Bosan dengan berita itu-itu saja? Download Aplikasi Liputan6

Diadaptasi dari Video Game Horor, Ini Sinopsis Film 'PAMALI' yang Masih Melekat dengan Adat Indonesia

Editor KapanLagi.com   | Sabtu, 03 September 2022 17:11 WIB
Diadaptasi dari Video Game Horor, Ini Sinopsis Film 'PAMALI' yang Masih Melekat dengan Adat Indonesia
Film 'PAMALI' (Credit Photo: instagram.com/pamalimovie)

Kapanlagi.com - Lyto Pictures merilis film terbaru dengan genre horor yang akan segera tayang pada 6 Oktober 2022 di bioskop. Film ini ditulis oleh Evelyn Afnilia dan disutradarai oleh Bobby Prasetyo dengan judul PAMALI.

Keunikan film ini yaitu diangkat dari suatu video game horor buatan anak bangsa PAMALI: Indonesian Folklore Horror yang sebelumnya sudah dirilis oleh StoryTale Studios pada tahun 2018.

Film PAMALI sangat kental dengan unsur mitos dan adat yang masih dipercaya oleh sebagian orang Indonesia. Sejumlah aktor dan aktris bintangi PAMALI. Ada Marthino Lio sebagai Jaka Sunarya, Putri Ayudya sebagai Rika Retnosari, Taskya Namya sebagai Nenden Sunarya, Unique Priscilla sebagai Lilis, Rukman Rosadi sebagai Dadang Sunarya, dan Fajar Nugra sebagai Cecep.

Now that you are AWAKE, it's time for you to wake right now!

Awake

Yuk simak sinopsis dari film PAMALI di bawah ini!

1. Diangkat dari Kepercayaan Adat Indonesia

Gambar

Film PAMALI merupakan film dengan genre horor yang mengangkat unsur kepercayaan dan adat yang biasanya sebagian masyarakat Indonesia percaya hingga saat ini.

Konon, jika dilakukan maka akan menimbulkan kesialan atau malapetaka. Seperti yang diketahui bahwa banyak sekali pantangan-pantangan yang dianggap tabu di Indonesia dengan berbagai sebutan berbeda di setiap daerahnya.

Kata Pamali adalah bahasa Sunda yang berarti sesuatu hal yang tidak boleh dilanggar dengan tujuan agar dapat lebih waspada dan berhati-hati jika melakukan suatu hal di tempat atau waktu yang tidak diperkenankan.

Seperti contohnya dalam film PAMALI ini ada beberapa pantangan atau pamali yang sering kita dengar. Yang pertama, tidak boleh menggunting rambut ataupun bersiul pada malam hari karena katanya akan didatangi oleh sosok makhluk halus yang merasa terganggu.

Selain itu, jika memotong rambut saat kondisi sedang hamil dapat membuat orang terdekat akan celaka. Lalu pamali yang kedua saat menggunting kuku pada malam hari maka akan ada yang meninggal.

Pamali yang ketiga, bisa jadi KLovers sering dengar jika sedang foto bertiga maka orang yang berada di posisi tengah akan meninggal terlebih dahulu. Bagi masyarakat Indonesia pasti sudah tidak asing dengan berbagai larangan atau pamali di atas.

2. Sinopsis PAMALI

Gambar

Menceritakan awal mula Jaka Sunarya (Marthino Lio) baru saja di PHK sehingga dirinya sudah tidak mempunyai pekerjaan lagi. Di satu sisi istrinya yang bernama Rika Retnosari (Putri Ayudya) sedang hamil. Sehingga Jaka harus memikirkan cara agar dapat bertahan hidup di tengah kondisi keuangan yang sedang sulit.

Lalu Jaka dan Rika mencoba untuk mencari jalan keluar, dan mereka sepakat untuk menjual rumah peninggalan dari orang tua Jaka. Tetapi karena rumah tua tersebut sudah lama tidak ditempati, sehingga kondisinya perlu banyak yang diperbaiki dan dibersihkan sebelum dapat dijual dengan layak.

Masalah dimulai saat Jaka dan Rika mencoba untuk membersihkan rumah tersebut. Mereka berdua tidak sengaja melanggar larangan atau pantangan yang sudah menjadi suatu tradisi yang ada pada kampung tersebut. Ditambah lagi kondisi Rika yang sedang mengandung, dirinya malah memotong kuku dan rambut pada malam hari.

Karena perbuatan mereka berdua itu, mereka harus menghadapi sosok makhluk halus tak kasat mata yang mencoba mengancam keselamatan mereka. Apakah mereka berdua dapat bertahan hidup dan melawan keberadaan makhluk halus tersebut? Saksikan film PAMALI di bioskop tanggal 6 Oktober 2022.

3. Simak Teaser Trailernya!

Ditulis oleh Putriku Aishwarya Ravelia.

Editor:   Editor KapanLagi.com