Bosan dengan berita itu-itu saja? Download Aplikasi Liputan6

8 Film Indonesia Rekomendasi Terbaik dari Berbagai Genre, Tak Boleh Dilewatkan!

Selasa, 26 Juli 2022 11:33 WIB
8 Film Indonesia Rekomendasi Terbaik dari Berbagai Genre, Tak Boleh Dilewatkan!
Film Indonesia Rekomendasi Terbaik (Credit: imdb.com)

Kapanlagi.com - Jika kalian merasa bingung untuk menentukan tonton, cobalah untuk mencari film Indonesia rekomendasi terbaik. Mungkin, selama ini kalian belum menyadari bahwa Indonesia memiliki banyak sekali film yang berkualitas.

Film Indonesia rekomendasi terbaik ini juga berasal dari berbagai genre. Entah itu romansa, keluarga, hingga sejarah. Tak cuma bagus, beberapa di antaranya juga bisa menguras emosi.

Kisah cintanya pun tak kalah menyentuh. Nah, jika kalian penasaran dengan judul-judulnya, langsung saja simak daftar film Indonesia rekomendasi terbaik dari berbagai genre berikut ini.

Now that you are AWAKE, it's time for you to wake right now!

Awake

1. ADA APA DENGAN CINTA

Gambar

ADA APA DENGAN CINTA (AADC) jelas harus masuk ke dalam film Indonesia rekomendasi terbaik kali ini. Secara garis besar, film ini bercerita tentang kisah cinta remaja yang cukup kompleks.

Tokoh dalam film ini bernama Cinta (Dian Sastrowardoyo), seorang siswi yang terlihat punya kehidupan sempurna. Di sekolah, Cinta bertemu dengan Rangga (Nicholas Saputra), seorang siswa yang cerdas dan berkarakter dingin. Mereka dipertemukan dalam kompetisi menulis puisi di sekolah. Meski awalnya terlihat seperti saingan, tapi keduanya pun makin dekat.

2. SURAT DARI PRAHA

Film Indonesia rekomendasi terbaik selanjutnya adalah SURAT DARI PRAHA. Film ini berisi perjalanan seorang anak untuk menemui cinta masa lalu ibunya. Larasati (Julie Estelle) harus pergi ke Praha untuk memenuhi mengantarkan sebuah kotak dan sepucuk surat untuk Jaya (Tio Pakusadewo).

Hal itu harus dia lakukan karena sudah menjadi wasiat sang ibu. Untuk mendapatkan warisan, dia juga harus mendapatkan tanda tangan Jaya. Perjalanan dari Indonesia ke Praha itu ternyata tak mudah. Setelah bertemu, Larasati dan Jaya tak langsung akrab. Namun, hubungan mereka perlahan berkembang hingga bisa saling mengungkap cerita masa lalu. Akhirnya, Larasati pun tahu bahwa Jaya dan ibunya harus terpisah karena kondisi politik Indonesia di masa lalu.

3. GIE

Gambar

Jika kalian sedang mencari film Indonesia rekomendasi terbaik, GIE jelas tak boleh dilewatkan. Film yang dirilis pada tahun 2005 ini terinspirasi oleh peristiwa nyata dari seorang aktivis Indonesia, Soe Hok Gie. Dia mengalami kebangkitan politik selama rezim Soeharto dan Soekarno.

Diceritakan dalam film bahwa Soe Hok Gie (Nicholas Saputra) merupakan seorang mahasiswa keturunan Tionghoa yang tinggal di Jakarta. Dia merupakan seseorang yang memiliki semangat juang dan rasa cinta kepada Indonesia. Hal itu yang membuat dirinya begitu tegas melawan ketidakadilan hingga melawan rezim yang berkuasa kala itu. Tak hanya soal politik, film ini juga memiliki sentuhan romansa.

