15 Film Indonesia Adaptasi Novel Laris, Mana Nih Film Favoritmu?

Editor KapanLagi.com | 02 November 2018, 15:58 WIB
15 Film Indonesia Adaptasi Novel Laris, Mana Nih Film Favoritmu?

Kapanlagi.com - Banyak hal yang melatarbelakangi dalam pembuatan film, mulai dari kejadian nyata hingga film yang dibuat berdasarkan cerita fiksi sebuah novel. Untuk sumber yang kedua, yakni kisah adaptasi novel, perfilman Indonesia punya banyak contohnya.

Tak jarang film adaptasi dari novel laris ini juga laris dan disukai penonton. KapanLagi.com® memilih beberapa di antaranya yang layak untuk kamu tonton ulang.  Atau mungkin ada di antara film tersebut yang belum kamu tonton? Cek daftar lengkapnya ya.

1. DILAN 1990 - 2017

Semua pasti pernah membaca novel terkenal karya Pidi Baiq yang judulnya DILAN 1990 kan? Novel romantis yang bikin baper ini diangkat menjadi film oleh Pidi Baiq karena antusisas pembaca novel DILAN yang begitu besar sehingga film DILAN 1990 pun berhasil dibuat. Mengangkat kisah cinta anak SMA, film ini mengisahkan tentang perjuangan sosok Dilan yang berusaha mencuri perhatian Milea, gadis cantik disekolahnya.

2. ANANTA - 2018

Film ini merupakan adaptasi dari salah satu karya Risa Saraswati yang berjudul Ananta Prahadi. Film yang dirilis pada bulan Mei 2018 ini menceritakan tentang Tania (Michelle Ziudith) cewek pemalu namun memiliki tipe pemberontak yang bertemu dengan sosok Ananta (Fero Walandaouw) cowok dari desa dengan logat sunda yang kental.

3. REMEMBER WHEN - 2014

Kalau film satu ini yang diadaptasi dari novel Best Seller karya Wina Effendi yang dirilis pada tahun 2014 ini menggambarkan pahitnya sebuah hubungan cinta segi empat. Wah seperti yang dialami para remaja jaman sekarang ya guys.

4. WINTER IN TOKYO - 2016

Siapa sih yang belum pernah baca novel laris karya Ilana Tan yang satu ini? Yup! WINTER IN TOKYO merupakan film yang diadaptasi dari novel 5 musim milik Ilana Tan. Dibintangi oleh Pamela Bowie, Morgan Oey, dan Dion Wiyoko, film ini mengisahkan tentang wanita blesteran Indonesia0-Jepang yang menjalin hubungan dengan Kazuto, yang merupakan tetangga barunya di Jepang.

5. 3600 DETIK - 2014

Film ini diangkat dari novel karya Charon dan dirilis pada tahun 2014 ono bercerita tentang Sandra dan Leon, dua pribadi yang memiliki sifat yang saling bertolak belakang. Sandra dikenal sebagai cewek urakan dan pembuat onar di sekolah sedangkan Leon dikenal sebagi sosok yang pintar dan sangat bersahabat.

6. HUJAN BULAN JUNI - 2017

HUJAN BULAN JUNI merupakan film yang diangkat dari novel terkenal karya sastrawan Sapardi Djoko Damono. Sebelum dijadikan film, HUJAN BULAN JUNI lebih dahulu dijadikan lagu, novel, dan komik.

7. DEAR NATHAN - 2017

Film DEAR NATHAN ini merupakan adaptasi dari novel yang ditulis oleh Erisca Febriani yang diterbitkan pada bualn Maret tahun 2016 oleh penerbit Best Media. Film ini menceritakan tentang Salma yang bertemu dengan cowok pembuat onar yang bernama Nathan.

8. DANUR - 2017

Banyak sekali film-film yang diadaptasi dari novel karya Risa Saraswati, salah satunya ialah novel yang berjudul DANUR. Film DANUR ini diangkat kelayar lebar dengan menceritakan tentang teman-teman ghaibnya Peter, Hans, Hendrick, William, serta si bungsu Johnsen.

9. TRINITY, THE NEKAD TRAVELER - 2017

Film yang diadaptasi dari novel yang berjudul TRINITY, THE NEKAD TRAVELER merupakan film yang ditulis oleh Trinity dan diterbitkan pada bulan Juni 2007. Film ini menceritakan tentang Pengalaman lucu, sedih, mendebarkan, bahkan menyebalkan yang dialami oleh backpacker yang melanglang buana ke berbagai tempat di dunia. Selain itu di dalam film ini juga disuguhkan informasi tentang kebudayaan, tempat-tempat wisata, dan tips n trick saat travelling ke berbagai tempat.

10. SURGA YANG TAK DIRINDUKAN 2 - 2016

Novel ini merupakan sequel dari novel yang berjudul SURGA YANG TAK DIRINDUKAN yang ditulis oleh Asma Nadia dan diterbitkan pada November 2016.

11. JAKARTA UNDERCOVER - 2016

Film yang diadaptasi dari cerita-cerita pilihan dari novel JAKARTA UNDERCOVER 1,2, dan 3 yang diambil berdasarkan liputan tuntas tentang pesta kekinian Ibu Kota yang bagaimana sex bebas seolah menjadi kebutuhan bagi sebagian orang. Film ini ditulis oleh Moammar Emka yang diterbitkan pada tahun 2015.

12. SUPERNOVA - 2014

Dewi Lestari memang terkenal dengan menciptakan karya novel yang diadaptasi menjadi bentuk film, salah satu film yang diadaptasi dari novel karya Dewi 'Dee' Lestari ialah berjudul SUPERNOVA.
Film SUPERNOVA menceritakan tentang sebuah pernikahan bukan hanya tentang kehidupan dari dua manusia yang disahkan dalam ikatan perkawinan, namun mereka juga diikat dengan ikatan keluarga, nilai, norma hingga lapisan sosial.

13. SABTU BERSAMA BAPAK - 2016

SABTU BERSAMA BAPAK merupakan salah satu film adaptasi novel karya Adhitya Mulya. Film inipun cukup berhasil memikat para penontonnya karena dari cara pengemasan cerita, alur, serta penokohan semuanya pas. FIlm ini menceritakan tentang seorang ibu yang membesarkan mereka dengan penuh kasih dan seorang bapak yang meninggalkan pesan untuk berjanji selalu ada bersama mereka.

14. PERAHU KERTAS - 2012

PERAHU KERTAS adalah salah satu film drama romantis yang disutradarai oleh Hanung Bramantyo. Film ini diadaptasi dari novel berjudul yang sama karya Dewi 'Dee' Lestari yang dibintangi oleh Maudy Ayunda, Adipati Dolken dan Reza Rahadian yang mengisahkan tentang pasang surutnya suatu hubungan.

15. SUMMER BREEZE - 2008

Film yang diperankan oleh si kembar Marcell Chandrawinata, Mischa Candrawinata dan Chealse Olivia ini diadaptasi dari novel terbaik karya Orizuka. Film ini diproduksi Credo Pictures & Starvision Plus pada tahun 2008 dan menceritakan tentang Cinta segitiga.

Itulah 15 deretan film yang diadaptasi dari buku karya penulis Indonesia. Film mana yang paling sering kamu tonton?

(kpl/mag)