Bosan dengan berita itu-itu saja? Download Aplikasi Liputan6

5 Film Ini Mengusung Tema Kekerasan Seksual, Wajib Ditonton!

Editor KapanLagi.com   | Rabu, 09 Maret 2022 13:10 WIB
5 Film Ini Mengusung Tema Kekerasan Seksual, Wajib Ditonton!
Film Bertema Kekerasan Seksual

Kapanlagi.com - Ditulis oleh: Inas Arwina Ramadhani

Isu kekerasan seksual belakangan ini sedang marak dibicarakan. Tidak hanya menimpa orang dewasa saja namun juga anak-anak.

Kekerasan seksual tidak hanya dialami oleh kaum perempuan saja, namun juga dialami oleh laki-laki. Meskipun korbannya tidak sebanyak perempuan.

Now that you are AWAKE, it's time for you to wake right now!

Awake

Sejumlah film yang mengusung tema kekerasan seksual ini dapat dijadikan sebagai bahan edukasi. Film apa saja yang mengangkat tema kekerasan seksual? Berikut 5 rekomendasi film tentang kekerasan seksual yang bisa kamu tonton.

1. Penyalin Cahaya

Gambar

Film Penyalin Cahaya mengisahkan tentang mahasiswa bernama Sur yang kehilangan beasiswanya karena potret selfie-nya saat sedang mabuk-mabukan tersebar di media sosial. Film bergenre drama misteri ini dibintangi oleh Shenina Cinnamon, Chicco Kurniawan, Lutesha, dan masih banyak lagi.

Bukan hanya merusak citra kampus, Sur juga mencoreng nama baik keluarganya. Sur pun diusir dari rumahnya. Film ini dapat kamu saksikan di Netflix

2. 27 Steps Of May

Gambar

Film ini dibintangi oleh Raihaanun dan Lukman Sardi. Kisah ini mengangkat cerita dari korban pemerkosaan.

Kisahnya diawali saat May yang saat itu berusia 14 tahun diperkosa oleh para preman sepulang dari pasar malam. Setelah kejadian itu, May tak pernah keluar kamar dan berbicara kepada siapapun. May hanya membantu ayahnya membuat boneka. Film ini juga dapat kamu saksikan di Netflix.

3. Audrie And Daisy

Gambar

Film ini dirilis pada tahun 2016. Mengisahkan tentang perjuangan dua orang siswi SMA yng berbuntut panjang.

Keduanya menjadi korban pelecehan seksual. Tidak hanya itu, mereka juga menjadi korban cyber bullying akibat foto tersebar di internet.

4. Hope

Gambar

Hope diangkat dari kisah nyata. Bermula saat So Won yang berusia 8 tahun berangkat ke sekolah. Ia mengalami sebuah tragedi ketika hendak pergi ke sekolah, ia diperkosa secara sadis oleh seorang pria di toilet umum.

Hal itu membuat So Won trauma dan takut untuk bertemu pria dewasa bahkan ayahnya sendiri. Untuk memulihkan traumanya, So won dibantu oleh seorang terapis sedangkan pelakunya akhirnya tertangkap.

5. Marlina Si Pembunuh Empat Babak

Gambar

Film ini diperankan oleh Marsha Timothy yang berperan sebagai janda bernama Marlina. Suatu hari, tujuh perampok mendatangi rumah Marlina.

Tak hanya menghabisi seisi rumah Marlina, para perampok itu juga memperkosa Marlina. Marlina tak tinggal diam usai mendapat perlakuan tersebut. ia meracun perampok melalui makanan.

Editor:   Editor KapanLagi.com