Dari Indonesia Hingga Hollywood, Inilah Deretan Film Aksi yang Pernah Dibintangi Iko Uwais

Editor KapanLagi.com   | Selasa, 07 September 2021 21:55 WIB
Dari Indonesia Hingga Hollywood, Inilah Deretan Film Aksi yang Pernah Dibintangi Iko Uwais
The Raid: Redemption (Credit: IMDb)

Kapanlagi.com - Terkenal dengan kemampuan akting dan silat, Iko Uwais tentu akan selalu membawa label dirinya sebagai pemain film-film aksi. Bakat ilmu silat asli Indonesia yang dimilikinya menggiring karier aktingnya semakin melambung tinggi hingga menembus film internasional.

Dalam beberapa film aksi yang pernah dibintanginya, Iko kerap ditunjuk jadi pemeran utama. Istimewanya, suamidari Audy Item ini juga tak jarang dijadikan sebagai koreografer adegan laga atau penata aksi pertarungan dan perkelahian loh! Seperti contohnya di film MILE 22, STUBER dan masih banyak lainnya.

Nggak usah berlama-lama, langsung saja kita singkap sederet film aksi yang pernah dibintangi Iko berikut ini..

1. THE RAID

Wah pasti penggemar film Indonesia tidak akan asing mendengar judul film yang satu ini. Iya, THE RAID, adalah film action dengan kemasan seni bela diri khas Indonesia yang dibintangi Iko Uwais. Film yang disutradari oleh Gareth Evans ini pertama kali ditayangkan pada Festival Film Internasional Toronto pada 2011. Banyak penonton dan kritikus yang memuji THE RAID sebagai salah satu film action terbaik setelah beberapa tahun. 

Dalam film tersebut Iko berperan sebagai Rama, seorang anggota tim polisi senjata dan tim taktik khusus dengan membawa agenda rahasia dan tersembunyi. Iko Uwais berperan sebagai protagonis dengan menjadi anggota polisi yang mengamankan penjahat di sebuah apartemen terbengkalai yang dihuni oleh gembong narkoba dan pembunuh berbahaya. THE RAID memiliki 2 seri, film pertama adalah THE RAID: REDEMPTION  (2011) dan THE RAID 2: BERANDAL (2014).

2. MERANTAU

Masih dengan Iko UwaisMERANTAU adalah film aksi laga yang dibintanginya. Film ini dirilis pada 6 Agustus 2009 dengan sutradara andalan Gareth Evans. Dalam film ini mengusung cerita yang berlatar belakang dengan tradisi turun temurun dari suku Minangkabau bahwa anak laki-laki yang sudah menginjak usia remaja dewasa dalam suku ini harus merantau ke negeri orang. 

Iko berperan sebagai Yuda, ia adalah pendekar silat aliran Harimau asli dari Minangkabau yang harus merantau ke Jakarta, meninggalkan ibu dan udanya (abang) di kampung halaman. Saat tiba di Jakarta ia bertemu dengan pasangan kakak-adik yang akan menjadi korban human trafficking. Dimulai dengan ia ingin membantu pasangan kakak-adik tersebut, akhirnya terjadi banyak perkelahian dengan organisasi perdagangan yang dipimpin seorang Eropa. Yuda dan dua temannya harus melarikan diri dari kejaran orang-orang jahat tersebut. Seru bukan?

3. THE NIGHT COMES FOR US

THE NIGHT COMES FOR US adalah film aksi seru Indonesia original Netlfix. Film ini disutradarai oleh Timo Tjahjanto dan tayang perdana pada Fantastic Fest pada 22 September 2018, lalu tayang di Netflix pada tanggal 19 Oktober 2018. Pemeran utama dalam film ini adalah Joe Taslim dan dibarengi oleh Iko Uwais. 

Film ini bercerita tentang seorang tukang pukul bernama Ito yang diperankan oleh Joe Taslim. Ia kembali ke Jakarta untuk keluarganya setelah bekerja dalam sebuah Triad Asia Tenggara yang dikenal kejam dan sadis. Sepeninggal Ito, sindikat tersebut mengalami kekacauan di dalamnya. Sampai akhrinya terjadi pengkhianatan dan kekacauan saat Triad tersebut berencana melakukan ekspansi teritorial dan mengakibatkan peristiwa berdarah. 

4. MILE 22

MILE 22 adalah film aksi laga garapan sutradara Peter Berg dan dibintangi oleh Iko Uwais bersama aktris ternama Hollywood, seperti Mark Wahlberg, John Malkovich, Lauren Cohan, dan Ronda Rousey. Film ini tayang pada tanggal 17 Agustus 2018 dan 21 Agustus 2018 di Indonesia. Dalam film kali ini Iko ditunjuk sebagai koreografer adegan laga bersama aktor lainnya. 

MILE 22 bercerita tentang sebuah pasukan elite bernama Overwatch yang dipimpin oleh James Silva yang diperankan oleh Mark Wahlberg. Grup tersebut mendapat misi untuk membawa dengan aman seorang polisi bernama Li Noor (Iko Uwais) karena memiliki sebuah rahasia penting yang sangat sensitif tentang hilangnya pon isotop radioaktif yang berbahaya. 

5. SNAKE EYES

Film yang baru rilis di Amerika pada 23 Juli 2021 ini adalah film aksi superhero yang di sutradarai oleh Robert Schwentke. Film berdurasi 121 menit ini dibintangi oleh Henry Golding berperan sebagai Snake Eyes. Bersama aktor lainnya Andrew Koji, rsula Corbero, Samara Weaving, Haruke Abe, Takehiro Hira, dan Iko Uwais pemeran pendukung yang berperan sebagai Hard Master. 

Cerita film SNAKE EYES ini adalah membahas tentang asal-usul karakter dari Snake Eyes sendiri. Dalam cerita ini Snake Eyes berhasil menyelamatkan pewaris penting di Klan Arashikage dan akhirnya ia diberikan kesempatan untuk menjadi bagian dari klan yang selalu menjaga perdamaian selama 600 tahun tersebut. Waktu berlalu, rahasia besar masa lalu  dan identitas Snake Eyes terungkap dan memberikan masalah untuknya. Kira-kira bagaimana kelanjutan ceritanya ya, jangan sampai ngga nonton deh. 

Ditulis oleh: Ketrine Indah Permatasari 

Editor:   Editor KapanLagi.com