Bosan dengan berita itu-itu saja? Download Aplikasi Liputan6

11 Film Raditya Dika yang Dijamin Seru dan Nggak Bosenin, dari 'CINTA BRONTOSAURUS' hingga 'CINTA DALAM KARDUS'

Editor KapanLagi.com   | Kamis, 01 Desember 2022 10:22 WIB
11 Film Raditya Dika yang Dijamin Seru dan Nggak Bosenin, dari 'CINTA BRONTOSAURUS' hingga 'CINTA DALAM KARDUS'
SINGLE, CINTA DALAM KARDUS, MANUSIA SETENGAH SALMON (Credit: IMDb)

Kapanlagi.com - Semenjak terjun ke dunia entertainment, sosok Raditya Dika kini telah banyak mendapatkan perhatian dari orang-orang terutama para muda-mudi generasi milenial. Dirinya juga telah menghasilkan banyak karya yang pastinya akan membuat banyak orang menjadi terkesan akan pencapaian yang telah diperolehnya.

Selain berprofesi sebagai seorang komedian, Raditya Dika atau sering disapa Radit ini juga dikenal sebagai penulis, aktor, dan bahkan sutradara yang handal lho. Bahkan sejumlah judul buku dan film yang dihasilkan oleh pria berusia 36 tahun itu memperoleh minat dan antusias yang tinggi dari masyarakat Indonesia.

Setiap karya hasil tangan Raditya Dika selalu memiliki judul yang unik dan sering disisipkan unsur komedi sebagai ciri khasnya. Tak hanya itu, dirinya bahkan tak segan untuk membuat film dengan jalan cerita yang absurd agar tampak lebih menarik dan anti-mainstream.

Now that you are AWAKE, it's time for you to wake right now!

Awake

Untuk Klovers yang ngefans dengan Raditya Dika, boleh nih disimak dulu. Berikut 5 film rekomendasi karya Raditya Dika yang bisa Klovers tonton saat waktu luang.

1. CINTA BRONTOSAURUS (2013)

Gambar

Kalian percaya nggak sih kalau cinta itu bisa kadaluwarsa? Nah, pikiran seperti ini ternyata juga dirasakan sama karakter utama di film ini, lho. Kisah ini berawal dari Dika yang merupakan seorang penulis yang baru saja diputuskan oleh pacarnya yang bernama Nina.

Sejak berakhirnya hubungan mereka, Dika percaya bahwa cinta itu bisa kadaluwarsa alias akan mati suatu saat nanti. Dirinya merasa kalau sebuah cinta itu bukanlah hal yang abadi dan mungkin saja akan menghilang jika memang sudah waktunya.

Namun, siapa sangka bahwa di tengah-tengah ketidakpercayaan Dika terhadap cinta, ternyata bisa menuntun ia secara tak terduga ke cinta sejatinya. Wah, menarik sekali ya.

2. CINTA DALAM KARDUS (2013)

Gambar

Sama seperti judulnya, film ini menceritakan kisah seorang pemuda bernama Miko yang membagikan cerita cinta dirinya dan barang peninggalan ke-21 mantannya. Selama ini, Miko dan para mantannya tidak pernah menjalani hubungan yang normal karena semuanya menginginkan suatu perubahan dalam hidup dan hubungan cinta mereka. Hal ini pula yang menyebabkan Miko menjadi percaya bahwa kalimat "I love you just the way you are" adalah pertanda berakhirnya sebuah hubungan.

Film yang satu ini memang diangkat dari permasalahan cinta para anak muda terutama bagi mereka yang skeptis akan cinta. Kisah dari film ini juga dikemas dengan ringan namun tak menghilangkan daya tarik yang ada di dalamnya. Terlebih, biaya pembuatan film ini juga terbilang low-budget karena pemakaian properti dan lokasi yang tak banyak.

3. MANUSIA SETENGAH SALMON (2013)

Gambar

MANUSIA SETENGAH SALMON merupakan lanjutan dari film Radit yang berjudul CINTA BRONTOSAURUS. Film ini berawal dari ibu Dika yang tiba-tiba memutuskan untuk berpindah ke rumah mereka yang baru. Namun, keputusan ibunya itu tidak disukai Dika karena dirinya masih menyukai rumah lama mereka yang penuh akan kenangan.

Kekesalan Dika ternyata tak bertahan lama seusai dirinya bertemu dan berkenalan dengan seorang perempuan cantik bernama Patricia. Sayangnya, hubungan mereka tak berjalan dengan mulus karena Dika yang masih memikirkan Jesica yang merupakan mantannya. Bagaimanakah nasib cinta antara Dika dan Patricia?

4. MARMUT MERAH JAMBU (2014)

Gambar

Film yang satu ini tentunya juga tak kalah menarik dari film Radit yang lainnya. MARMUT MERAH JAMBU sendiri merupakan sebuah film yang mengangkat percintaan Radit yang saat itu masih seorang remaja. Kisah dalam film ini bermula dari Dika, si anak cupu yang mencoba untuk membentuk sebuah tim detektif bersama kawannya yang juga cupu bernama Bertus dan seorang gadis manis bernama Cindy.

Kasus demi kasus mereka selesaikan dengan baik meskipun mereka harus melakukan kekonyolan dan tindakan absurd lainnya. Namun, ketika Dika beranjak dewasa dan daya pikirnya sudah meningkat, dirinya menyadari satu kasus yang masih belum ia selesaikan. Mampukah Dika menuntaskan kasus tersebut?

