Bosan dengan berita itu-itu saja? Download Aplikasi Liputan6

6 Rekomendasi Film Garuda yang Seru dan Nasionalis, Bisa Jadi Tontonan di Hari Kemerdekaan

Selasa, 16 Agustus 2022 12:44 WIB
6 Rekomendasi Film Garuda yang Seru dan Nasionalis, Bisa Jadi Tontonan di Hari Kemerdekaan
Rekomendasi Film Garuda (credit: imdb)

Kapanlagi.com - Seperti yang kita tahu, Garuda Pancasila menjadi simbol dari negara Indonesia. Oleh karenanya, tak heran Garuda sering kali muncul dalam judul film yang bertemakan patriotisme dan kebangsaan. Dalam beberapa judul film tersebut, Garuda  menjadi simbol dari semangat nasionalisme bangsa Indonesia. Penasaran, apa saja contoh rekomendasi film Garuda yang pernah tayang di Indonesia?

Nasionalisme memang jadi satu tema yang cukup sering diangkat dalam sebuah film. Biasanya, film Garuda yang mengangkat tema nasionalisme ini bercerita tentang aksi membela. Namun membela negara dalam film Garuda bukan semata-mata lewat perang melawan penjajah. Ada pula rekomendasi film Garuda yang menunjukkan semangat bela negara dalam bidang lain, misalkan olahraga. 

Film tema Garuda bisa jadi tontonan yang seru untuk ditonton kapan saja, terutama di bulan Agustus mendekati perayaan hari kemerdekaan. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut beberapa rekomendasi film Garuda yang nasionalis sekaligus juga seru untuk diikuti.

Now that you are AWAKE, it's time for you to wake right now!

Awake

1. GARUDA DI DADAKU

Gambar

Garuda Pancasila menjadi lambang yang terpasang di seragam timnas sepak bola Indonesia juga mengilhami sebuah film berjudul GARUDA DI DADAKU. Film garuda ini bertemakan olahraga sepak bola dengan pemain anak-anak. GARUDA DI DADAKU rilis pada 2009 cukup populer dan laris di pasaran. Sejak saat itu, film ini jadi film anak yang terus diputar tiap kali masa liburan.

GARUDA DI DADAKU bercerita tentang Bayu seorang anak yang menyukai sepak bola. Dia bercita-cita menjadi seorang sepak bola. Sayangnya, Bayu berasal dari keluarga yang menentang dirinya untuk bermain sepak bola. Satu-satunya yang mendukung Bayu bermain bola, adalah seorang temannya yang juga pecinta sepak bola tapi hanya bisa duduk di kursi roda.

Namun pada akhirnya, Bayu berhasil melakukan apa yang dia mau juga memenangkan hati keluarga untuk merestuinya bermain sepak bola. GARUDA DI DADAKU film yang sangat inspiratif untuk anak. Kesuksesan GARUDA DI DADAKU (2009) diulang di filmnya yang kedua. Film GARUDA DI DADAKU 2 dirilis di tahun 2011.

2. GARUDA 19

Film Garuda yang kedua masih tentang olahraga sepak bola. Namun kali ini, sepak bola yang diceritakan dalam film merupakan adaptasi dari kisah nyata. Film berjudul GARUDA 19 diambil dari kisah kemenangan squad timnas Indonesia saat memenangkan Piala AFF U-19 2013. Saat itu, timnas Indonesia di bawah asuhan Indra Sjafri berhasil mengalahkan Vietnam.

Film GARUDA 19 memang film tentang olahraga sepak bola, tapi keseruan yang tersaji akan cocok dinikmati oleh siapa saja. Jadi tunggu apalagi langsung tonton, dan kenang masa gemilang Timnas Indonesia di ajang Piala AFF U-19.

3. PASUKAN GARUDA: I LEAVE MY HEART IN LEBANON

Gambar

Berikutnya di daftar rekomendasi film Garuda, ada film berjudul PASUKAN GARUDA: I LEAVE MY HEART IN LEBANON. Beda dengan dua film yang sebelumnya, film Garuda yang ketiga ini bukan lagi tentang sepak bola. PASUKAN GARUDA: I LEAVE MY HEART IN LEBANON menceritakan tentang kisah cinta seorang kapten tentara yang sedang ditugaskan ke Lebanon.

Kesetiaan sepasang kekasih itu diuji oleh jarak dan tugas negara. Namun bukan itu saja, hadirnya orang-orang ketiga bahkan keempat juga jadi ujian tersendiri untuk mereka. Pasalnya, di tempatnya bertugas, sang kapten juga bertemu dengan seorang gadis guru SD yang tak kalah memikat dibanding kekasihnya di tanah air. Sementara, sang kekasih juga didekati oleh seorang pengusaha yang tak kalah sukses dan tampan. Sanggupkah mereka menjaga janji untuk setia?

4. DARAH GARUDA

Jika kalian mencari rekomendasi film Garuda yang bercerita tentang perjuangan melawan penjajah, DARAH GARUDA bisa jadi jawabannya. DARAH GARUDA merupakan film kedua dalam trilogi MERAH PUTIH. Sama seperti film terdahulunya, film kedua ini masih bercerita tentang perjuangan melawan di masa lampau dengan latar peristiwa agresi militer Belanda II di tahun 1947.

Namun kisah dalam DARAH GARUDA berfokus pada sekumpulan kadet atau calon perwira yang selamat dari kejaran tentara Belanda. Mereka kemudian bersahabat dan berjuang bersama untuk bisa melawan balik para penjajah. Mereka berperang secara gerilya di kawasan perkampungan. Tapi tak saja menghadapi penjajah, mereka juga harus mengatasi konflik internal yang kerap terjadi akibat adanya perbedaan budaya, pandangan, agama, dan sebagainya.

5. GARUDA 7

Gambar

Rekomendasi film Garuda yang kelima sekaligus terakhir yaitu GARUDA 7. Film ini mempunyai cerita yang tak kalah seru dan menegangkan. GARUDA 7 terinspirasi dari peristiwa pembajakan pesawat Garuda Indonesia penerbangan 206, sebuah peristiwa yang cukup menyita perhatian pada masanya. Operasi penyelamatan itu kemudian dikenal dengan istilah operasi "Woyla".

Film GARUDA 7 sendiri mengisahkan tentang proses terbentuknya sebuah tim khusus yang terdiri atas militer dan sipil. Tim ini dibentuk untuk memecahkan dan menyelesaikan berbagai masalah yang dianggap sebagai konspirasi jahat yang ada di Indonesia. Salah satu kasus yang ditangani oleh tim ini tentu saja, pembajakan pesawat Garuda Indonesia penerbangan 206 yang terjadi di Bangkok. Sebuah film yang seru untuk ditonton sendiri ataupun rama-ramai.

Itulah di antaranya beberapa rekomendasi film Garuda yang seru dan nasionalis. Semoga bisa menjadi inspirasi untuk kalian yang sedang bingung mau nonton film apa. Selamat menonton!

 

Topik Terkait