20 Film Remaja Indonesia Yang Sukses Bikin Kamu Nostalgia ke Masa SMA, Penasaran?

Editor KapanLagi.com | 23 Oktober 2018, 18:22 WIB
20 Film Remaja Indonesia Yang Sukses Bikin Kamu Nostalgia ke Masa SMA, Penasaran?

Kapanlagi.com - Beberapa waktu lalu film DILAN 1990 booming banget dan langsung jadi salah satu film remaja yang digandrungi. Nggak cuma oleh para remaja, yang sudah paruh baya pun juga seneng nontonnya. Pasalnya jelas, film tersebut berhasil bikin mereka nostalgia ke masa-masa SMA yang indah.

Yup, pasti sulit dipungkiri bahwa masa SMA adalah masa-masa paling indah dalam hidup. KLovers tentu masih inget banget di masa itu kerap jalani hari yang menyenangkan. Mulai dari gokil-gokilan bareng sohib sampai kompakan bolos sekolah. Duh, seru banget ya?

Nggak cuma itu, di masa itu juga psati KLovers sudah mengenal cinta, atau bahkan baru rasakan cinta pertama? Sulit dilupa juga kan romantismenya? Karenanya, nggak cuma DILAN 1990 yang bisa bikin kamu nostalgia, 20 film drama berikut ini juga wajib banget ditonton. Apa aja sih?

1. Ada Apa Dengan Cinta (AADC)

Film satu ini memang nggak ada matinya meski dirilis 16 tahun lalu. Cocok bagi KLovers yang suka sama film romantis dengan sentuhan sastra. Yup, puisi dan musikalisasinya bikin film ini makin epic, kendati setting dan dialognya pun nggak ketinggalan jaman.

Sangat dekat dengan anak muda, berkisah tentang cinta antara Rangga, si siswa pendiam dan Cinta, si anak gaul populer. Keduanya begitu bertolak belakang, namun puisi dan kasih menyatukan mereka. Nggak ketinggalan geng Cinta yang jadi penyedap film, bikin AADC jadi salah satu pemantik budaya populer di masanya.

2. Radio Galau FM

Diangkat dari novel karya Bernard Batubara, film ini kisahkan sebuah drama cinta khas anak muda. Tentang Bara, siswa kelas XI di sebuah SMA Jakarta. Berwajah cukup tampan, Bara punya modal yang cukup untuk menjadi cowok bahagia berpacaran dengan cewek idaman. Sialnya, pengalaman cinta Bara selalu berakhir mengenaskan.

3. Refrain

Selain RADIO GALAU, Muncul satu lagi film drama romantis yang diadaptasi dari novel remaja best seller. Kali ini giliran REFRAIN, Teenlit (Teen Literatur) karangan Winna Efendi yang bukunya sudah dicetak lebih dari 15 kali sejak rilis pada September 2009 lalu.

REFRAIN berkisah tentang Niki (Maudy Ayunda) dan Nata (Afgan Syah Reza) yang bersahabat sejak kecil. Suka, duka dan segala detail dalam hidup dilalui keduanya bersama-sama. Nggak disadari, ada benih-benih cinta yang tumbuh di antara mereka dan itu bikin segalanya jadi makin rumit.

4. Ada Cinta di SMA

Film ini bercerita tentang Iqbal yang bosan dipandang sebelah mata teman-teman sekolahnya. Selayaknya remaja yang penuh ambisi, Iqbal akhirnya memilih bertarung dengan Ayla dalam pemilihan ketua OSIS periode terbaru.

Dalam upaya wujudkan ambisinya itu, Iqbal harus hadapi berbagai kendala. Mulai dari teman-temannya yang ogah beri dukungan, sampai urusan hati. Persahabatan dan cinta jadi 2 sumber konflik yang diracik ciamik.

5. Posesif

Sekilas tampak seperti film remaja biasa, tapi siapa sangka POSESIF nggak se-cheezy itu. Film ini berkisah tentang sisi kelam dari hubungan remaja yang sebenarnya banyak terjadi tapi kerap luput dari pembahasan. Nggak heran kalau film ini disebut-sebut sebagai film remaja Indonesia pertama yang ber-genre romantic-suspense.

Berawal dengan sederhana tentang 2 remaja bernama Lala dan Yudhis yang jatuh cinta secara instan lalu putuskan untuk pacaran. Lala nggak pernah nyangka bahwa Yudhis memiliki sifat posesif yang berlebihan. Ia selalu ingin bersama Lala, bahkan ketika sebenarnya Lala sedang sibuk dengan kegiatannya sendiri. Dari situlah segala konflik terjadi hingga kekerasan pun tak terelakkan.

6. Galih dan Ratna

Siapa nggak familiar dengan Galih dan Ratna, pasangan legendaris yang berasal dari film GITA CINTA DARI SMA. Yup, film yang disutradarai oleh Lucky Kuswandi ini begitu booming di tahun 1979. Gaung nama Galih dan Ratna nggak ada matinya hingga tahun 2000an datang.

