Diluncurkan Secara Global, Apakah Netflix Bisa Dominasi Asia?

Sanjaya Ferryanto | 08 Januari 2016, 19:52 WIB
Diluncurkan Secara Global, Apakah Netflix Bisa Dominasi Asia?

Kapanlagi.com - Agak terlalu awal jika membicarakan apakah Netflix bisa menguasai benua Asia, karena ada banyak faktor dan variabel yang menentukan kesuksesan Netflix di sini. Salah satu faktor yang berperan adalah harga.

Netflix mau tak mau harus menurunkan harga mereka di negara-negara yang sedang berkembang. Tapi itu masih masalah pertama. Untuk bisa memenangkan hati penonton, harus ada konten lokal di dalamnya.

Itu artinya, Netflix harus berusaha menyediakan konten-konten film Bollywood jika ingin memenangkan hati penonton India. Begitu pula dengan negara lainnya, konten lokal yang menjadi kunci utamanya.

Salah Satu Plan dari Netflix Indonesia © NetflixSalah Satu Plan dari Netflix Indonesia © Netflix

Lebih baik lagi jika Netflix bisa memproduksi serialnya sendiri untuk pasar Asia. Strategi ini mirip dengan yang dilakukan oleh HBO, memproduksi serial Halfworlds yang pemerannya adalah aktor dari Indonesia dan juga Malaysia.

Sebenarnya, untuk strategi terakhir ini, Netflix sudah memulainya dengan sekuel dari Crouching Tiger, Hidden Dragon. Serial ini menampilkan aktor Donnie Yen dan juga Michelle Yeoh.

Pada akhirnya, perilisan global ini hanyalah suatu permulaan dari tantangan yang besar. Jika Netflix bisa menaklukan tantangan tersebut, tentu saja penonton Asia akan mulai beralih mendaftar plan dari Netflix.

(tec/frs)

Editor:   Sanjaya Ferryanto