4. TENGGELAMNYA KAPAL VAN DER WIJCK

TENGGELAMNYA KAPAL VAN DER WIJCK juga menjadi salah satu film Indonesia rekomendasi terbaik yang tak boleh dilewatkan. Film ini mengemas berbagai permasalahan tokohnya, mulai dari latar belakang sosial, suku, hingga asmara. Film yang diangkat dari novel karya Hamka dengan judul sama ini berkisah tentang Zainuddin (Herjunot Ali) yang memutuskan untuk berlayar pulang ke kampung halaman ayahnya di Batipuh, Padang Panjang.

Sampai di sana, dia bertemu dengan Hayati (Pevita Pearce) dan jatuh hati padanya. Sayangnya, cinta mereka terhalang restu dan peraturan adat istiadat. Saat menonton, perasaan kalian mungkin akan remuk berkali-kali.

5. BUMI MANUSIA

Gambar

Masih hasil adaptasi novel, BUMI MANUSIA juga menjadi film Indonesia rekomendasi terbaik yang perlu kalian tonton. Berasal dari novel dengan judul sama karya Pramoedya Ananta Toer, film ini mengisahkan perjuangan Nyai Ontosoroh, seorang perempuan Jawa yang dijadikan gundik oleh orang Belanda.

Kalian juga akan menemukan kisah romansa antara putrinya yang bernama Annelies Melema dengan seorang lelaki pribumi bernama Minke. Lika-liku romansa yang terjadi digunakan sebagai pengantar untuk menunjukkan sejarah antara Belanda dan Indonesia.

6. CINTA PERTAMA, KEDUA, DAN KETIGA

Selanjutnya, masih ada film Indonesia rekomendasi terbaik dengan genre romansa yang bisa kalian tonton. Film berjudul CINTA PERTAMA, KEDUA, DAN KETIGA ini bercerita tentang tokoh bernama Raja dan Asia. Mereka memiliki kesamaan tanggung jawab dalam mengurus kedua orang tua tunggal mereka masing-masing.

Selanjutnya, orangtua mereka sama-sama jatuh cinta dan memutuskan untuk menikah. Sayangnya, perasaan cinta malah tumbuh di antara Raja dan Asia yang sudah berstatus sebagai adik dan kakak sambung. Namun, mereka pun sepakat untuk memilih berbakti pada orangtua yang telah mengorbankan segalanya untuk dirinya.

7. PENYALIN CAHAYA

Gambar

Film Indonesia rekomendasi terbaik berjudul PENYALIN CAHAYA ini masih terhitung baru. Rilis pada tahun 2021, film ini pun banyak menyabet penghargaan. Secara garis besar, film ini menceritakan tentang perjuangan penyintas kekerasan seksual bernama Suryani.

Dia merupakan mahasiswa baru yang dilecehkan oleh seniornya di sebuah UKM teater. Hidupnya langsung berubah setelah foto-foto pribadinya tersebar luas. Padahal, dia merupakan anak dari ayah yang keras. Di kampus, dia juga berstatus sebagai penerima beasiswa. Tak terima dengan keburukan yang menimpa dirinya, Suryani pun berjuang untuk menegakkan keadilan walau minim dukungan dari orang di sekitarnya.

8. LOVE FOR SALE

Kisah dalam film Indonesia rekomendasi terbaik yang satu ini sepertinya sudah bisa ditebak sejak membaca judulnya. Sebagai ide awal cerita, LOVE FOR SALE bicara tentang status hubungan asmara dalam kehidupan sosial. Hal itu dialami oleh Richard Achmad (Gading Marten) yang sudah dinilai cukup tua, tapi masih lajang.

Hal itu menjadi alasan bagi teman-temannya untuk mengajukan tantangan agar dia membawa pasangan ke sebuah acara pernikahan. Richard akhirnya mencari pasangan di sebuah aplikasi. Dia bertemu dengan perempuan bernama Arini. Karena suatu hal, Arini yang seharusnya disewa selama satu hari malah menetap di rumah Richard. Cinta pun tumbuh di antara mereka. Namun, saat perasaan Richard sudah memuncak, Arini malah menghilang karena kontraknya sudah habis.

Nah, KLovers, itulah beberapa film Indonesia rekomendasi terbaik dari berbagai genre yang bisa kalian tonton.