9 Tahun Pasca 'RUMAH DARA', Kimo Stamboel Siksa Penonton Lagi Lewat 'RATU ILMU HITAM'

Tyssa Madelina | Selasa, 05 November 2019 13:00 WIB
9 Tahun Pasca 'RUMAH DARA', Kimo Stamboel Siksa Penonton Lagi Lewat 'RATU ILMU HITAM'

Kapanlagi.com - Sembilan tahun lalu Kimo Stamboel dan Timo Tjahjanto yang tergabung dalam The Mo Brothers pernah membuat RUMAH DARA. Respon postif pun menghampiri film bergenre horor slasher dengan bintang Shareefa Daanish dan Julie Estelle tersebut.

Kini tanpa Timo, Kimo mengaplikasikan hal yang tak jauh berbeda dalam film RATU ILMU HITAM. Disebut-sebut doyan menyiksa penonton dengan sajian yang mengganggu, sutradara berkacamata ini memberikan alasannya.

"Hahaha, doyan sih nggak ya, cuma gue suka bikin orang bereaksi dengan sesuatu yang agak berbeda. Kalau kita takut kan banyak macemnya, dan ini gue coba untuk eksplorasi ketakutan itu tidak hanya berasal dari makhluk halus, tapi dari hal-hal yang bisa terjadi beneran, which is dengan efek ilmu hitam itu," ujar Kimo ditemui usai press screening RATU ILMU HITAM di Epicentrum XXI, kawasan Rasuna Said, Jakarta Selatan, Senin (4/11/2019).

 

1 dari 2 halaman

1. Hadirkan Grafik Mengganggu

Saat trailer dirilis, ada gambar yang mengganggu orang dengan trypophobia. Hal tersebut memang sudah ada dari skrip yang ditulis oleh Joko Anwar.

"Itu semua ide dari Joko Anwar. Dari skripnya udah mengarah ke sana dan basically gue cuma nambah-nambahin aja gimana biar bisa dieksekusi," imbuh Kimo.

2 dari 2 halaman

2. Revisi Agar Rating 17+

Adegan mengganggu dalam film RATU ILMU HITAM mendapatkan klasifikasi usia 17+ atau 17 tahun ke atas dari Lembaga Sensor Film. Kimo mengaku kalau film ini hampir saja mendapatkan rating 21+ sebelum akhirnya direvisi.

"Sebenarnya kita udah di ambang 21+ sensornya. Cuma memang kita ada potongan, dan itu yang bisa membuat kita jadi 17+," tutup Kimo. 

(kpl/abs/tmd)


Reporter:  

Adi Abbas Nugroho

↑