Bukan Hanya Joker, Inilah Tokoh Penjahat Paling Ikonik di Seantero Dunia Perfilman!

Editor KapanLagi.com   | Kamis, 23 September 2021 19:50 WIB
Bukan Hanya Joker, Inilah Tokoh Penjahat Paling Ikonik di Seantero Dunia Perfilman!
(Credit: imdb.com/The Dark Knight), (Credit: imdb.com/Harry Potter and the Deathly Hallows: Part 1)

Kapanlagi.com - Beberapa waktu lalu, dunia perfilman superhero lagi dihebohkan sama rilisnya film superhero pertama dari Asia, SHANG-CHI AND THE LEGEND OF THE TEN RINGS. Film yang diproduksi Marvel Studios itu bahkan sempet trending di media sosial Twitter beberapa waktu lalu. Nggak dipungkiri sih, film superhero emang bisa bikin fans bejibun kumpul karena plotnya yang cenderung ringan tapi nggak ngebosenin.

Emang ya, kalo bahas tentang film tuh nggak ada habisnya. Ada aja yang bisa diulik! Mulai dari para aktor dan aktris yang meranin, kostum yang dipake, alur cerita filmnya, sampai yang paling sering karakter dari tokoh dalam film tersebut. Ngobrolin tentang karakter nih, pasti KLovers yang gila film superhero punya karakter favorit kan?

Biasanya nih, karakter-karakter yang amazing and catchy kayak Iron Man, Batman, Wonder Womand dan Captain America yang punya banyak fans. Eh tapi, sebenernya apa sih yang bikin kalian suka dari mereka? Mungkin di antara dari kalian suka karena kegantengan atau kecantikan dari si tokoh, kostum yang dipakai, personaliti atau mungkin cara bertarung mereka yang keren.

Pernah nggak sih kepikiran kalo bukan hanya si “hero” aja nih yang bisa kelihatan hot dan mengkece? Lah, terus siapa lagi dong? Kalau ngomongin karakter superhero, pasti nyantol juga ke villainnya juga dong. Nah, ini dia tokoh-tokoh penjahat yang anehnya atrractive dan punya banyak fans!

1. Bellatrix Lestrange

Pasukan Potterhead mana nih suaranyaaa? Pasti kalian pada nggak asing kan, sama nama Belatrix Lestrange? Iya, itu loh karakter yang diperanin sama Helena Bonham Carter—yang juga pernah main di ENOLA HOLMES (2020) dan ALICE IN WONDERLAND (2010).

Bukan apa-apa nih, nama Bellatrrix Lestrange ada di urutan pertama karena saking ikonik karakter yang ada pada dirinya. Bellatrix yang merupakan sepupu dari Regulus dan Sirius di keluarga Black ini terkenal karena keliaran dan sifatnya yang nggak kenal takut. Pakaiannya yang serba hitam dan cara bicaranya yang terkesan blak-blakan bikin karakternya terlihat tambah kuat banget.

Selain dari visual dan tingkah lakunya yang kentara banget kalo penjahat, Bellatrix Lestrange juga bisa memikat penonton serial Harry Potter dari kesetiaannya pada You-Know-Who. Walaupun jadi penjahat, Bellatrix nggak pernah sekalipun ngehianatin kelompoknya. Loyal banget dah pokoknya dia tuh! Gimana nggak tertarik coba para Potterhead kalo karakternya menawan gini?

2. Joker

Kalo tadi udah bahas karakter jahat dari Warner Bros. Pictures, sekarang kita beralih ke rumah produksi film superhero terkenal. Marvel Studios? Eits, bukan itu! Kita bahas tokoh penjahat paling terkenal seantero DC Universe dulu. Siapa lagi kalo bukan si badut gila, Joker.

Kayaknya nggak hanya pecinta film aja yang kenal, bahkan mungkin yang nolep banget sama dunia film bakal ngeh kalo denger namanya. Emang se-ikonik itu sih nama Joker di dunia film!

Karakter Joker ini pertama dikenalin DC di komik Batman #1 tahun 1940 dan seakan jadi musuh abadi dari Batman. Sebanding sama namanya yang hits banget, karakternya juga nggak main-main jahatnya! Riwayat kasus kriminalnya doi sampai udah nggak kehitung lagi. 

