10 Trailer Film Indonesia Terbaik Sepanjang 2018

Editor KapanLagi.com | 07 Januari 2019, 12:11 WIB
10 Trailer Film Indonesia Terbaik Sepanjang 2018

Kapanlagi.com - Trailer adalah istilah umum dalam dunia perfilman yang merujuk kepada upaya promosi sebuah film yang akan segera tayang melalui video, memuat plot inti cerita dalam film, termasuk pemeran, sutradara, produser, distributor dan waktu tayang film tersebut. Panjang sebuah video trailer lebih kurang 2-3 menit.

Trailer film berdurasi tak lebih dari tiga menit. Itu ditata sedemikian rupa sebagai media promosi. Selain itu, trailer juga ditujukan untuk membeberkan apa yang terjadi tanpa membongkar hidangan utama dalam film. Sepanjang tahun 2018 lalu terdapat banyak judul film dengan trailer yang mengagumkan, berikut ini beberapa diantaranya dari pantauan KapanLagi.com®

1. DILAN 1990

Trailer film Dilan 1990 yang dirilis melalui Youtube rumah produksi Falcon Pictures berisi video yang berdurasi 2 menit 11 detik. Dalam trailer filmya terdapat gambaran bagaimana sosok Iqbaal dan Vanesha Prescilla dalam memerankan dua karakter sentral yaitu Dilan dan Milea.

Karena mengadaptasi novel, banyak sekali dialog antara tokoh Dilan dan Milea yang diungkapkan dalam bentuk verbal. Beberapa ungkapan khas Dilan muncul dalam trailer ini, seperti, "Kamu cantik, tapi aku belum mencintaimu. Enggak tahu kalau sore, tunggu aja," kata Dilan pada Milea dalam perjalanan pulang sekolah. Atau kalimat yang sangat populer seperti, "Jangan pernah bilang ke aku ada yang menyakiti mu, nanti orang itu akan hilang." Selain itu, ungkapan rayuan lainnya, seperti, "Jangan rindu, berat, kamu enggak akan kuat, biar aku saja,"

Penampilan Iqbaal di dalam trailer pun disulap menyerupai gambaran Dilan di dalam novelnya sebagai Si Panglima Tempur. Ia memakai jaket jeans, baju seragam yang tak pernah dimasukkan ke dalam celana, dan mengendarai motor klasiknya.
Karakter yang berperan untuk memainkan film Dilan ini tentunya sudah dipertimbangkan secara matang oleh Fajar Bustomi dan Pidi Baiq dengan melalui serangkaian proses casting. Nama Iqbal Dhiafakhri Ramadhan atau yang lebih dikenal sebagai Iqbaal Ramadhan dan Vanesha Prescilla dipilih sebagai pemeran utama Dilan dan Milea. Selain itu, ada juga aktor dan aktris lainnya yang mendukung film ini seperti Brandon Salim, Steffi Zamora, Refal Hady, Gusti Rayhan, Zulfa Maharani, Yuriko Angeline, dan masih banyak lagi.

2. BUFFALO BOYS 

Saat perilisan cuplikan perdana film drama petualangan Buffalo Boys pada 20 April 2018 ini sangat mencuri perhatian karena kualitas dan gaya penggarapan yang bertema koboi, meski bercerita tentang zaman penjajahan di Indonesia.
Selain itu tak jauh berbeda dengan cuplikan singkat yang dirilis pada pertengahan Maret, sejumlah aksi mendebarkan dengan sinematografi menarik ditampilkan secara apik. Namun di balik itu, kekejaman dan kelamnya masa penjajahan menjadi suguhan yang mengerikan.

Film Buffalo Boys mengisahkan tentang dua bersaudara yang ingin membalaskan dendam ayah mereka setelah bertahun-tahun diasingkan di Amerika. Padahal ayah mereka seorang sultan.

