Atiqah Hasiholan Ungkap Beratnya Jadi Seorang Sutradara

Guntur Merdekawan | Senin, 09 Desember 2019 20:15 WIB
Atiqah Hasiholan Ungkap Beratnya Jadi Seorang Sutradara

Kapanlagi.com - Aktris cantik Atiqah Hasiholan baru saja meluncurkan film pendek terbaru berjudul POS(+)IF. Ini adalah debut perdana Atiqah sebagai seorang sutradara film.

Istri Rio Dewanto itu mengaku jika menjadi seorang sutradara film ternyata tidak semuda yang dikira. Bahkan, Atiqah mengaku sampai tak bisa tidur ketika menggarap film tentang HIV tersebut.

"Ternyata berat, aku syuting film ini hanya dua hari hari pertama kaya nggak bisa tidur, kayak ini shotnya kurang deh, kayaknya ini kurang, kayaknya semuanya kurang," kata Atiqah Hasiholan di Teater Salihara, Jakarta Selatan, Senin (9/12/2019).

1 dari 2 halaman

1. Beratnya Jadi Seorang Sutradara

Dari pengalamannya itu, Atiqah juga menyadari besarnya tanggung jawab seorang sutradara film. Bagaimana tidak, seorang sutradara adalah sosok yang mengatur hampir seluruh hal dalam film, seperti angle pengambilan gambar, akting pemain dan masih banyak lainnya.

"Jadi tanggung jawab seorang sutradara berat sekali ya karena keseluruhan ya, bagaimana menyelamatkan film ini menjadi film yang bagus karena sebagai pemain skipnya lebih kecil hanya sebagai kita memerankan peran dengan baik," sambungnya.
2 dari 2 halaman

2. Bawa Pesan Positif dalam Film-nya

Bawa Pesan Positif dalam Film-nya
Selain menyutradarai film POS(+)IF, ibu satu anak ini juga merangkap peran penulis skenario. Atiqah dibantu tim dari Visinema dan UNAIDS. Atiqah mengaku, sejak terjun di dunia perfilman, dia benar-benar tak pernah mempunyai keinginan untuk menjadi sutradara.

"Nggak pernah, pernah sih terbesit seru kali ya jdi sutradara tapi bukan keinginan yang ingin diwujudkan gitu lho. Seperti yang aku bilang, aku jadi sutradara dan menulis project ini adalah semata untuk bagaimana aku meng-campaing-kan isu HIV ini secara tepat, efektif ke masyarakat. Dan medium yang paling familiar adalah film," tutup Atiqah.

(kpl/far/gtr)


Reporter:  

Fikri Alfi Rosyadi

↑