DUA GARIS BIRU dan Daftar Film yang Berkisah Tentang Hamil di Luar Nikah

Dhimas Nugraha | Kamis, 11 Juli 2019 20:05 WIB
DUA GARIS BIRU dan Daftar Film yang Berkisah Tentang Hamil di Luar Nikah

Kapanlagi.com - Seks bebas hingga hamil di luar nikah, saat ini bukanlah hal yang sangat banyak ditemukan di kehidupan remaja, khususnya di Indonesia. Tak sedikit kasus tentang para remaja hamil muda tanpa status pernikahan muncul di permukaan.

Bahkan, hal tersebut pun juga sudah cukup banyak diangkat ke dalam cerita film. Khususnya di tanah air, ada beberapa film yang memang sengaja mengambil tema tentang seks bebas dan hamil di luar nikah. Dengan harapan pesan dan nilai dalam film bisa tersampaikan.

Pesan-pesan moral yang dibawa oleh sebuah film pun juga cukup menarik. Seperti film yang sempat ramai sebelumnya, DUA GARIS BIRU yang sempat dipetisi karena dinyatakan tidak layak tonton oleh beberapa pihak, nyatanya memiliki pesan yang sangat dalam.

Nah, berikut ini adalah deretan film-film Indonesia dengan tema yang berkisah tentang hamil di luar nikah. Simak yuk!

 

 

1 dari 8 halaman

1. Dua Garis Biru

Dua Garis Biru Poster film Dua Garis Biru credit: nstagram.com/duagarisbirufilm
DUA GARIS BIRU, menceritakan seorang pasangan remaja SMA yang harus merelakan masa depannya karena hamil di luar nikah. Film yang dibintangi oleh Angga Yunanda dan Zara JKT48sebenarnya memiliki pesan yang cukup dalam.

Bukan hanya tentang seks bebas oleh remaja, namun di film ini lebih ingin menyampaikan bagaimana dampak seks bebas kepada remaja. Harus rela berhenti sekolah, bekerja di usia muda demi menghidupi istri dan anak, apalagi kondisi kandungan wanita yang berusia muda cukup beresiko untuk melahirkan.

Namun, film yang mengangkat sex education ini sempat diboikot dan tak layak tayang di bioskop. Karena hal ini mungkin dianggap tabu oleh sebagian orang. Meski sempat mundur, film ini akhirnya bisa dinikmati penonton di bioskop tanggal 11 Juli 2019.

2 dari 8 halaman

2. Belum Cukup Umur

Belum Cukup Umur Poster film Belum Cukup Umur ©istimewa
Sebelum ada film DUA GARIS BIRU sebelumnya juga ada film dengan tema yang sama, yaitu BELUM CUKUP UMUR. Film yang diperankan oleh Joanna Alexandra dan Zidni Adam Jawas ini menceritakan tentang tiga sahabat di SMA, yaitu Ares, Aya, dan Brenda.

Dua dari sahabat tersebut akhirnya menjalin hubungan asmara. Aya yang berpacaran dengan Ares tersebut akhirnya hamil. Dan mendengar hal tersebut, Brenda marah besar. Dan di sinilah timbul konflik dari ketiganya.

Film ini disutradarai oleh Nayato Fio Nuala dan dirilis pada bulan Maret 2010 silam.

 

3 dari 8 halaman

3. MBA (Married by Accident)

MBA (Married by Accident) Poster MBA (Married by Accident) ©istimewa
Film MBA (MARRIED BY ACCIDENT) dirilis pada tahun 2008. Film ini juga menceritakan tentang hamil di luar nikah. Film ini dibintangi antara lain oleh Nikita Willy, Marcell Darwin, Ikang Fawzi, Marini Zumarnis, Rizki Putra, Debby Ayu, Leonil Tikoalu, dan Tino Saroengallo.

Menceritakan tentang sepasang remaja yang terjerumus dalam masalah seks bebas. Mereka terdoktrin oleh teman-temannya untuk harus berhubungan seksual apabila sudah lama pacaran.

Ketika sudah melakukannya, sang wanita hamil. Semua cita-cita dan masa depan yang masih jauh terbentang harus hancur karena masalah kehamilan di luar nikah.

4 dari 8 halaman

4. Claudia/Jasmine

Claudia/Jasmine Poster Claudia/Jasmin credit: imdb
CLAUDIA/JASMINE merupakan sebuah film Indonesia yang dirilis pada tahun 2008. Film produksi Nation Pictures ini disutradarai oleh Awi Suryadi dan dibintangi antara lain oleh Kinaryosih, Kirana Larasati, Andhika Pratama, dan Nino Fernandez. Tayang perdananya pada 21 Februari 2008.

