Bikin Management Penulisan Skenario, Upi Bawa Anak Didik Tembus Layar Lebar

Tyssa Madelina | Rabu, 29 Agustus 2018 14:07 WIB
Bikin Management Penulisan Skenario, Upi Bawa Anak Didik Tembus Layar Lebar

Kapanlagi.com - Sosok Upi selama ini dikenal sebagai sutradara, penulis skenario serta beberapa kali menjadi produser kreatif. Namun setahun terakhir ia membuat management penulisan skenario. Di mana anak didiknya langsung terlibat dalam proyek penulisan skenario layar lebar.

Niat Upi patut diapresiasi karena ingin menambah daftar penulis skenario agar jasa yang dipakai produser bervariasi. Tidak mengandalkan nama yang itu-itu lagi sehingga baik untuk ekosistem perfilman nasional ke depannya.

"Ya saya kepengin lahirkan orang-orang baru, supaya ketika sudah berdiri sendiri nantinya, Indonesia punya banyak pilihan penulis skenario," katanya ditemui di kawasan Rasuna Said, Jakarta Selatan, baru-baru ini.

Meski sudah memberi anak didiknya proyek layar lebar, namun masih tetap di bawah nama Upi. Agar produser yakin kalau kualitas yang diberikan berada dalam tanggung jawabnya.

"Produser itu kayak nggak berani gambling, kayak takut ambil risiko, nggak mau nyoba dengan nama baru. Kalau ada nama sayanya untuk saat ini, ada yang bisa dipertanggung jawabkan, ada yang bisa dipegang. Jadi kalau ada apa-apa bisa langsung lewat saya. Kalau untuk pertama udah masuk, mereka udah enak ke belakangnya," imbuhnya.

1 dari 3 halaman

1. Berbayar dan Selektif

Orang-orang yang belajar bersama Upi jumlahnya tidak banyak. Untuk mendapatkan bimbingannya tentu tidak asal pilih dan berbayar.

"Mereka kasih contoh tulisan ke saya, pernah nulis apa aja. Lalu saya kumpulin karena saya tahu potensi mereka seperti apa. Jadi setiap ada project dari produser, saya duduk bareng sama penulis yang saya tunjuk lalu ngobrolin konsep, dia bikin alur dulu, kita bahas lagi, sampai akhirnya saya bilang oke saya suruh bikin draf satu," terang sutradara nyentrik ini.

2 dari 3 halaman

2. Mendapat Kontrak

Mendapat Kontrak © KapanLagi.com/Bayu Herdianto
Penulis-penulis skenario ini mendapat kontrak dua tahun dari Upi. Di mana nantinya mereka akan mendapatkan proyek-proyek penulisan yang dirasa cocok. Usai itu, kontrak bisa diperpanjang atau sebaliknya.

"Saya kontrak awal dua tahun, itu pun kalau saya lanjutin. Kalau saya lihat nggak cocok ya udah selesai, nggak diperpanjang," ucap Upi.

Lebih lanjut, Upi tak akan melepas orang-orang yang telah dipilihnya ini mengingat proyek banyak berdatangan. "Kalau mereka mau buru-buru lepas dari saya, rugi di mereka karena produser masih percaya sama saya, jadi ke saya dulu urusannya. Tapi berhubung saya project banyak, nggak saya lepas dulu ha ha ha," tuntasnya seraya tertawa.

3 dari 3 halaman

3. Tembus Layar Lebar

Sejauh ini Upi sudah membawa dua nama penulis skenario baru tembus menulis skenario layar lebar. Pertama ada Johanna Wattimena yang mendampingi Upi di #TEMANTAPIMENIKAH.

Lalu kedua ada Rafki Hidayat yang mendampingi Upi di KAFIR: BERSEKUTU DENGAN SETAN. Dua judul ini mendapat apresiasi positif dari penikmat film Indonesia.

(kpl/abs/tmd)


Reporter:  

Adi Abbas Nugroho

↑