Nggak dipungkiri bahwa GALIH DAN RATNA ini memang film remake dari GITA CINTA DARI SMA. Kisahkan cinta yang hampir sama dengan sentuhan lebih kekinian. Nostalgia mixtape juga mewarnai dengan cantik di film ini.

7. Marmut Merah Jambu

Diangkat dari novel sang sutradara, Raditya Dika, MARMUT MERAH JAMBU kisahkan tentang Dika yang diam-diam naksir Ina, si cewek populer di sekolah. Bersama Bertus, Dika mencoba jadi populer dengan dirikan klub detektif.

Kekocakan dan keseruan film ini mulai terbangun dengan segala kasus yang harus mereka berdua pecahkan. Sebab mereka cuma punya kemampuan yang pas-pasan ditambah tingkah bodoh yang selalu mewarnai, datanglah Cindy yang membantu. Hm, dinamika semakin rumit dan segala konflik bermula dari situ.

8. Dear Nathan

Film yang disutradarai oleh Indra Gunawan ini mengisahkan tentang Nathan dan Salma. Perpaduan Nathan dan Salma seperti dua kisah romansa anak muda yang penuh konflik. Mulai dari Nathan yang berulah karena memukul seorang siswa, sampai kehadiran Rebecca dalam hidup Salma.

Kesalahpahaman mulai terjadi, hidupkan dinamika dalam film ini. Barangkali memang para pecinta film romantis rindukan konflik yang tak ringan, nggak heran jika DEAR NATHAN ini sebelumnya laris dibaca versi Wattpadnya.

9. Remember When

REMEMBER WHEN adalah sinema drama remaja yang diangkat dari sebuah novel best seller karya Winna Effendi. Film ini bercerita tentang Freya dan kehidupannya.

Freya menginginkan hidup yang baru, yang lebih seru, yang lebih warna-warni. Freya bosan dengan rutinitasnya yang begitu-begitu saja. Hubungannya bersama Moses yang semula seru, kini terasa begitu menjemukan. Freya ingin seperti Gia dan Adrian.

Freya dan Adrian saling menemukan. Meski masing-masing telah memiliki pacar, keduanya tidak bisa memungkiri bahwa kebersamaan mereka terasa sangat menyenangkan. Pelan tapi pasti, kebersamaan Freya dan Adrian mengubah semuanya. Gia marah. Moses terluka. Hubungan empat remaja ini menjadi berbeda.

10. Crazy Love

Berkisah tentang Kumbang yang jalani hidup bersama ketiga sahabatnya, yakni Abdu, Daniel, dan Basuki. Mereka selalu bikin onar di sekolah. Termasuk menggoda Olive, gadis pintar dan cantik, yang jadi incaran mereka semua sejak lama. Siapakah di antara mereka yang bisa merebut hati Olive?

CRAZY LOVE pasti jadi favorite bagi KLovers penyuka genre drama komedi. Selain itu sederet aktris dan aktor ciamik siap manjakan mata, di antaranya Adipati Dolken, Tatjana Saphira, Kemal Pahlevi, sampai Zidni Adam.


11. Cinta Pertama

Film ini dirilis pada tahun 2006, di masa-masa kejayaan Bunga Citra Lestari bintangi sederet film remaja. Salah satunya CINTA PERTAMA. Barangkali KLovers masih ingat dengan soundtrack dari film ini yang berjudul sama.

Berkisah tentang Alya yang bertunangan dengan Abi, seorang eksekutif muda. Suatu hari, Abi menemukan Alya tak sadarkan diri dengan darah mengalir dari hidungnya. Alya lantas koma. Singkat cerita Abi menemukan buku harian Alya yang berisi cinta terpendamnya terhadap Sunny, teman SMAnya. Sejak itulah mengalir bagaimana kedekatan Alya dan Sunny di masa sekolah dulu.

12. Dealova

Kisah cinta segitiga selalu punya mantra yang selalu mempesona untuk diangkat ke layar lebar. Yup, diadaptasi dari novel laris berjudul sama, film ini jadi salah satu film drama remaja sukses di masanya.

Bercerita tentang Karra, seorang cewek pemain basket yang super duper cuek. Namun, hal itu berubah semenjak dia mengenal Dira, pemuda dingin di sekolah yang selalu ketus padanya. Entah mengapa, Karra jatuh cinta pada Dira, padahal ada cowok lain bernama Ibel yang juga naksir padanya. Hem, segala konflik lantas mengantarkan Karra memilih satu dari keduanya.

13. Yowis Ben

Film satu ini sayang banget untuk dilewatkan. Bagaimana tidak, kisah cinta anak SMA beserta kekonyolannya, dalam film ini dibawakan dengan bahasa jawa khas Malang. Tentu, hal itu bikin film ini makin menarik.

Secara umum YOWIS BEN ini kisahkan tentang Bayu yang harus memilih antara passion dan cintanya. Yup, Bayu yang memiliki ambisi untuk bisa populer membentuk sebuah grup band. Bersama tiga orang temannya, lahirlah Yowis Ben. Namun di sisi lain kehadiran Susan sang pujaan hati itu bikin Bayu harus memilih. Di sanalah segala konflik berputar.