Pada awal trailer diawali dengan suara Pevita Pearce yang berlatar pada era kolonial. Pevita Perace bertutur tentang hidup dalam bayang-bayang penjajahan. Namun dalam trailernya tidak dijelaskan bagaimana karakter Pevita Pearce dalam film ini.
Mike Wiluan sebagai sutradara dan produser sempat mengutarakan bahwa film Buffalo Boys dibuat dengan tujuan mengingatkan generasi millenial tentang sejarah pada masa penjajahan Belanda. Masa yang penuh dengan tantangan dan ketidaksetaraan yang harus dilawan orang Indonesia. Meski ceritanya lokal, penggarapannya sudah seperti film-film Barat.

Mike sendiri memang pemilik Infinite Studios di Batam, yang beberapa kali menjadi lokasi syuting film Hollywood, termasuk Beyond Skyline yang dibintangi Frank Grillo.

Buffalo Boys dibintangi oleh Yoshi Sudarso, Ario Bayu, Pevita Pearce, Tio Pakusadewo, Mikha Tambayong, Happy Salma, Zack Lee, Hannah Al Rasyid, serta Alex Abbad.

3. SUZANNA: BERNAFAS DALAM KUBUR 

Trailer film horor berjudul Suzanna: Bernafas dalam Kubur yang tayang di kanal Youtube 13 Oktober 2018 dengan durasi 2 menit 48 detik ini berhasil menjadi trending di Youtube hingga bertengger di nomor 4.

Dalam trailer yang dirilis Soraya Intercine ini tampak Luna Maya memerankan tokoh utama film ini yaitu sebagai Suzanna. Akting Luna Maya memerankan Suzzanna membuat film ini menjadi salah satu film horor yang ditunggu-tunggu.

Pada awal trailer terdengar lantunan ayat surat Yasin yang dibaca dengan khusyu oleh Herjunot Ali. Suzzana (Luna Maya) yang terlihat mengenakan mukenah dan duduk dekat dengan Herjunot Ali tampak gelisah. Lalu Suzzana pun menjerit kencang hingga membuat kaca jendela pecah seketika.

Adegan itu merupakan cuplikan awal dengan film remake besutan sutradara Rocky Soraya & Anggy Umbara. Kemudian pada akhir trailer ditutup dengan tawa mengerikan Suzzanna yang membuat merinding penonton.

Suara Luna pun dibuat sangat mirip almarhum Suzzanna saat beradegan di film horor klasik tersebut. Selain itu, make up Luna Maya juga dibuat semirip mungkin dengan wajah Suzanna.

4. ARUNA & LIDAHNYA

Film dengan tema kuliner ini dinilai film yang berani tampil beda karena menyuguhkan tema di luar horor dan komedi. Tak heran jika film Aruna & Lidahnya menjadi fil yang paling dinantikan. Selain itu film ini dibintangi oleh pasangan fenomenal di Ada Apa Dengan Cinta?, yakni Dian Sastro dan Nicholas Saputra.

Setelah merilis teaser serta membagikan sejumlah promo, akhirnya Palari Films meluncurkan official trailer perdana Aruna & Lidahnya pada Kamis (9/8). Tak jauh beda dengan teaser sebelumnya, trailer ini juga kembali sukses membuat warganet lapar dan ngiler karena menyuguhkan berbagai sajian lezat khas Indonesia.

Namun, ada yang unik dari trailer Aruna dan Lidahnya. Kemunculan Ayu Azhari dan Desta menjadi bumbu baru. Terlihat dalam trailer, keduanya memanggil Aruna (Dian Sastro) di ruangan. Desta dan Ayu juga menugaskan Aruna sambil menyantap mie ayam.

Trailer berdurasi hampir dua menit ini mulai menampilkan inti cerita yang bakal diusung dalam Aruna & Lidahnya. Cuplikan ini seolah mengajak penggemar untuk melihat bagaimana Dian cs memadukan pekerjaan, persahabatan, cinta, dan kuliner menjadi satu kemasan yang siap untuk dinikmati.

Dian juga mengaku bahwa dirinya merasa tertantang lantaran tema yang ditawarkan Aruna & Lidahnya. Bahkan, ibu dua anak tersebut tertarik untuk berkecimpung dalam film ini karena mengaku ingin mengubah selera film penonton di tanah air.
Diketahui, dalam film Aruna dan Lidahnya, Aruna (Dian Sastro) mencari nasi goreng yang telah lama diidamkannya. Dalam perjalanannya, dia ditemani Farish (Oka Antara) berusaha menyelesaikan pekerjaannya, Bono (Nicholas Saputra) bergulat dengan perasaan yang dia pendam, dan Nad (Hannah Al Rashid) yang hendak berkuliner.

