak mampu mengatrol karir Tanisha ©bollywoodMDBDukungan dari Kajol dan Ajay Devgan tidak mampu mengatrol karir Tanisha ©bollywoodMDB

Padahal keluarga Kajol adalah nama yang tak asing lagi di dunia film. Ibu mereka, Tanuja adalah seorang aktris ternama, dan ayah mereka, Shomu Mukherjee adalah seorang sutradara dan produser hebat. Demikian pula dengan Kajol yang mengecap kesuksesan sejak awal karirnya dan mampu menjaganya sampai sekarang.

Kerja keras, bakat, kesempatan, keberuntungan dan nasib baik juga menjadi penentu dalam karir seseorang. Hal ini kemudian membuat perdebatan soal nepotisme di Bollywood kerap memanas dan menjadi topik yang tak pernah habis dibicarakan.

Tidak sedikit aktor dan aktris buka suara, termasuk sutradara Karan Johar yang juga dicap sukses karena ayahnya juga sutradara dan produser sukses. Padahal meski hasil KKN, tetap saja ia harus bekerja keras untuk mendapatkan apa yang ia capai sekarang.

"Rasanya kami ini seperti kriminal. Rasanya hampir di semua tempat, kami digampar dengan kenyataan bahwa kami adalah anak dari orangtua yang juga ada di industri ini," keluh Karan seperti dilansir dari Times of India.

Prostitusi di Kalangan Selebritis

Saira Bhanu, terjerat prostitusi meski sudah tenar jadi aktris ©News18.comSaira Bhanu, terjerat prostitusi meski sudah tenar jadi aktris ©News18.com

Tidak sekedar masuknya yang sulit, untuk bisa bertahan di kerasnya dunia Bollywood pun sungguh luar biasa tantangannya. Tidak sedikit nama yang tenar lewat film pertama, kemudian tak laku di proyek berikutnya dan kemudian banting setir ke dunia prostitusi.

Hal ini bukanlah rahasia bawah tanah yang hanya muncul sebagai gosip semata. Namun terbukti dengan banyak aktris yang tertangkap oleh polisi ketika mereka melakukan transaksi dengan pria hidung belang, yang kemudian membuat publik terhenyak.

Salah satu kasus yang paling menggemparkan adalah tertangkapnya aktris Saira Bhanu. Bintang film Telugu yang aktingnya sempat dipuji ini, tertangkap polisi ketika melayani pria hidung belang di sebuah tempat. Saira ditahan bersama tujuh orang perempuan lainnya yang memiliki profesi sama dan mendapatkan hukuman sosial.

Banyak alasan yang melatarbelakangi pilihan para aktris untuk masuk ke dunia prostitusi. Dan alasan ekonomi adalah faktor yang paling banyak diungkapkan oleh mereka.

Tekanan Dari Mafia Bawah Tanah dan Ancaman Pembunuhan

Shahrukh Khan dapat ancaman dari mafia bawah tanah ©The Indian ExpressShahrukh Khan dapat ancaman dari mafia bawah tanah ©The Indian Express

Mafia bawah tanah dengan banyak anak buah bertubuh kekar bukan sekedar cerita dalam film dengan Inspektur Singh sebagai tokoh utamanya. Ini adalah kejadian nyata di Bollywood dan masih berlangsung sampai detik ini.

Praktik yang kerap terjadi adalah para mafia memberikan uang kepada produser untuk membuat film. Yang kemudian dijadikan senjata untuk memeras jika tidak mendapatkan keuntungan seperti yang diharapkan.

Para mafia juga tidak segan untuk melakukan pemerasan dan ancaman pembunuhan kepada para selebritis. Shahrukh Khan beberapa kali mengalaminya, dan ia harus dikawal oleh polisi ke manapun ia pergi selama beberapa waktu, sampai mafianya ditangkap oleh pihak berwajib.

"Shahrukh mendapatkan beberapa ancaman dan ia melaporkan ke polisi. Dan ketika ia diminta datang untuk menjadi saksi, aku mulai dapat telepon dari orang-orang penting di Delhi dan Mumbai agar memberinya perlindungan," ungkap Komisioner Polisi M.N Singh seperti dilansir dari Rediff.com.

Ada beberapa nama mafia bawah tanah yang cukup tenar di India dan pernah berurusan dengan seleb. Mulai dari Dawood Ibrahim, Ali Baba Budesh, Abu Salem dan banyak nama lainnya yang kerap bikin keder para seleb ketika mendapatkan telepon dari mereka.

Black Magic, Konon Masih Ada...

Ranbir dan Katrina dikabarkan jadi korban black magic ©cosmopolitan.inRanbir dan Katrina dikabarkan jadi korban black magic ©cosmopolitan.in

Isu beberapa seleb India menggunakan black magic alias dunia sihir kembali bergulir beberapa waktu belakangan ini. Tidak hanya sebagai pelaris, tapi beberapa selebritis juga disebut-sebut jadi korban dari black magic yang dikirimkan oleh orang lain.

Salah satu korban yang sedang ramai dibicarakan adalah Ranbir Kapoor dan Katrina Kaif. Seorang paranormal di India menyebut bahwa mantan pasangan ini jadi korban 'kutukan' dari teman yang tak suka mereka bersama. Rumah pasangan ini pun konon penuh dengan 'kutukan' dari sang teman, yang juga berupaya untuk memisahkan mereka.

Selain itu juga banyak kabar bahwa para aktor dan aktris menggunakan jalan black magic sebagai cara mereka untuk tetap bertahan di dunia hiburan dan mendapatkan pekerjaan. Namun ketika ditanya soal hal ini, sutradara ternama Mahesh Bhatt menyangkalnya.

"Ada banyak kisah tentang para aktris yang pakai black magic. Tapi, itu cuma rumor," ungkap Mahesh seperti dilansir dari Filmibeat.

Perselingkuhan Terjadi di Mana-Mana

Amitabh Bachchan pernah berselingkuh dengan Rekha ©India TodayAmitabh Bachchan pernah berselingkuh dengan Rekha ©India Today

Aktor dan aktris yang nampak romantis dan keluarganya harmonis di depan publik, tak selalu memiliki kehidupan nyata yang menyenangkan. Perselingkuhan bukanlah isu baru di kalangan para selebritis Bollywood. Bahkan dalam keluarga yang sekarang menjadi 'sweetheart' banyak orang sekalipun, isu perselingkuhan tidak bisa lepas dari mereka.

Sebut saja Amitabh Bachchan yang kini dikenal sebagai pria penyayang dan pernikahannya dengan Jaya Bachchan bertahan selama puluhan tahun. Ternyata di sela pernikahannya dengan Jaya, Amitabh melakukan perselingkuhan dengan Rekha yang kemudian membuat hubungan Jaya dengan aktris lawan main Amitabh itu memburuk dan baru baikan beberapa tahun belakangan.

Isu perselingkuhan juga tidak lepas dari Kangana Ranaut, yang mengaku dengan gamblang bahwa ia menjadi simpanan aktor legendaris Aditya Pancholi. Kangana pun mengaku kalau dirinya adalah selingkuhan Hrithik Roshan, meski kemudian dibantah habis-habisan oleh sang aktor.

Dunia Bollywood adalah tempat yang sangat keras, baik bagi pendatang baru maupun yang sudah terjun ke dalamnya. Mereka yang mampu bertahan adalah sosok-sosok pilihan. Karena tantangannya tidak hanya soal seberapa pandai menjaga kualitas diri, tapi juga hambatan dari pihak lain yang tidak bisa dipandang sebelah mata.

(kpl/phi)