Bosan dengan berita itu-itu saja? Download Aplikasi Liputan6

Disebut Bayar Honor Pemain Extras Hanya 75 Ribu, Begini Klarifikasi Awi Suryadi Sutradara 'KKN DI DESA PENARI'

Sabtu, 21 Mei 2022 13:01 WIB
Disebut Bayar Honor Pemain Extras Hanya 75 Ribu, Begini Klarifikasi Awi Suryadi Sutradara 'KKN DI DESA PENARI'
Awi Suryadi - Adinda Thomas - Calvin Jeremy ©instagram.com/awisuryadi

Kapanlagi.com - Di tengah kesuksesan KKN DI DESA PENARI yang berhasil menjadi film Indonesia terlaris sepanjang masa, beredar kabar tak sedap terkait honor yang diterima oleh pemain extras. Salah satu media daring mewartakan pengakuan pemeran hantu di adegan ending yang hanya dibayar Rp 75.000.

Ramai-ramai tersebut rupanya sudah sampai kepada Awi Suryadi selaku sutradara. Ia memang tidak tahu berapa honor para pemain. Namun setelah bertanya pada tim casting, honor yang dibayarkan terungkap tidak sejumlah tersebut.

"Mengenai bayaran pemain, saya sebagai sutradara tidak mengetahui bayaran Tissa Biani berapa, Megantara berapa, extras berapa. Cuma saya langsung konfirmasi ke bagian casting dan mereka memastikan yang keluar dari kita tidak segitu jumlahnya," kata Awi Suryadi saat sesi Zoom Festival Film Wartawan Indonesia (FFWI), Jumat (20/5).

1. Gunakan Jasa Agensi Lokal

Gambar

Berdasar keterangan bagian casting, budget yang dikeluarkan MD Pictures untuk figuran lebih dari yang beredar. Namun ketika nominal yang didapat pemain berbeda, diduga lantaran telah mendapat potongan dari agensi lokal yang diajak bekerja sama.

"Karena bekerja sama dengan agensi lokal sana, tentu ada potongan oleh agensi lokal tersebut. Potongan berapa tidak tahu," imbuh Awi Suryadi.

2. Soal Isu Tak Boleh Hapus Make Up

Selain soal honor yang hanya Rp 75.000, extras tersebut mengatakan selama 24 jam tidak boleh menghapus make up seram. Awi Suryadi pun memberikan klarifikasinya kembali.

"Tidak betul bahwa mereka (extras) tidak boleh menghapus make up selama 24 jam. Karena saya ingat itu syuting hari terakhir, mereka dikontak jam sepuluh pagi, kita syuting selesai jam sepuluh malam. Jadi total 12 jam. Nggak mungkin lah nggak boleh hapus make up selama 24 jam," tegas sutradara berkacamata ini.

3. Film Indonesia Terlaris

Pada hari penayangan kedua puluh (19/5) KKN DI DESA PENARI telah resmi menjadi film terlaris sepanjang masa. Film adaptasi utas Twitter itu berhasil menjual tujuh juta tiket.

Angka tujuh juta ini melewati raihan yang didapatkan oleh WARKOP DKI REBORN: JANGKRIK BOSS PART I. Selama lima tahun film tersebut ada di posisi terlaris dengan catatan 6,8 juta tiket terjual.