Dikritik Pilih Aktor Itu-Itu Saja, Begini Jawaban Joko Anwar

Rezka Aulia | Jum'at, 13 September 2019 18:42 WIB
Dikritik Pilih Aktor Itu-Itu Saja, Begini Jawaban Joko Anwar

Kapanlagi.com - Film-film yang ditulis atau diarahkan Joko Anwar hampir selalu dapat sambutan istimewa. Sebut saja PENGABDI SETAN, GUNDALA dan PEREMPUAN TANAH JAHANAM yang akan segera tayang. Di ketiga film itu akting dari Tara Basro, hal ini pun jadi kritik sendiri oleh Tompi dan Glenn Fredly untuk Joko Anwar.

"Kenapa sih Jok, lo selalu menggunakan pemeran yang familiar sama lo?" tanya Tompi pada Joko dalam wawancara di kanal youtube Narasi Talks.

1 dari 3 halaman

1. Beri Peluang Pemain Baru

Beri Peluang Pemain Baru © Narasi Talk
"Ada beberapa pemain yang selalu gue ajak karena ketika gue nulis, gue (udah) tau ini buat dia nih," jawab Joko Anwar.

Meski demikian, Joko Anwar tak memutus peluang bagi talenta baru. Pria asal medan ini mengaku selalu memberi porsi untuk pemain baru. Bahkan Joko Anwar mengaku turun langsung dalam proses casting.

"Tapi dalam syuting film biasanya gue ambil orang baru juga, bisa 50% atau lebih. Di PEREMPUAN TANAH JAHANAM banyak orang daerah setempat yang gue casting dan lulus. Beberapa di antaranya ada yang guru agama, driver ojek online, bidan dan tukang pijet. Mereka jadi pemeran pembantu yang besar perannya," lanjutnya.

2 dari 3 halaman

2. Turun Langsung Casting

"Kita datang ke kota mereka dan bikin casting, ke Banyuwangi, Lumajang dan Ijen. Gue datang sendiri ke sana, diblast pengumumannya dan gue sendiri yang casting," tambahnya.

Pernyataan Joko Anwar itu membuat Tompi dan Glenn takjub. "Oh lo jemput bola ya, ini namanya angin segar, dia mengubah cara," pungkas Tompi.

3 dari 3 halaman

(kpl/rna)


Editor:  

Rezka Aulia

↑