Di balik penampilannya yang colorful dan tawanya yang seakan nggak pernah hilang di wajahnya, Joker menyimpan banyak ide gila dan “menyenangkan” untuk menghancurkan Gotham City. Doi juga nggak pernah mandang siapa korbannya. Lagi, doi juga nggak bergantung sama orang lain untuk ngelakuin kejahatan. Dan jangan lupain kalimat ikonik miliknya, “Why so serious?

3. Loki

Setelah puas ngebahas penjahat ikoniknya DC, yuk pindah ke karakter penjahat yang ada di Marvel Studios! Ngelihat dari foto di atas, pasti kenal dong sama wajah ganteng? Yoi, Loki—the God of Mischief.

Baru 2 bulan lalu, tepatnya Juni 2021, Loki punya serial TVnya sendiri dan langsung bikin heboh para fansnya. Nggak main-main nih! Walaupun baru tayang tahun ini, serial miliknya langsung punya rating 8.4 di iMDB. Jadi tahu dong, meski Loki adalah sosok villain tapi banyak yang jatuh cinta sama karakternya?

“Emang dari mananya sih?” atau “sekeren apa sih dia itu sampai banyak yang suka sama karakternya?”, mungkin yang belum terlalu kenal sama Loki lagi bertanya-tanya gitu. Hal pertama yang harus diinget, Loki itu dewa tipu muslihat. Jadi, otomatis karakternya nggak jauh-jauh dari kata jahil, licik dan nakal. Itu bisa dibuktiin dari beberapa scene di film Marvel seperti INFINITY WAR dan AVENGERS: ENDGAME.

Selain itu, kebadungannya juga udah dikonfirmasi sama Thor—kakaknya. Ya, walaupun badung banget, Loki nggak pernah ngebunuh karakter utama. Dan yang terakhir, parasnya yang hot abis nggak dipungkiri jadi daya tarik tersendiri—khususnya para fans cewek.

4. Voldemort

Balik lagi ke serial Harry Potter! Ada tokoh penjahat yang tadi kelupaan disebutin. Padahal karir jahatnya di dunia sihir itu udah malang-melintang. Saking jahatnya di Harry Potter, namanya bahkan hampir nggak pernah disebutin di awal-awal seri filmnya. Udah kebayang belum siapa dia? Yoi, bener banget… Voldemort sang the Dark Lord!

Ngelihat dari fotonya aja udah kelihatan kan kalo doi tuh si tokoh jahat? Udah pake jubah item, muka yang nyeremin—mana hidungnya nggak kelihatan lagi, terus di ceritanya dia berperan sebagai salah satu penyihir terkuat dan paling ditakuti di Wizzarding World.

Saking horor dan jahatnya, Voldemort rela memecah jiwanya demi ngedapetin kekuatan. Bahkan, Voldemort juga punya para pengikut yang isinya juga penjahat. Nah, salah satunya itu adalah Bellatrix Lestrange.

Selain itu, hampir di setiap seri film Harry Potter nge-mention jahat dan kejamnya si Voldemort ini. Ya, walaupun nggak selalu eksplisit sih tapi sangat berdampak sama cerita si tokoh utama—Harry Potter.

5. Harley Quinn

Yuhuu, penjahat yang terakhir nih! Bisa tebak dia dari mana? Hmm, bener. The baddest b*tch dari DC World, Harley Quinn! Harley Quinn punya tempat tersendiri di hati para penggila film superhero. Terlihat mendapat banyak sorotan di film SUCIDE SQUAD bisa dibilang Harley Quinn adalah the truly villain sih. Kenapa bisa dikata begitu?

Tokoh Harley muncul pertama kali dalam seri animasi Batman, JOKER'S FAVOR (1992). Nggak semata-mata langsung jadi the baddest b*tch dan partner Joker, Harley yang punya nama asli Harleen Frances Quinzel adalah seorang dokter kejiwaan yang menangani Joker dan akhirnya jadi kaki tangan Joker.

Nggak nyangka kan kalo sebelum jadi sangar kayak di film BIRDS OF PREY, Harley Quinn asalnya adalah seorang dokter? Nah dari situ tuh, asal muasal karakter jahatnya terbentuk! Paras yang mempesona, cara bicara yang memikat, dan kegilaan tanpa ampun dalam setiap aksinya bikin banyak orang sayang sama karakter si Harley Quinn ini.

Artikel ini ditulis oleh: Salafi Mufida Hasna

Editor:   Editor KapanLagi.com