Diadaptasi Dari Series Amerika, 'PRETTY LITTLE LIARS' Versi Indonesia Sukses Menangkan Berbagai Penghargaan

Editor KapanLagi.com   | Kamis, 02 September 2021 22:07 WIB
Diadaptasi Dari Series Amerika, 'PRETTY LITTLE LIARS' Versi Indonesia Sukses Menangkan Berbagai Penghargaan
PLL (Credit: Instagram.com/pllindonesia)

Kapanlagi.com - PRETTY LITTLE LIARS yang sempat booming di Amerika pada 2010 silam telah diremake versi Indonesia. Awal mula PRETTY LITTLE LIARS ini merupakan adaptasi dari novel Pretty Little Liars karya Sara Shepard, yang terjual laris di pasar Amerika. Atas kesuksesan novel tersebut, Marlene King bekerja keras bersama ABC Family (channel televisi Amerika) untuk membuat novel ini menjadi series dan dapat menggaet banyak penonton. Bukti keberhasilan series ini di Amerika karena telah menyuguhkan tiga series baru, di antaranya RAVENSWOOD, PRETTY LITTLE LIARS: THE PERFECTIONISTS, dan PRETTY LITTLE LIARS: ORIGINAL SIN. Ketiga series itu dirilis secara berturut dari tahun 2010 hingga 2017, tak heran series ini dinobatkan sebagai 'The Most Social TV Show in Television History' di Amerika karena telah mendapatkan lebih dari 256 juta engagement di media sosial pada 2016 lalu.

Atas kesuksesan series itu di Amerika, sutradara terkenal Indonesia, Emil Heradi, memberanikan diri untuk meremake series tersebut dengan menggandeng Viu Indonesia, Warner Bros International serta Television Production guna bekerja sama. Menariknya, PRETTY LITTLE LIARS versi Indonesia ini berlatar tempat di Bali, sehingga penonton yang menyaksikan dapat mereasakan suasana yang berbeda dari cerita ini. Yang tak kalah hebat adalah series versi Indonesia ini telah ditayangkan di 17 negara di benua Asia dan Afrika melalui platform online VIU. 

Berbeda dengan series aslinya yang dibuat hingga tiga sequel, PRETTY LITTLE LIARS versi Indonesia hanya menyuguhkan 10 episode saja. Walaupun demikian, sang sutradara bekerja begitu keras agar series ini terlihat sama dengan aslinya. Namun, ada beberapa part yang dihilangkan karena harus mengikuti budaya di Asia, khususnya Indonesia. Hal tersebut justru mendapat banyak pujian oleh para penonton karena dirasa menghargai culture yang ada di Indonesia.

Setting lokasi pada series ini berada di kota fiksi bernama Amerta yang berada di Bali, Indonesia. Tujuan dipilihnya Bali menjadi setting lokasi utama pada series ini guna mendapatkan suasana baru. Pasalnya, kebanyakan series atau film Indonesia kebanyakan berlatar di Jawa khususnya Jawa Barat dan sekitarnya. Dengan keputusan tersebut, sang sutradara menginginkan untuk memperlihatkan keindahan pantai, bukit, dan pegunungan yang ada di Bali tersorot oleh kamera. Sehingga para penonton yang menyaksikan akan dibuat takjub akan keindahan pemandangan di Bali serta suasana fresh sekaligus natural yang tidak akan bisa dirasakan di kota lain.

Penasaran dengan berbagai informasi menarik seputar PRETTY LITTLE LIARS versi Indonesia? Simak dalam ulasan berikut

1. Bertabur Aktris Muda

PRETTY LITTLE LIARS versi Indonesia ini bisa dibilang comeback dari para aktris muda Indonesia. Bagaimana tidak, series ini menggandeng nama Yuki Kato, Anya Geraldine, Eyka Farhana, Valerie Thomas, dan Shindy Huang. Kelima wanita cantik tersebut harus beradu akting bersama sebagai sahabat dengan memiliki karakter yang berbeda. Kelimanya dituntut untuk mendalami karakter yang mereka perankan agar para penonton dapat merasakan chemistry antar persahabatan itu.

Yuki Kato memerankan Alissa Gabriella, sosok wanita yang mengetahui seluruh rahasia keempat sahabatnya, namun keempat sahabat mereka tidak ada yang mengetahui rahasia yang dimiliki oleh Alissa. Anya Geraldine berperan sebagai Hana, salah satu wanita yang sering diejek oleh Alissa akibat kelebihan berat badan. Kemudian Eyka Farhana yang berperan sebagai Ema yang merupakan wanita keturunan Malaysia yang hidup di keluarga yang religius. Lalu, Valarie Thomas sebagai Sabrina yang merupakan wanita paling cerdas di antara sahabatnya, serta satu-satunya sahabat yang berani melawan Alissa. Yang terakhir ada Shindy Huang yang berperan sebagai Aria, Aria begitu berbeda dari teman-temannya karena memiliki gaya fashion paling nyentrik.

