Bosan dengan berita itu-itu saja? Download Aplikasi Liputan6

Berperan Sebagai Pemalsu Lukisan di Film 'MENCURI RADEN SALEH', Iqbaal Ramadhan Diasingkan ke Jogja

Senin, 20 Desember 2021 19:42 WIB
Berperan Sebagai Pemalsu Lukisan di Film 'MENCURI RADEN SALEH', Iqbaal Ramadhan Diasingkan ke Jogja
Iqbaal Ramadhan di Preskon 'MENCURI RADEN SALEH' © KapanLagi.com/Bayu Herdianto

Kapanlagi.com - Iqbaal Ramadhan kembali terlibat dalam sebuah film layar lebar karya sutradara Angga Dwimas Sasongko yang bertajuk MENCURI RADEN SALEH. Dalam film ini, Iqbaal Ramadhan berperan sebagai Piko, seorang mahasiswa yang handal memalsu lukisan.

Saat ditemui di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (16/12) sore, Iqbaal Ramadhan mengaku harus belajar melukis demi mendalami peran sebagai Piko. Tak tanggung-tanggung, Iqbaal belajar langsung dengan dua pelukis maestro Indonesia, yakni Suharmanto dan Dedy Sufriadi di Yogyakarta selama dua hari.

"Awalnya itu observasi gua untuk belajar menjadi pelukis, bukan melukis. Pas sampai sana pandangan gua beda, gua harus bisa melukis dengan baik selama dua hari," ungkap Iqbaal Ramadhan.

1. Belajar Menjadi Pelukis di Jogja

Gambar

Akan tetapi, pria 21 tahun itu merasa gagal melukis, karena memang niat awalnya sudah berbeda. Ia pun merenung dan kembali ke niat awal untuk belajar menjadi pelukis.

"Pas hari kedua, ya gua mengubah pemikiran dan niat gua. Dari habis sarapan sampai pagi lagi, ya gua belajar menjadi pelukis. Hasilnya, lukisan gua masih jelek tapi gua mendapatkan ilmu melukis secara enjoy setiap goresannya. Berusaha mendapatkan kenikmatan melukis sih," ujarnya.

2. Akui Susah Namun Mendapat Pelajaran Baru

Gambar

Mantan personil boyband CJR itu mengaku memang tak pernah menyentuh dunia seni rupa khususnya lukis selama berkarier di dunia hiburan tanah air. Meski begitu, belajar menjadi pelukis diakui Iqbaal Ramadhan sangat menarik karena ia mendapatkan pelajaran baru dan berharga dalam hidup.

"Gua belajar susah banget. Pusing men, gila lo. Pusing gua. Ya gua nggak belajar melukis, gua nggak punya waktunya belajar mencampurkan warnanya. Tapi gua bisa dapetin rasanya," paparnya.

3. Terinspirasi Setelah Berkunjung ke Keraton

Gambar

Selain Iqbaal Ramadhan, film MENCURI RADEN SALEH juga dibintangi sederet artis papan atas Indonesia, seperti Angga Yunanda, Aghniny Haque, Umay Shahab, Rachel Amanda, Ari Irham, Atiqah Hasiholan, Dwi Sasono, Tyo Pakusadewo, dan masih banyak lagi. Selain itu, Angga Dwimas Sasongko mengatakan, dirinya mendapat ide membuat film ini karena ia datang ke sebuah keraton.

Saat itu, Angga Dwimas Sasongko melihat lukisan karya Raden Saleh yang berada di sudut keraton yang mudah untuk dicuri. Setelah dilihat, kemudian Angga Dwimas Sasongko mendalami sosok Raden Saleh dan ia kembangkan menjadi cerita dan butuh empat tahun ia merampungkan draft skenario film terbarunya itu.

4. Deretan Para Cast

Gambar

Saat preskon, para cast seperti Ari Irham, Rachel Amanda, Angga Yunanda, Aghniny Haque, dan Iqbaal Ramadhan terlihat kompak mengenakan t-shirt navy bertuliskan tajuk film mereka, MENCURI RADEN SALEH.

5. Duo Gondrong Ganteng

Gambar

Penampilan Angga dan Iqbaal sukses mencuri perhatian karena keduanya muncul dengan gaya rambut gondrong yang ditata sesuai style-nya masing-masing. Jadi, siapa yang sudah nggak sabar menantikan seperti apa akting mereka di film ini? ;)