7 Fakta Kenapa Harus Nonton 'RUMAH KENTANG'

Adi Abbas Nugroho   | Rabu, 03 Oktober 2012 08:00 WIB
7 Fakta Kenapa Harus Nonton 'RUMAH KENTANG'
Kapanlagi.com - Hitmaker Studio merupakan anak perusahaan Soraya Intercine Film yang pada awal tahun 2000-an pernah sukses dengan drama romantis seperti EIFFEL I'M IN LOVE, APA ARTINYA CINTA? dan CHIKA. Merasa bertanggung jawab dengan sajian horor Indonesia yang repetitif dan terasa jalan di tempat, mereka coba bangkitkan minat penonton dengan sajikan real horor bertajuk RUMAH KENTANG.

Film besutan Jose Purnomo ini diangkat berdasar fenomena urban. Yang mana ada sebuah rumah di salah satu sudut Jakarta dengan kisah seram yang melegenda.

So, editor Kapanlagi.com bakal bocorkan fakta seram dan unik yang membuatmu harus menonton film ini. Let's check these out! [initial]

BACA JUGA LOKASI-LOKASI NYATA DI FILM HOROR INDONESIA 

1 dari 7 halaman

1. Diangkat Berdasarkan Legenda Urban

Diangkat Berdasarkan Legenda Urban Foto: Hitmaker Studio

Rumah Kentang adalah julukan sebuah rumah yang berlokasi di jalan Dharmawangsa, Jakarta Selatan. Kenapa rumah ini dijuluki Rumah Kentang? Karena menurut warga sekitar sering tercium bau kentang pada malam-malam tertentu.

Rumornya, bau kentang tersebut berasal dari arwah anak kecil yang meninggal saat tak sengaja termasak dalam kuali tempat merebus kentang.

2 dari 7 halaman

2. Syuting di Rumah Kentang Asli

Syuting di Rumah Kentang Asli Foto: Hitmaker Studio

Untuk membangkitkan unsur seram, Jose Purnomo selaku sutradara  melakukan syuting di lokasi sesungguhnya. Pemilihan tersebut selain dimaksudkan agar dekat dengan secara personal, juga agar aura mistis film tersebut berhasil menakuti penonton.

3 dari 7 halaman

3. Syuting Tak Boleh Malam hari

Syuting Tak Boleh Malam hari Foto: Hitmaker Studio

Agar tidak terjadi hal-hal yang tak diinginkan, pemilik rumah memerintahkan kru untuk mengemasi alat-alat sebelum Maghrib. Kru hanya diijinkan syuting selama pagi dan siang hari.

Guna mengatasi adegan malam hari, Jose Purnomo coba menyiasati dengan mengemas waktu semaksimal mungkin.

Larangan pemilik rumah cukup beralasan. Hal tersebut juga dituturkan oleh Ki Kusumo sewaktu ditemui di lokasi syuting.

"Arena rumah ini berdasarkan sejarah turun temurun. Sejarah yang kelam. Aromanya kematian dan kesakitan. Menjelang Maghrib memang ada aroma kentang dan bayangan anak berlarian. Ada hawa kesakitan dan marah, dia memang melakukan itu untuk menunjukkan diri," papar Ki Kusumo.

4 dari 7 halaman

4. Hii.. Para Pemain Alami Kejadian Mistis

Hii.. Para Pemain Alami Kejadian Mistis Foto: Hitmaker Studio

Karena filmnya melakukan pengambilan gambar di lokasi rumah kentang sesungguhnya, tak heran jika beberapa pemain sempat mengalami kejadian yang membuat bulu kuduk berdiri.

Shandy Aulia mengaku pernah merinding secara tiba-tiba. Bahkan dikatakan lampu penerangan dapur sering mati secara tiba-tiba.

Berbeda dengan Shandy, Gilang Dirgahari malah pernah mencium bau kentang saat berada di kamar mandi. Untuk siasati hal itu, Gilang hanya bisa baca-baca doa saja.

Sama Dengan Gilang, Tasya juga sering berdoa agar tak diganggu. Namun ia pernah mendengar suara langkah kaki saat berada di ruang make-up. In fact, yang mendengar suara tersebut hanya dia. Hiii....

5 dari 7 halaman

5. Debut Tasya, Film Horor Pertama Shandy Aulia

Debut Tasya, Film Horor Pertama Shandy Aulia Foto: Hitmaker Studio

RUMAH KENTANG merupakan debut film Tasya. Dikesempatan ini dia merasa istimewa karena didapuk sebagai peran utama.

Berbeda dengan Tasya, RUMAH KENTANG merupakan film horor pertama Shandy Aulia setelah EIFFEL I'M IN LOVE dan APA ARTINYA CINTA?

Dalam film ini Shandy mengaku sangat total. Tak heran bila dia sampai alami lecet-lecet ketika syuting karena tak mau adegan tersebut digantikan peran pengganti.

6 dari 7 halaman

6. Jose Purnomo Memperingatkan Pemeran Hantu

Jose Purnomo Memperingatkan Pemeran Hantu Foto: Hitmaker Studio

RUMAH KENTANG merupakan horor kesekian Jose Purnomo. Selama syuting dia mengaku tak alami kejadian mistis. Namun dia sering memperingatkan orang yang berperan sebagai hantu agar hati-hati jika tidur sendirian.

Dalam film ini pula Jose Purnomo menyerahkan urusan naskah pada orang lain. Karena biasanya Jose menulis sekaligus sutradarai filmnya sendiri.

 

7 dari 7 halaman

7. Bumbu Penambah Kesan Horor

Bumbu Penambah Kesan Horor Foto: Hitmaker Studio

Dalam adegannya nanti akan ada beberapa adegan yang dibumbui demi menambah kesan horor dalam film RUMAH KENTANG ini. Salah satunya adalah penampakan jejak tangan di tembok.

Nah, dari tujuh fakta tadi semakin penasaran kan bagaimana seramnya RUMAH KENTANG ini? So, siapin budget untuk tonton filmnya di bioskop mulai 4 Oktober 2012.

(kpl/abs)

Editor:  

Adi Abbas Nugroho