Tak hanya bertabur dengan para aktris muda, namun ada juga beberapa aktris dan aktor lain yang turut membintangi series ini. Seperti aktris senior Wulan Guritno berperan sebagai Amira ibu dari Hana yang sangat menyayangi Hana, akibat kenakalan Hana yang pernah mencuri di toko baju, Amira harus menanggung kesalahan Hana dengan menjalin hubungan dengan anggota polisi guna mencegah Hana masuk penjara. Kemudian, Tara Budiman sebagai Eric, seseorang yang ditemui Aria yang baru saja kembali ke Amerta yang kemudian keduanya saling jatuh cinta. Naufal Samudra sebagai Mahesa, pria bertato yang menyukai Ema dan orang baru yang menempati rumah Alissa.

2. Jalan Cerita

PRETTY LITTLE LIARS mengisahkan tentang empat mahasiswi yang persahabatannya semakin retak ketika Alissa, sosok wanita yang paling berpengaruh di persahabatan ini, telah menghilang secara misterius. Satu tahun berselang, Hana, Ema, Sabrina, dan Aria kembali berteman, di saat itu juga masing-masing dari mereka menerima pesan misterius dengan menggunakan inisial 'A' di akhir pesan. Isi dari pesan tersebut adalah sebuah ancaman yang akan membuat rahasia gelap yang dimiliki oleh keempat sahabat Allisa.

Keempat wanita itu sama-sama memberitahu jika mereka telah diteror oleh si ‘A' sehingga mereka berempat membuat rencana untuk membongkar sosok di balik inisial ‘A' yang telah mengancam hidup mereka. Namun, di balik misi tersebut, akan ada konflik antar keluarga dan konflik batin yang harus dilewati oleh keempat wanita muda itu. Walaupun terdengar berbelit jika hanya membaca sinopsis singkat ini, namun penonton akan dijamin ketagihan jika menyaksikan sendiri.

3. Berhasil Menyabet Penghargaan Tingkat Asia

Menjadi suatu kebanggan tersendiri bagi Indonesia atas keberhasilan series adaptasi dari Amerika ini. Pasalnya, web series PRETTY LITTLE LIARS versi Indonesia telah masuk ke dalam beberapa nominasi di ajang penghargaan yang diadakan di tingkat Asia. Ada tiga nominasi yang dimenangkan oleh series ini. Pada ajang penghargaan Content Asia Awards 2020, PLL membawa piala dari kategori Serial TV Adaptasi Terbaik di Asia. Kemudian pada ajang penghargaan Asian Academy Creative Awards 2020, PLL menyabet piala penghargaan lagi dari kategori Program Adaptasi Terbaik. Tidak berhenti di sana, PLL kembali membawa pulang piala pada ajang Penghargaan Televisi Asia ke-25 untuk kategori Program Adaptasi Terbaik lagi.

Berkat kesuksesan series adaptasi ini, para bintang PLL versi Indonesia juga menorehkan penghargaan atas peran yang telah mereka mainkan. Seperti Eyka Farhana yang telah berhasil menyabet penghargaan di ajang Asian Academy Creative Awards 2020 dari kategori Best Actress in a Leading Role dan Mulan Guritno dari kategori Best Actress in a Supporting Role. Serta Jennifer Coppen sang pengisi lagu di PLL memenangkan kategori Best Theme Song – Secret.

4. PRETTY LITTLE LIARS Versi Indonesia Season 2

PRETTY LITTLE LIARS Indonesia season 2 akan segera hadir untuk menyambung cerita dari PLL pertama. Diketahui dari salah satu pemain sekaligus selebgram Indonesia, Anya Geraldine telah mengunggah sebuah foto melalui akun Instagramnya bahwa ia sedang melakukan proses syuting PLL. Namun, dengan adanya pandemi COVID-19 di seluruh dunia, akan ada perubahan pemain dalam sequel kedua ini. Sangat disayangkan karena Eyka Farhana salah satu pemain dari Malaysia harus mundur dalam pengambilan gambar yang telah dimulai pada 25 Juni 2021 lalu. Karena keadaan yang mengharuskan untuk karantina sebelum melakukan proses syuting dan ia juga harus membintangi serial di Malaysia, sehingga ia harus membatalkan kontraknya pada PLL Indonesia season 2.

Jangan bersedih atas ketidakhadiran Eyka Farhana, kemungkinan akan ada pemeran pengganti aktris asal Malaysia itu yang telah disiapkan oleh sang sutradara. Namun, belum diketahui apakah posisi Eyka Farhana akan tergantikan oleh aktris lain atau dibiarkan saja tanpa ada pengganti Eyka. Mari kita tunggu kejutan-kejutan yang akan dihadirkan oleh sang sutradara dalam PRETTY LITTLE LIARS Indonesia season 2.

Editor:   Editor KapanLagi.com