Bosan dengan berita itu-itu saja? Download Aplikasi Liputan6

5 Film Kartini dari Masa ke Masa, Inspiratif dan Penuh Perjuangan

Dhia Amira   | Rabu, 10 Agustus 2022 20:33 WIB
5 Film Kartini dari Masa ke Masa, Inspiratif dan Penuh Perjuangan
Film Kartini (credit: Wikipedia, imdb.com)

Kapanlagi.com - RA Kartini atau memiliki nama lain Raden Adjeng Kartini merupakan seorang tokoh Jawa dan Pahlawan Nasional Indonesia yang dikenal sebagai pelopor kebangkitan perempuan pribumi. Hingga beberapa kali kisah dari sosok Kartini ini dibuat menjadi film loh KLovers.

Bagi kalian yang sangat suka dengan sosok Kartini, maka kalian bisa menonton beberapa film Kartini dari masa ke masa ini. Ada film yang diambil dari kisah Kartini, ada pula film yang mengambil tema dari sosok Kartini. Hingga film Kartini ini akan menginspirasi banyak wanita Indonesia.

Nah, apa saja ya film Kartini tersebut? Untuk itu dilansir dari berbagai sumber, berikut daftar film Kartini dari masa ke masa yang sangat menginspirasi.

Now that you are AWAKE, it's time for you to wake right now!

Awake

1. R.A KARTINI (1982)

Gambar

Film Kartini yang pertama ada film berjudul R.A KARTINI yang tayang pada tahun 1982. Ya, film Kartini pertama ini adalah sebuah film drama perjuangan Indonesia yang diadaptasi dari buku Biografi Kartini yang ditulis Sitisoemandari Soeroto.

Film R.A KARTINI ini disutradarai Sjumandjaja, dan diperankan oleh Yenny Rachman, Bambang Hermanto, dan Adi Kurdi. Film ini menceritakan tentang perjuangan Kartini saat memperjuangkan hak-hak kaum perempuan Indonesia yang kala itu masih dianggap manusia kelas dua setelah laki-laki.

Film R.A KARTINI ini menarasikan ulang saat Kartini memberikan jalan dan membuang sebuah tradisi. Hingga bagaimana usahanya agar perempuan memiliki hak setara laki-laki, terutama dalam fasilitas pendidikan.

2. SURAT CINTA UNTUK KARTINI (2016)

Gambar

Lanjut pada tahun 2016, kali ini film Kartini memiliki alur yang sedikit berbeda. Film garapan Azhar Kinoi Lubis ini diambil dari kisah fiksi berlatar sejarah, film SURAT CINTA UNTUK KARTINI menceritakan seorang tukang pos bernama Sarwadi (Chicco Jerikho) yang jatuh cinta pada sosok Kartini (Rania Putrisari).

Sarwadi digambarkan amat kagum pada sosok Kartini yang berani melawan standar pada sikap perempuan kala itu, yang membuatnya banyak dicibir orang sebagai perempuan aneh. Sarwadi sama sekali tidak terpengaruh oleh cibiran orang tentang Kartini.

Bahkan, ia justru ia terkagum-kagum saat mengetahui Kartini mendirikan sekolah bagi kaum perempuan bumiputra, agar perempuan memiliki hak dalam akses pendidikan. Namun Sarwadi harus merasakan patah hati saat mengetahui Kartini dilamar oleh Bupati Rembang yang sudah beristri tiga.

3. KARTINI (2017)

Gambar

Masih dengan karakter dari sosok Kartini. Kali ini ada film yang berjudul KARTINI yang dirilis 2017. Film garapan Hanung Bramantyo ini menjadi film ke tiga Kartini yang tayang dilayar perfilman. Diperankan Dian Sastrowardoyo, Deddy Sutomo, Christine Hakim, Acha Septriasa, Ayushita, Reza Rahadian dan Adinia Wirasti.

Film KARTINI berkisah tentang bagaimana Kartini menyaksikan ibunya sendiri yang bernama Ngasirah terbuang dari rumah, sebab tak memiliki darah nigrat. Bahkan ibunya dijadikan sebagai pembantu. Dalam film terlihat menyongsong kisah ikonik Kartini saat memperjuangkan hak-hak perempuan, agar setara dengan laki-laki.

Ia juga menyetarakan hak bagi semua orang, baik bergelar nigrat maupun rakyat biasa. Dikisahkan Kartini bersama kedua saudarinya Roekmini dan Kardinah berjuang mendirikan sekolah untuk kaum miskin, dan menciptakan lapangan pekerjaan untuk semua masyarakat Jepara.

4. YUNI (2021)

Gambar

Berbeda dengan tiga film sebelumnya, kali ini ada film yang seperti mengisahkan sosok dari perjuangan Kartini. Ya, film YUNI yang tayang pada tahun 2021 ini berkisah tentang seorang remaja perempuan bernama Yuni yang punya cita-cita tinggi setelah lulus SMA.

Suatu ketika, Yuni justru dilamar oleh seorang laki-laki yang bahkan tidak dikenalinya. Namun, Yuni menolak lamaran tersebut. Beberapa waktu berselang, Yuni justru dilamar kembali, tapi ia masih teguh memegang mimpinya dan menolak kembali lamaran tersebut. Hingga akhirnya lamaran ketiga pun datang.

Film yang menceritakan kisah perjalanan seorang perempuan ini ini juga merupakan representasi kehidupan perempuan khususnya di Indonesia. Sehingga, film ini masuk ke dalam salah satu film dengan tema Kartini. Dan mengusung perjuangan serta hak dari seorang perempuan.

5. SOKOLA RIMBA (2013)

Gambar

Dan film Kartini yang terakhir yaitu ada film berjudul SOKOLA RIMBA. Karya garapan sutradara Riri Reza dan produser Mira Lesmana ini tayang pada tahun 2013 lalu. Film SOKOLA RIMBA sendiri ternyata mengangkat kisah nyata dari Butet Manurung (Prisia Nasution) bersama Suku Anak Dalam loh KLovers.

Film SOKOLA RIMBA ini juga berhasil masuk nominasi penghargaan dalam ajang nasional. Yang merupakan salah satu penghargaan yang diperoleh ialah piala Best Adapted Screenplay dalam Festival Film Indonesia tahun 2014. Film ini menceritakan sosok Butet Manurung yang menginspirasi dalam pendidikan masyarakat rimba.

Butet bekerja di sebuah lembaga di kawasan Taman Nasional Bukit 12 di Jambi daerah Sumatera bagian Selatan. Hukum dan kerja lembaga dari Butet memberikan manfaat besar bagi keberadaan hutan di Jambi. Film ini akan memperlihatkan situasi bagaimana anak-anak Indonesia yang masih belum mendapatkan pendidikan secara merata.

Itulah beberapa film Kartini yang bisa jadi pilihan KLovers. Bukan hanya memberikan hiburan saja, namun film Kartini ini akan memberikan kita sebuah inspirasi saat menontonnya.

Reporter:   Galuh Esti Nugraini