Bosan dengan berita itu-itu saja? Download Aplikasi Liputan6

6 Rekomendasi Film Indonesia Sedih, Siap Sedia Tisu Sebelum Nonton

Minggu, 25 September 2022 11:22 WIB
6 Rekomendasi Film Indonesia Sedih, Siap Sedia Tisu Sebelum Nonton
Rekomendasi Film Indonesia Sedih (credit: imdb)

Kapanlagi.com - Ada banyak cara untuk meluapkan kesedihan, salah satunya dengan menonton film sedih. Ya, film dengan cerita sedih dijamin bakal mengaduk-aduk emosi kalian saat menontonnya. Apalagi jika film sedih yang ditonton berasal dari Indonesia. Pasalnya, rekomendasi film Indonesia sedih punya cerita yang sangat dekat dengan sehari-hari pasti bakal ngena di hati.

Ada beberapa film dari Indonesia yang dikenal punya cerita sangat sedih dengan kisah yang sangat menyentuh. Bahkan beberapa di antara judul film tersebut, dijamin bisa menguras emosi. Namun tak saja menjual cerita sedih, rekomendasi film berikut ini juga menampilkan akting memukau dari para pemainnya. Selain itu, di balik cerita sedihnya juga kerap terselip pesan dan pelajaran hidup berharga.

Penasaran, film apa sajakah itu? Daripada penasaran, langsung saja simak daftar dan ulasan rekomendasi film Indonesia sedih berikut ini.

Now that you are AWAKE, it's time for you to wake right now!

Awake

1. TENGGELAMNYA KAPAL VAN DER WIJK

TENGGELAMNYA KAPAL VAN DER WIJK menjadi salah satu rekomendasi film Indonesia sedih yang tak boleh dilewatkan begitu saja. Film ini merupakan hasil adaptasi dari novel terkenal karya Hamka. TENGGELAMNYA KAPAL VAN DER WIJK mengisahkan tentang kisah tak sampai antara dua pasang kekasih di masa lalu yang sempat mengikat janji. 

Sepasang kekasih itu adalah Zainudin dan Hayati. Zainudin yang berasal dari keluarga perantau pulang ke kampung halaman orangtuanya untuk pertama kali. Di momen itulah dia kemudian bertemu dengan Hayati yang memenangkan hatinya. Sayangnya, cinta Zainudin dan Hayati terhalang restu dan juga adat. Zainudin pun pergi dari kampung itu meninggalkan hayati. Namun takdir mempertemukan mereka kembali, bukan sebagai pasangan kekasih yang direstui. Melainkan untuk patah hati lagi, dan lagi.

2. SABTU BERSAMA BAPAK

Gambar

Rekomendasi film Indonesia sedih lainnya yaitu SABTU BERSAMA BAPAK. Sama seperti rekomendasi yang sebelumnya, film ini juga merupakan hasil adaptasi dari sebuah novel laris dengan judul sama. Dengan tema kekeluargaan yang begitu kental, film sedih yang satu ini akan sangat cocok ditonton bareng keluarga di rumah. 

Film SABTU BERSAMA BAPAK bercerita tentang sebuah keluarga yang telah kehilangan figur bapak. Sang bapak di keluarga itu telah meninggal sejak lama. Meski begitu, sang bapak terus berusaha hadir di tengah-tengah keluarganya setiap hari Sabtu melalui rekaman video yang sudah dipersiapkannya sebelum meninggal. Lewat video itu, bapak berbagi kisah dan pesan untuk istri dan anak-anaknya.

3. SURAT KECIL UNTUK TUHAN

Selanjutnya di rekomendasi film sedih Indonesia ada film berjudul SURAT KECIL UNTUK TUHAN. Film ini merupakan hasil adaptasi dari novel dengan judul yang sama. Baik versi film maupun novel, kisahnya sama-sama sedih dan menguras air mata.

SURAT KECIL UNTUK TUHAN mengisahkan tentang perjuangan anak remaja putri yang bertahan dan berusaha sembuh dari kanker yang dia derita. Menariknya di tengah kondisinya yang begitu parah, karakter bernama Keke ini tetap bisa semangat bersekolah. Namun di tengah-tengah hidupnya yang berat, Keke mempunyai keluarga dan sahabat yang dekat dan sangat supportif dengan kondisinya. Kisah sedih Keke memberikan banyak pelajaran hidup berharga. 

4. RUMAH TANPA JENDELA

Gambar

RUMAH TANPA JENDELA menjadi rekomendasi film Indonesia sedih yang keempat. Film ini punya cerita yang menyentuh tentang persahabatan yang tulus dua anak yang berbeda latar belakang. Nama anak tersebut Rara, seorang anak jalanan dan Aldo, anak dari keluarga kaya raya tapi mempunyai kekurangan berupa keterbelakangan mental.

Rara yang berasal dari keluarga miskin mempunyai harapan kecil yaitu, ingin punya sebuah jendela di rumahnya. Sayangnya, Rara hanya selama ini tinggal di rumah semi permanen di kawasan kumuh yang seolah tak mungkin untuk merenovasi menambah jendela. Namun hadirnya Aldo memberikan kebahagiaan kecil untuk Rara. Begitu pula hadirnya Rara di kehidupan Aldo yang membuatnya semakin bahagia. 

5. MY HEART

Jika kalian mencari rekomendasi film Indonesia sedih dengan nuansa romansa, MY HEART bisa jadi jawabannya. Film romansa ini sempat menjadi salah satu film hits pada masa rilis dan penayangannya. Sayangnya, kisah romantis di film ini tak berjalan mulus hingga di akhir. Film ini justru ditutup dengan sebuah kisah pilu yang menyayat hati.

Film ini mengisahkan tentang persahabatan Rachel dan Farel yang ternyata diwarnai perasaan suka. Diam-diam, Rachel menaruh hati pada Farel tapi dia tak bisa mengungkapkannya karena takut persahabatannya akan hancur. Tiba-tiba muncul seorang gadis bernama Luna yang membuat Farel jatuh cinta. Sejak saat itu, Rachel tak saja harus memendam rasa cinta. Dia juga harus bersiap merasakan patah hati.

6. MIRACLE IN CELL NO 7

Gambar

Rekomendasi film Indonesia sedih yang keenam masih terbilang baru, yaitu MIRACLE IN CELL NO 7. Film ini merupakan hasil adaptasi dari film Korea yang berjudul sama. Film yang baru dirilis beberapa waktu lalu ini, cukup banyak menuai pujian. Cerita sedih yang ditampilkan berhasil mengaduk-aduk emosi membuat penonton keluar bioskop dengan mata sembab.

Film MIRACLE IN CELL NO 7 mengisahkan tentang seorang ayah berkebutuhan khusus yang harus mendekam di penjara dan terpisah dengan anaknya. Dia mendapatkan tuduhan telah melakukan pembunuhan dan pelecehan seksual terhadap seorang anak. Namun kepolosan dan ketulusan sosok ayah bernama Dodo ini akhirnya membuat dirinya mendapatkan banyak cinta di penjara. Mereka yang mencintai Dodo percaya, bahwa pria berhati lembut itu tak mungkin melakukan perbuatan sekeji itu.

Itulah di antaranya beberapa rekomendasi film Indonesia sedih. Selamat menonton!

 

Topik Terkait