14. Bagun Lagi Dong Lupus

Bagi KLovers yang gemar membaca kisah konyol lupus dalam karya-karya Hilman Hariwijaya, pasti sudah bisa menebak bagaimana film ini bercerita. Yup, memang karakter-karakternya mengadaptasi dari Lupus, namun secara cerita berbeda.

Karakter lupus adalah sosok tampan yang mulutnya selalu mengunyah permen karet dan termasuk siswa SMA yang hits di antara teman-temannya. Bersama pra sohib kentalnya, Boim dan Gusur, Lupus jalani hari-hari di sekolah yang penuh kekonyolan. Nggak lupa, kisah cintanya bersama Poppy juga mewarnai film ini.

15. Eiffel, I'm in Love

Berkisah tentang Tita, gadis SMA yang super duper polos, film ini berhasil jadi favorit di masanya. Selain karena diangkat dari novel laris berjudul sama, EIFFEL, I'M IN LOVE ini dibintangi sederet bintang muda kala itu, di antara Samuel Rizal, Shandy Aulia, hingga Titi Kamal.

Film ini kisahkan perjalanan cinta Tita dan Adit yang super lucu. Berawal dari benci, keduanya lantas menjalin kasih. Tentu nggak seinstan itu, ada sederet bumbu-bumbu konflik yang mewarnai. Terlebih Tita yang super polos itu berhasil bikin penonton ketawa dengan salah tingkahnya hadapi cinta.

16. The Perfect Husband

Mengisahkan Ayla yang sedang hangat-hangatnya pacaran sama Ando. Ayla yang merupakan seorang gadis SMA itu harus terima kenyataan saat sang ayah, menjodohkannya dengan Arsen seorang pilot muda tampan dan bermasa depan cerah. Lantas bagaimana dengan Ando?

THE PERFECT HUSBAND ini diiadaptasi dari karya milik Indah Riyana. Sebelum rilis dan jadi best seller di pasaran, novelnya sempat menyandang predikat most views di situs Wattpadd dan dibaca lebih dari 3 juta orang.

17. 3600 Detik

3600 DETIK merupakan sebuah film yang tayang pada tahun 2014 dan di sutradarai oleh Nayato Fio dan diadaptasi dari novel karya Charon. Berkisah tentang seorang gadis SMA bernama Sandra yang pemberontak dan sulit diatur akibat perceraian orang tuanya.

Di sekolah baru, Sandra bertemu Leon, juara kelas yang sangat bersahabat. Sandra dan Leon semakin dekat dan saling membantu. Ketika semua membaik, tiba-tiba datang kabar mengejutkan: Leon menghilang. Leon ternyata menyimpan sebuah rahasia besar. Sandra berusaha menghibur Leon. Meski hanya punya waktu 3600 detik, Sandra mengajak Leon bersenang-senang.

18. Sebuah Lagu Untuk Tuhan

Berkisah tentang Angel, gadis tuna rungu yang berhati lembut. Waktu mempertemukan Angel dengan GIlang, seorang penyanyi yang sedang vakum gegara nggak punya inspirasi berjarya lagi. Namun pertemuan Gilang dengan Angel malah membawanya pada keinginan untuk berkarya lagi.

Kisahnya mengharukan, sekaligus juga balutan masa-masa SMA bikin film ini jadi tontonnan yang asyik. Selain itu sederet bintang muda juga turut membintangi, di antaranya Stefen William dan Eriska Rein. Demi totalitas, kabarnya Eriska sampai harus tampil gundul lho di film ini!

19. Surat Kecil Untuk Tuhan

Berkisah tentang perjuangan seorang gadis melawan kanker, film ini nggak cuma tampilkan serunya masa SMA tapi juga menginspirasi. Terlebih kisah tersebut memang benar-benar nyata, diambil dari cerita hidup Gita Sesa Wanda Cantika.

Tentang Keke alias Gita yang periang dan cerdas, ia tetiba harus menerima kenyataan bahwa dirinya menderita kanker Rhabdomyosarcoma. Kenyataan itu tentu pahit adanya, bagaimana bisa masa-masa SMA yang begitu indah harus ia lalui bersama sakitnya ini. Dukungan dari teman hingga pacar terus mengalir, seiring pula dengan kenker yang terus berlomba dengan kemoterapi.

20. Jingga

Kisah yang dihadirkan dalam film ini berbeda dari film lain. Masih sama-sama bercerita seputar serunya masa SMA beserta romansanya, fim ini suguhkan point of view anak-anak SMA yang tuna netra. Yup, meski nggak bisa melihat, mereka ternyata miliki kehidupan remaja yang luar biasa.

Di SLB, Jingga mengenal Marun, Nila, dan Magenta. Tiga sahabat baru ini menunjukkan bahwa mereka bisa mandiri sekalipun memiliki kekurangan dalam penglihatan. Mereka membentuk group musik dan menyiapkan rekaman untuk sebuah kompetisi musik. Konflik mulai berdatangan karena adanya kepentingan, di situlah persahabatan mereka mulai diuji.

(kpl/mag)