Berawal Dari Sebuah Kata, 'GHIBAH' Akhirnya Dibuat Menjadi Sebuah Film

Sanjaya Ferryanto   | Jum'at, 24 Januari 2020 16:52 WIB
Berawal Dari Sebuah Kata, 'GHIBAH' Akhirnya Dibuat Menjadi Sebuah Film

Kapanlagi.com - Kata-kata ghibah kini mulai populer dikalangan masyarakat. Ghibah sendiri memiliki arti yakni menyebutkan sesuatu yang terdapat pada diri seseorang, baik soal jasmani, agama, kekayaan, hati, dan sebagainya.

Meski dari segi agama Islam sudah jelas-jelas melarang seseorang melakukan ghibah yang tertuang dalam Al Quran Surat Al Hujarat, namun tetap banyak yang melakukan baik sadar maupun tak sadar.

Fenomena itu pun jadi inspirasi penulis film Makmum, Riza Pahlevi untuk mengangkat kisah itu menjadi film layar lebar. Bekerjasama kembali dengan Dee Company dan Blue Water Film, Ghibah nampaknya sudah siap untuk diproduksi. Hal itu terlihat dari unggahan teaser poster Ghibah di akun instagram Dee Company.

 

1 dari 2 halaman

1. Dalam Masa Produksi

Dalam Masa Produksi Istimewa
Di poster tersebut nampak terlihat judul Ghibah dengan gambaran mulut penuh dengan belatung yang biasanya mengerubungi bangkai. Saat dikonfirmasi pun Riza membenarkan sedang memproduksi film Ghibah.

"Benar kami sedang mengerjakan film Ghibah. Ini sebenarnya idenya nggak jauh-jauh dari pengalaman pribadi saya sendiri ya. Sama seperti film Makmum yang merupakan pengalaman pribadi. Ghibah juga sama, dan saya yakin juga dirasakan oleh orang lain juga," ucap Riza saat dihubungi lewat sambungan telepon, Kamis (23/1).

2 dari 2 halaman

2. Dampak Korban Ghibah

Dalam film tersebut nantinya Riza akan fokus pada dampak-dampak pelaku dan korban Ghibah. Menurutnya, para pelaku ghibah biasanya tak sadar kalau ghibah memiliki dampak yang berbahaya.

Sementara itu, Produser Dheeraj Kalwani mengaku tertarik dengan konsep film Ghibah karena memiliki kesamaan dengan film Makmum.

"Ada unsur relatable antara cerita film dan kehidupan penonton. Makmum kan setiap orang pasti melalui masa dimana tidak khusyuk sholatnya. Nah kalau Ghibah ini rasanya setiap orang juga sering melakukannya tanpa sadar," pungkasnya.

(kpl/aal/frs)


Reporter:  

Sahal Fadhli

TOPIK TERKAIT
 
↑