11 Foto Lokasi ADA APA DENGAN CINTA Dulu dan Kini, Apakah Masih Sama?

Mahardi Eka Putra | Senin, 02 September 2019 14:21 WIB
11 Foto Lokasi ADA APA DENGAN CINTA Dulu dan Kini, Apakah Masih Sama?

Kapanlagi.com - Siapa masih ingat seperti apa ruang mading Geng Cinta dalam ADA APA DENGAN CINTA? Mulai dari warna pintunya, foto-foto siapa saja yang tertempel di dindingnya? Bicara film yang dibintangi Dian Sastro dan Nicholas Saputra ini memang tak bisa lepas dari settingnya yang familiar tapi juga ikonik.

Dengan mengambil setting sekolah dan sudut-sudut di dalamnya, AADC membuat penonton menjadi terngiang terus. Ambil contoh setting gudang tempat Rangga menghabiskan waktu istirahat dengan membaca buku, apakah tetap dipenuhi kursi-kursi rusak seperti dalam filmnya? Atau lapangan basket tempat geng cinta bercengkrama saat pulang sekolah. 

ADA APA DENGAN CINTA? yang disutradarai oleh Riri Riza ini rilis pada 8 Februari 2002. Setelah 17 tahun berlalu, kira-kira seperti apa lokasinya sekarang yang berada di SMA Kolese Gonzaga? Tim KapanLagi.com sudah kepoin untuk kamu semua. Yuk nostalgia bareng. Simak sampai foto terakhir ya.

 

 

 

1 dari 11 halaman

1. Ruang Mading Geng Cinta

Ruang Mading Geng Cinta Miles Films & KapanLagi.com / Bayu Herdianto
Dari semua lokasi ceritanya, boleh dikatakan ruang mading menjadi yang paling ikonik. Di sinilah markas Geng Cinta (Maura, Milly, Karmen, dan Alya) kerap menghabiskan waktu dengan mewujudkan kreativitas mereka. Tak hanya itu tempat mading ini juga kerap dipakai sebagai tempat curhat. 

Kini, ruangan ini dipakai sebagai tempat ruangan Bimbingan Penyuluhan para siswa. Pas nggak tuh? 
2 dari 11 halaman

2. Sekolah Rangga dan Cinta yang Khas Nuansanya

Sekolah Rangga dan Cinta yang Khas Nuansanya Miles Films & KapanLagi.com / Bayu Herdianto
Salah satu yang khas dari sekolah Rangga dan Cinta tak lain dari eksterior gedungnya yang vintage. Salah satu yang bikin adem tentu bingkai jendela dan pintu yang didominasi bahan kayu. Belum lagi lantainya yang masih menggunakan ubin. Hingga 2019 suasana itu masih terasa di lorong sekolahnya. 
3 dari 11 halaman

3. Pintu Masuk Sekolah Rangga dan Cinta

Pintu Masuk Sekolah Rangga dan Cinta Miles Films & KapanLagi.com / Bayu Herdianto
Sambil mendengarkan musik latar Kubahagia milik Melly Goeslow, kita diajak melihat seperti apa kesibukan siswa-siswi di sekolah Cinta saat masuk sekolah. Jalan masuk yang dipayungi pohon rindang di kanan dan kiri menjadi pemandangan rutin ketika masuk sekolah. 

Tidak banyak yang berubah dari pintu masuk ini kecuali rumput di halamannya yang sedikit kering saat kami berkunjung ke sana. Tempat ini tak lain adalah parkiran dari sekolah SMA Kolese Gonzaga. 
4 dari 11 halaman

4. Kalau Rangga dan Cinta Upacara, Seperti ini Pemandangannya

Kalau Rangga dan Cinta Upacara, Seperti ini Pemandangannya Miles Films & KapanLagi.com / Bayu Herdianto
Dalam film AADC, hanya ada satu adegan yang memperlihatkan para siswa di lapangan upacara. Di saat yang sama diumumkan juga pemenang lomba puisi. Kalian pasti masih ingat ekspresi masam Cinta ketika Rangga diumumkan jadi pemenang bukan? 

