Sutradara 'SANJU' Rajkumar Hirani Dituduh Lakukan Pelecehan Seksual ke Astrada

Wulan Noviarina Anggraini | Senin, 14 Januari 2019 12:38 WIB
Sutradara 'SANJU' Rajkumar Hirani Dituduh Lakukan Pelecehan Seksual ke Astrada

Kapanlagi.com - Salah satu asisten sutradra film SANJU baru saja mengungkap bahwa ia jadi korban pelecehan seksual oleh sutradara Rajkumar Hirani. Hal tersebut diakui korban berlangsung selama mereka mengerjakan film SANJU yang dibintangi oleh Ranbir Kapoor.

Dilansir dari Huff Post India, perempuan tersebut melaporkan hal ini sejak awal Desember 2018 lalu. Ia menyatakan bahwa pelecehan itu berlangsung antara Maret sampai September 2018. Kejadiannya pun berlangsung lebih dari sekali, sampai mereka melakukan post produksi film SANJU.

Kabar ini tentu sangat mengejutkan, karena selama karirnya, Rajkumar yang juga menyutradari film 3 IDIOTS dan PK dikenal sebagai sosok yang santun. Dan tak menunggu lama, Rajkumar langsung menunjuk pengacara untuk mengusut kasus ini.

1 dari 2 halaman

1. Isi E-mail Sang Astrada

Isi E-mail Sang Astrada ©Times of India
Dalam surel yang dikirim pada Desember 2018, astrada tersebut menyatakan bahwa Rajkumar pertama kali menulis komentar sugestif secara seksual kepadanya pada 9 April 2018. "Saya ingat membentuk kata-kata ini di bibir saya. 'Pak, ini salah...Karena struktur kekuatan ini. Anda menjadi kekuatan absolut dan saya hanya menjadi asisten, bukan siapa-siapa. Saya tidak akan pernah mampu mengekspresikan diri kepada Anda," tulisnya.

Astrada tersebut juga menyebut bahwa, 'Pikiran, tubuh dan hati saya sangat dilanggar malam itu dan selama 6 bulan berikutnya'. Ia mengaku tidak bisa menolak, karena ia tidak bisa kehilangan pekerjaan.

"Saya tidak punya pilihan selain bersikap sopan kepadanya. Itu (pelecehan) tidak tertahankan. Tetapi alasan saya menanggung semuanya, sampai saya tidak bisa, adalah karena saya tidak ingin pekerjaan saya diambil dari saya. Dan pekerjaan saya dipertanyakan. Aku khawatir kalau aku meninggalkan proyek itu di tengah-tengah, aku akan sulit menemukan pekerjaan lagi di industri ini kalau ia sampai ngomong jelek tentang pekerjaanku. Karena kalau Hirani bilang aku jelek, semua orang akan mendengarkannya. Masa depanku dalam bahaya," ujar astrada tersebut kepada Huff Post India.

Surel ini dikirimkan oleh sang astrada tidak hanya kepada Rajkumar Hirani. Tetapi juga kepada co-produser SANJU, Vidhu Vinod Chopra, kepada istri dan saudara perempuan Vinod dan penulis naskah Abhijat Joshi.

2 dari 2 halaman

2. Rajkumar Membantah

Tudingan yang dialamatkan kepadanya oleh astrada SANJU dibantah dengan keras oleh Rajkumar Hirani. Melalui pengacaranya, sutradara yang dikenal perfeksionis ini menyebut bahwa tudingan yang diarahkan kepadanya tidak berdasar.

Rajkumar pun juga memberikan bukti percakapannya dengan sang astrada lewat pengacara. Dengan bukti-bukti ini, Rajkumar ingin membuktikan bahwa dirinya tidak bersalah.

"Klien kami, tuan Rajkumar Hirani telah menginstrusikan kepada kami untuk menyatakan bahwa ia telah memberi Anda inspeksi tertulis dua kali. Yang kedua dilakukan hari ini, ketik dikumpulkan dalam urutan kronologis, menunjukkan komunikasi tertulis dari 'pengadu' dalam konteks garis waktu dari dugaan yang dibuat oleh 'pengadu' yang kemudian menghasilkan pertanyaan dari Anda. Seharusnya sekarang sudah jelas bagi Anda semua bahwa tuduhan yang dibuat oleh 'pengadu' tidak hanya salah, tetapi juga berbahaya dan mengandung fitnah," ungkap Anand Desai kepada media melalui surel, (15/12/18).

(pin/phi)


↑