5. SINGLE (2015)

Gambar

SINGLE bisa dikatakan sebagai salah satu karya terbaik dari Raditya Dika. Di film ini, Radit bahkan menggaet dua rekan komikanya yaitu Babe Cabita dan juga Pandji. Film ini sendiri berkisah tentang seorang pria bernama Ebi yang hampir berkepala tiga namun masih menjadi pengangguran dan bergantung pada ibunya. Terlebih, tak ada satupun kisah cintanya yang berjalan lancar dan menyebabkan dirinya menjadi seseorang dengan status single.

Suatu ketika di acara pernikahan adik Ebi, dirinya bertemu dengan kedua sahabatnya yang bernama Wawan dan Victor. Mereka berdua kemudian sepakat akan membantu Ebi untuk menemukan jodohnya. Akan tetapi, satu-satunya wanita yang dapat menarik perhatian Ebi saat itu ialah Angel, si penghuni kos yang baru.

Tentu saja usaha yang dilakukan Ebi tak bisa dibilang mudah. Dirinya harus menarik perhatian seorang wanita cantik yang baru ia kenal. Terlebih ada Joe yang juga seorang pria yang mencoba dekat dengan Angel. Akankah Ebi berhasil untuk mendapatkan cinta Angel?

6. KAMBING JANTAN (2009)

Gambar

KAMBING JANTAN merupakan film pertama yang diangkat dari novel Raditya Dika. Film ini menceritakan tentang pengalaman pribadi Raditya Dika ini saat masih kuliah di Australia. Sebelum diangkat jadi novel, kisah ini lebih dahulu dia sampaikan lewat blog.

Sesuai judul film ini, diceritakan bahwa dahulu Raditya Dika mempunyai panggilan kambing. Saat itu, Raditya Dika berkuliah di bidang keuangan yang sebenarnya tidak dia minati. Masa kuliah Raditya Dika semakin sulit lantaran dia harus LDR dengan sang kekasih yang dia panggil kebo. Namun banyak hal lucu dan konyol yang terjadi selama Raditya Dika menjalani kuliah dan LDR yang penuh dilema itu.

7. MALAM MINGGU MIKO THE MOVIE

Gambar

Selain sebagai penulis dan sutradara, Raditya Dika juga dikenal sebagai seorang youtuber. Raditya Dika bahkan sempat membuat mini seri yang booming berjudul MALAM MINGGU MIKO. Series yang menampilkan kelucuan khas Raditya Dika itu sukses mencuri hati penonton youtube pada saat itu. 

Sekian tahun berselang, pada 2014 kemudian series MALAM MINGGU MIKO diangkat menjadi film dengan judul yang sama. Di versi film, cerita berfokus pada Miko yang berusaha mencari cinta sejatinya dengan dibantu sahabatnya, Dovi.

8. KOALA KUMAL (2016)

Gambar

Satu lagi film Raditya Dika yang diangkat dari buku. Film itu adalah KOALA KUMAL. Sama seperti kebanyakan novel dan film Raditya Dika, KOALA KUMAL juga menampilkan kisah tentang kesialan yang dialaminya semasa muda. Namun Raditya Dika lagi-lagi menampilkan kisah sedihnya tersebut dengan cara yang unik dan menggelitik.

Dikisahkan, Dika yang bertemu dengan seorang wanita bernama Trisna. Di mata Dika, Trisna adalah perempuan yang unik yang dia harap bisa membantunya menyembuhkan luka hatinya. Namun nyatanya yang dilakukan Trisna justru mendorong Dika agar balas dendam kepada Andrea wanita yang telah menyakitinya

9. HANGOUT (2016)

Gambar

Thriller dan Komedi menjadi dua genre yang terkesan bertolak belakang. Namun siapa sangka di tangan Raditya Dika, kedua genre tersebut bisa digabungkan menjadi film yang unik dan menarik. HANGOUT yang rilis 2016 film thriller comedy karya Raditya Dika yang misterius tapi tetap komedi.

Film ini mengisahkan tentang sembilan orang yang terjebak di sebuah pulau asing. Tanpa saling mengetahui, ternyata ada seorang pembunuh berantai di antara mereka. Satu persatu tokoh meninggal secara misterius, menyisakan tanda tanya siapakah pelaku yang sebenarnya. 

10. THE GUYS (2017)

Gambar

Rekomendasi film Raditya Dika selanjutnya adalah THE GUYS yang rilis pada 2017. Film genre komedi romantis ini punya cerita yang tak kalah seru dan menarik. THE GUYS mengisahkan tentang seorang pria pekerja kantoran bernama Alfi. Di lubuk hatinya, Alfi sudah bosan dengan kerjaannya. Di waktu bersamaan, Alfi sedang berusaha mendapatkan hati gebetannya. Untungnya di masa pelik itu, Alfi mempunyai tiga sahabat yang terus mendukungnya. Meski ada kalanya hal-hal yang disarankan sang sahabat tidak beres dan tidak jarang malah berujung petaka.

11. TARGET (2018)

Gambar

TARGET menjadi rekomendasi film Raditya Dika paling baru sekaligus terakhir di daftar ini. Film ini mengusung tema survival yang baru di antara deretan film Radit yang lain. Ada ketegangan, keseruan, sekaligus, komedi yang bisa didapatkan penonton saat menyaksikan film yang rilis pada 2018 ini.

Secara garis besar film ini mengisahkan tentang 9 orang yang terlibat sebuah permainan yang tak bisa dihentikan begitu saja. Para pemain harus taat pada aturan yang ada. Sebab jika tidak, nyawa bisa jadi taruhannya. Penasaran kan, langsung saja tonton untuk buktikan keseruannya.

Itulah di antaranya beberapa rekomendasi film Raditya Dika paling seru. Selamat menonton!

Editor:   Editor KapanLagi.com