Tidak banyak yang berubah dari lapangan upacara tersebut. Hanya menara panjat tebing yang sudah direnovasi dengan dinding yang lebih berwarna cerah. 
5 dari 11 halaman

5. Kalau Cari Rangga Saat Istirahat, ke Sini Saja

Kalau Cari Rangga Saat Istirahat, ke Sini Saja Miles Films & KapanLagi.com / Bayu Herdianto
Rangga nih memang orangnya unik banget. Di sana siswa-siswi lain mungkin memilih menghabiskan waktu di kantin atau lapangan basket, di memilih tempat yang jauh dari keramaian. Terpencil pula. Dia memilih membaca buku di gudang sekolah. 

Gudang ini kini difungsikan sebagai tempat parkir karyawan sekolah. 

6 dari 11 halaman

6. Selasar Sekolah Cinta, Dulu dan Sekarang

Selasar Sekolah Cinta, Dulu dan Sekarang Miles Films & KapanLagi.com / Bayu Herdianto
Dalam filmnya, selasar sekolahnya dipenuhi dengan kursi kayu. Seiring dengan perkembangan zaman, kursi kayu tersebut kini berganti dengan kursi-kursi besi. Kalau kalian perhatikan, motif tembok bagian bawah juga berganti. 
7 dari 11 halaman

7. Di Sini Rangga dan Cinta Pernah Bertengkar

Di Sini Rangga dan Cinta Pernah Bertengkar Miles Films & KapanLagi.com / Bayu Herdianto
"Basi! Madingnya sudah siap terbit," hardik Cinta pada Rangga. Ngeri-ngeri sedap. Buktinya Rangga makin kesengsem. Eh ternyata Cinta lambat laun juga menyimpan takjub pada Rangga. 

Adegan pertengkaran ini adalah salah satu yang ikonik dalam filmnya, terlebih dialognya yang langsung nancap di benak. Lokasinya di depan ruang mading. Kini ruang mading tersebut jadi ruang Bimbingan Penyuluhan. 
8 dari 11 halaman

8. Tempat Paling Asyik Cinta Buat Baca Buku Sambil Sembunyi-Sembunyi

Tempat Paling Asyik Cinta Buat Baca Buku Sambil Sembunyi-Sembunyi Miles Films & KapanLagi.com / Bayu Herdianto
Cinta tuh sosok populer di sekolah. Jadi setiap aktivitasnya pasti banyak yang memperhatikan. Apalagi para penggemarnya tuh. Oleh karena itu, ia memilih tempat yang tidak biasa untuk menikmati setiap lembar buku puisi AKU yang ia "ambil" dari Rangga secara tidak sengaja. 

Ruangan tersebut tak lain adalah lapangan basket indoor. Jika dalam filmnya terlihat tidak bertingkat. Ketika kami berkunjung ke sana, terlihat kini tempat duduk penontonnya sudah dibuat bertingkat. 
9 dari 11 halaman

9. Ekskul Paling Hits di SMA Cinta

Ekskul Paling Hits di SMA Cinta Miles Films & KapanLagi.com / Bayu Herdianto
Rasa-rasanya ekskul mading menjadi ekskul paling hits dan prestisius di sekolah Cinta. Buktinya, cinta dan kawan-kawan mendapat ruangan tersendiri di bagian depan gedung sekolah. Nggak jauh lah dari ruangan guru dan kepala sekolah. Mereka pun bebas menghias ruangan tersebut dengan banyak poster dan juga catatan kecil. 

Foto di bawahnya adalah salah satu sudut ruang Bimbingan Penyuluhan dengan pintu kupu yang ikonik tersebut. 
10 dari 11 halaman

10. Markas Rangga

Markas Rangga Miles Films & KapanLagi.com / Bayu Herdianto
Salah satu tim kami menjajal seperti apa sih rasanya menjadi Rangga. Paling tidak seperti apa rasanya sendirian di gudang sekolah saat istirahat. Hanya saja kali ia tidak membawa buku untuk dibaca. 
11 dari 11 halaman

11. Tempat Nongkrong Favorit

Tempat Nongkrong Favorit Miles Films & KapanLagi.com / Bayu Herdianto
Buat KLovers yang bersekolah di SMA Kolese Gonzaga, siapa yang punya pertemanan dan sering ngobrol di lapangan basket outdoor? Dalam filmnya lapangan ini dipakai sebagai tempat ngongkrong geng Cinta ketika pulang sekolah. 

So, Klovers tempat mana dari filmnya yang juga bikin kalian bernostalgia lagi? Share dengan kami di kolom komentar ya. Tunggu aksi kepo kami ke tempat lokasi syuting film-film Indonesia lainnya. Stay tuned!


(kpl/dka)


Editor:  

Mahardi Eka Putra

↑