Bosan dengan berita itu-itu saja? Download Aplikasi Liputan6

'ADIT SOPO JARWO: THE MOVIE' Bertamasya ke Versi Animasi 10 Kota di Indonesia

Mahardi Eka Putra   | Sabtu, 01 Mei 2021 16:36 WIB
'ADIT SOPO JARWO: THE MOVIE' Bertamasya ke Versi Animasi 10 Kota di Indonesia
MD Pictures - MD Animation

Kapanlagi.com - ADIT SOPO JARWO THE MOVIE telah tayang di Disney+. Berawal dari serial animasi yang tayang sejak 2014, MD Animation dan MD Pictures menghadirkannya dalam medium film panjang dan bisa dinikmati lewat layanan streaming. Di tangan Eki NF dan Hanung Bramantyo, ADIT SOPO JARWO THE MOVIE akan mengajak penonton untuk pada masa awal perkenalan ketiga tokoh utamanya, yakni Adit, Sopo, dan Jarwo.

Ide pembuatan film panjang ADIT SOPO JARWO ini sudah muncul pada 2015. Namun, baru pada 2018 proses produksinya baru bisa berjalan. Mulai dari pembuatan storyboard, pembuatan animasinya, pengambilan suara, hingga proses rendernya.
Yang menarik, proses bergabungnya Hanung Bramantyo ke dalam proyek ini terjadi melalui peristiwa yang tak diduga.

"Semua terjadi dengan cepat dan tak disangka. Ketika saya bermain ke kantor MD, saya dipanggil oleh Pak Manoj yang kala itu sedang berada di ruang mas Eki. Dari situ obrolan pun terjadi dan saya diminta menjadi sutradara filmnya bersama mas Eki," ceritanya. Hanung menyebut dirinya lebih banyak berkutat dengan alur penceritaan. Ia percaya sepenuhnya kepada Eki untuk teknik animasinya.

"Ketika mas Hanung bersedia bergabung. Saya senang sekali. Mas Hanung lebih berpengalaman, dengan begitu ADIT SOPO JARWO menjadi lebih sempurna," timpal Eki.

1. Kisah Awal Pertemuan Adit, Sopo, dan Jarwo

Adit dan kedua orangtuanya ke Yogyakarta dengan kereta api. Di tengah perjalanan, Adit pun memutuskan untuk membeli makanan ringan ketika kereta berhenti di Stasiun Cirebon. Tak disangka, saat Adit bergegas kembali, kereta tersebut rupanya sudah berangkat dan alhasil Adit pun tertinggal seorang diri di stasiun.

Jarwo yang merasa iba melihat seorang anak kecil terlantar sendirian di sebuah Stasiun mulai menghampiri anak tersebut. Ini merupakan awal pertemuan Adit mengenal sosok Jarwo, orang asing yang baik hati yang menolongnya dalam pencarian menemukan kedua orangtuanya. Kemudian hadir pula Sopo, seorang porter kereta api, yang mencurigai sikap Jarwo. Karena merasa khawatir, Sopo pun ikut menemani perjalanan Adit dan Jarwo.

Adit yang masih bersedih mulai merasa lebih tenang dan ia pun menceritakan kejadian yang baru saja dirinya alami. Mendengar cerita tersebut, hati Sopo dan Jarwo semakin tergerak untuk membantu dan menolong Adit agar bisa bertemu kembali dengan Ayah dan Ibunya.

Pertemuan yang tak disangka ini menghasilkan sebuah petualangan yang penuh gelak tawa dan kejadian-kejadian yang unik. Lewat pertemuan inilah, ketiganya menjadi semakin akrab dan mengenal satu sama lain lebih dalam. Perbedaan karakter Adit, Sopo, dan Jarwo dalam perjalanan ini dapat menyatukan mereka dan membuktikan hebatnya nilai persahabatan dan sikap saling tolong-menolong.

2. Hadirkan 10 Kota Indonesia dalam Versi Animasi

ADIT SOPO JARWO THE MOVIE akan membawa penonton pada perjalanan ketiga tokohnya mulai dari Cirebon sampai Yogyakarta. Beni Susanto selaku penulis skenarionya mengatakan bahwa akan ada 10 kota yang menjadi latar petualangan Adit, Sopo, dan Jarwo.

Screenplay dari Adit Sopo Jarwo The Movie juga mengatakan bahwa film animasi Adit Sopo Jarwo akan menyajikan gambaran kota-kota besar di Indonesia dalam versi animasi.

"Jadi di film kita flashback beberapa tahun ke belakang, kalo di serial sekarang sudah dewasa, dan lokasinya cuma di kampung, kalau di film kita keluar kampung, total ada 10 tempat yang jadi latar. Yang bakal dilihat adalah benar-benar versi animasi dari kota-kota yang benar ada di Indonesia," ujar Beni.

Beberapa kota yang dimunculkan antara lain Brebes, Yogyakarta dan Cirebon. Pemilihan kota disesuaikan dengan kebutuhan cerita. 

3. Ajak Penonton Muda Mencicipi Lokasi Eksotis

Pemilihan setting yang beragam mendatangkan tantangan tersendiri bagi Eki dan Hanung. Terlebih selama ini dalam versi serialnya setting ceritanya berpusat hanya pada kampung Geger. 

"Kalo di serial lokasinya cuma di kampung Geger, dan kami sudah hafal sama lokasinya, mau shot apa aja mudah, tapi kalau di film lokasinya banyak ada dari Brebes, nah kita riset Brebes itu ada Dieng, ada Sungai Serayu, dan kita buat se-real mungkin" ujar Eki.

Eki juga ingin memberikan kesempatan kepada penonton muda melihat tempat-tempat eksotis di Jawa, Indonesia. "Dan kami juga pengen kasih lihat tempat yang jarang dilihat anak-anak jaman sekarang, kalau di Brebes ada ladang garam lho. Anak sekarang jarang melihat ladang garam," pungkasnya. 

ADIT SOPO JARWO THE MOVIE sudah bisa dinikmati di Disney+. Selamat menonton bersama keluarga, KLovers. 

4.

Editor:   Mahardi Eka Putra