5. WIRO SABLENG

Pada 28 Juli Lifelike Pictures merilis trailer penuh fil Wiro Sableng setelah sebelumnya merilis video teaser. Seperti teaser-nya, tentu saja trailer film ini menyorot aksi Vino G Bastian sebagai Pendekar Kapak Maut Naga Geni alias Wiro Sableng. Trailer ini juga menjelaskan lebih rinci mengenai cerita filmnya melalui beberapa dialog.

Trailer Wiro Sableng tentunya memiliki durasi yang lebih panjang ketimbang teaser trailernya, tepatnya 2 menit 7 detik. Banyak juga adegan-adegan baru yang ditampilkan di dalamnya. Sebut saja ketika Wiro Sableng dan sedang mengangkat Kapak Naga Geni yang menjadi senjata andalannya. Ada juga adegan pertarungan yang cukup kocak ketika Wiro Sableng sempat-sempatnya minum di tengah pertarungan.

Selain Vino G Bastian, Wiro Sableng juga dibintangi oleh Sherina Munaf, Marsha Timothy, Lukman Sardi, Rifnu Wikana, Dwi Sasono, Marcella Zalianty, Marcell Siahaan, Happy Salma, Yayan Ruhian, Ruth Marini, Andy /RIF, Fariz Alfarazi, Yayu Unru, Cecep Arief Rahman, Dian Sidik, Yusuf Mahardika, dan Aghniny Haque.

6. YOWIS BEN

Yowis Ben merupakan sebuah film drama komedi terbaru 2018 yang berasal dari Indonesia. Film ini disutradrai oleh Fajar Nugros dan Bayu Skak sebagai co-sutradara. Tidak hanya sebagai sutradara, Bayu Skak juga merangkap sebagai penulis naskah film. Bayu Skak sebelumnya dikenal publik sebagai seorang Youtuber dengan konten komedi dan menggunakan bahasa Jawa Malangan.

Film Yowes Ben mengambil latar kota Malang yang tepatnya berada di Museum Angkut, Alun-Alun kota Malang, Gereja Hati Kudus dan Kampung Warna-Warni. Bagi masyarakat Jawa penggunaan kata Yowis Ben adalah hal yang lumrah. Namun, jika kalimat ini dijadikan sebagai sebuah judul film, maka yang disajikan adalah hal-hal yang unik. Misalnya saja, Hampir 80% dari adegan di film ini menggunakan bahasa Jawa.

Komedian terkenal asal Jawa Timur seperti Sapari, Joshua Suherman dan Kartolo akan ikut berperan film Yowis Band. Tak lupa juga ada aktor muda berbakat serta senior yang membintangi, seperti Brandon Salim, Cut Mariska, Ita Budiman, Arief Didu, Devina Aureel, Erick Soekamti dan juga yang lainnya.

7. SI DOEL THE MOVIE

Di tahun 90-an, sinetron Si Doel Anak Sekolahan yang tayang seminggu sekali dengan dibintangi dan disutradarai oleh Rano Karno serta dibintangi oleh alm Benyamin S, Aminah Cendrakasih yang ngetop dengan panggilan Maknyak, Cornelia Agatha, Maudy Koesnaedi, Mandra, Suti Karno dan lain sebagainya begitu populer hingga dibuat sampai beberapa musim dan penayangan terakhirnya di tahun 2003.

Setelah lima belas tahun berlalu, film Si Doel The Movie ini tayang untuk mengobati rindu para penonton setianya. Trailer yang dirilis oleh pihak Falcon Pictures ini sepertinya akan menjawab teka-teki cinta segitiga antara Doel (Rano), Sarah (Cornelia Agatha), dan Zaenab (Maudy) pun sepertinya akan terjawab di versi filmnya ini.

8. Milly dan Mamet

Trailer Milly dan Mamet yang dirilis oleh Starvision Plus dan Miles Film dengan durasi dua menit ini menunjukkan gambaran umum cerita dan para pemain yang terlibat, termasuk pemeran geng Cinta dari semesta cerita Ada Apa dengan Cinta?.

Dalam cuplikan awal dengan latar di sebuah klub muncul Cinta (Dian Sastrowardoyo), Karmen (Adinia Wirasti), Maura (Titi Kamal), dan Milly (Sissy Priscillia). Lalu Mamet (Dennis Adhiswara) menghampiri mereka dan menanyakan keberadaan Rangga. Ini mengisyaratkan bahwa film akan menceritakan pula bagaimana Mamet dan Milly bertemu kembali sebelum akhirnya menikah.

Drama komedi ini disutradarai dan ditulis Ernest Prakasa bersama Meira Anastasia, istrinya. Muhadkly Acho menjadi konsultan komedi. Produksi dilakukan bersama antara Starvision Plus dan Miles dengan produser Chand Parwez Servia, Fiaz Servia, dan Mira Lesmana.

Ernest Prakasa mendapat kesempatan untuk menggarap pasangan di film hits 'Ada Apa Dengan Cinta'. Bukan Cinta dan Rangga, Ernest Prakasa berkesempatan untuk mengangkat cerita pasangan Milly dan Mamet ke layar lebar. Perjalanan pasangan yang diperankan oleh Sissy Priscillia dan Dennis Adhiswara di film tak kalah menarik untuk ditonton.

Dalam trailer film, Ernest memparodikan scene atau adegan populer di film 'Ada Apa Dengan Cinta 2'. Percakapan yang ada mengingatkan obrolan Rangga dan Cinta di film sebelumnya. Tak kalah menarik ada sosok suami Sissy yakni Rifat Sungkar yang mencoba kenalan dengan Milly.

Sejumlah pemain lain di antaranya Yoshi Sudarso, Surya Saputra, Isyana Sarasvati, Eva Celia, Dinda Kanya Dewi, Melly Goeslaw, Aci Resti, Arafah Rianti, Tike Priatnakusumah, Bintang Emon, dan August Melasz. Ernest dan Acho juga ikut bermain.

9. TEMAN TAPI MENIKAH

Falcon Pictures merilis trailer film Teman Tapi Menikah pada 1 Maret 2018 dengan durasi kurang dari dua menit. Dalam trailer film Teman Tapi Menikah yang diangkat dari novel best seller karya Ayudia dan Ditto ini, memperlihatkan adegan keduanya yang bertemu saat SMP. Persahabatan mereka pun awet sampai SMA. Sebagai teman dekat, keduanya malah saling cemburu saat masing-masing memiliki pacar.
Selain Adipati Dolken dan Vanesha Prescilla, nampak Iqbaal Ramadhan muncul dalam trailer film ini.

10. A MAN CALLED AHOK

Setelah sebelumnya merilis potongan adegan eksklusif, The United Team of Art sebagai rumah produksi A Man Called Ahok merilis trailer resminya pada Kamis 25 Oktober 2018.

Trailer film A Man Called Ahok ini diawali dengan Basuki Tjahaja Purnama yang diperankan Daniel Mananta sedang berpidato memperkenalkan diri sebagai Ahok yaitu nama panggilan kecilnya di kampung.

Film yang diadaptasi dari novel karya Rudi Valinka ini menceritakan bagaimana lika-liku hidup Ahok dalam menggapai cita-citanya sejak kecil hingga memimpin Belitung Timur. Dalam trailer, ayah Ahok, Kim Nam bermimpi bahwa kelak anak-anaknya akan menjadi dokter, bupati dan pengacara demi memajukan daerahnya. Ajaran-ajaran yang telah ditanamkan oleh ayahnya kemudian berhasil membentuk Ahok sebagai sosok pribadi yang berani dan jujur.

Setelah rilisnya trailer film A Man Called Ahok, film ini kemudian menjadi perbincangan di Twitter. Muncul tagar #FilmAhok dalam daftar trending topik Indonesia. Kehadiran film ini dapat mengobati kerinduan penonton sembari menanti kebebasan Ahok dari penjara.

Nah, KLovers trailer film mana yang menjadi favorit kalian?

(kpl/mag)