Film ini menceritakan tentang perjalanan mencari cinta seorang perempuan bernama Claudia. Ia percaya bahwa pengertian tentang cinta itu adalah menunggu. Dan akhirnya ia bertemu dengan seorang pria bernama Tody.

Keduanya akhirnya menjalin hubungan asmara. Bahkan, hubungan mereka semakin intim, hingga akhinya Claudia harus hamil sebelum menikah dengan Tody.

5 dari 8 halaman

5. Satu Jam Saja

Satu Jam Saja Poster film Satu Jam Saja ©istimewa
SATU JAM SAJA adalah film drama Indonesia yang dirilis pada tanggal 7 Oktober 2010. Film ini disutradarai oleh Ario Rubbik dan dibintangi oleh Vino G. Bastian, Revalina S. Temat dan Andhika Pratama sebagai pemeran utama.

Andika (Vino G. Bastian), Gadis (Revalina S. Temat) dan Hans (Andhika Pratama). Mereka adalah sahabat sejati dan berjanji untuk saling menjaga satu sama lain, tetapi tidak saling mencintai.

Namun, cerita akhirnya berubah setelah Andika harus pergi sekolah di Jerman. Mengetahui hal tersebut, Hans dan Gadis ingin menemui Andika. Tapi kendaraan mereka rusak. Di tengah perjalanan dan hujan deras, Hans akhirnya melakukan perbuatan yang terkutuk kepada Gadis.

Diketahui, Gadis tengah hamil duluan, hingga akhirnya menikah dengan Hans. Dan mereka harus menyembunyikan pernikahan mereka ini dari Andika.

6 dari 8 halaman

6. Salawaku

Salawaku Poster film Salawaku credit: imdb.com
SALAWAKU adalah film drama Indonesia, bergenre road movie, yang berlatar belakang Maluku, tepatnya Pulau Seram Bagian Barat dan merupakan film tentang pencarian.

Disutradarai oleh Pritagita Arianegara. Diproduksi oleh Kamala Film. Akan dirilis pada 2016. Dibintangi oleh Karina Salim, Raihaanun, JFlow, Shafira Umm, Elko Kastanya.

Film ini bercerita tentang seorang anak bernama Salawaku yang tengah mencari kakaknya, Binaiya. Binaiya yang harus meninggalkan kampungnya karena hamil di luar nikah dengan anak kepala adat, adalah aib bagi keluarga.

Dalam perjalanannya, Salawaku bertemu dengan Saras yang saat itu terdampar. Dan akhirnya mereka melanjutkan perjalanan berdua. Film ini memiliki banyak pesan moral. Seperti bagaimana hamil di luar nikah adalah aib dan sangat tidak dikehendaki di dalam adat istiadat sebuah suku.

 

7 dari 8 halaman

7. Warkop DKI: Mana Tahaaan

Warkop DKI: Mana Tahaaan Poster film Mana Tahaaan credit: wikipedia
MANA TAHAAAN adalah film warkop yang diproduksi pada tahun 1976. Dibintangi oleh grup Warkop, serta dibintangi antara lain oleh Elvy Sukaesih, Rahayu Effendi dan Kusno Sudjarwadi.

Mengisahkan tentang empat mahasiswa yang tinggal di sebuah kost-kostan. Dua dari empat sahabat tersebut menyukai pembantu rumah tangga yang diperankan oleh Elvy Sukaesih.

Namun pada suatu hari, sang pembantu tersebut diketahui hamil, dan membuat Tante Mira (Rahayu Effendi) geram, tapi tidak ada satupun yang mengakui. Namun setelah diselidiki lebih lanjut, akhirnya diketahuilah bahwa pacar majikannyalah (Kusno Sudjarwadi) yang menghamili sang pembantu.

 

8 dari 8 halaman

8. Tiga Dara

Tiga Dara Poster film Tiga Dara credit: wikipedia
TIGA DARA adalah sebuah film komedi musikal berbahasa Indonesia tahun 1956 yang dibintangi oleh Chitra Dewi, Mieke Wijaya, dan Indriati Iskak. Disutradarai oleh Usmar Ismail untuk Perfini.

Film ini menceritakan kisah cinta tiga saudari yang cukup rumit. Nunung, Nana, dan Nenny yang oleh neneknya diminta untuk segera menikah. Nunung, saudara tertua saat itu tak memiliki kekasih sempat kebingungan mencari jodoh.

Hingga akhirnya, Nunung tinggal bersama pamannya, dan di sana ia bertemu Joni. Di sisi lain, Nana yang dekat dengan Toto menyatakan cintanya ke Nunung, yang dibalas dengan sinis. Bahkan, Nunung pun mengaku setiap malam tidur seranjang dengan Doni.

Di lain pihak, Nenny putri termuda dari tiga saudari ini mengaku kepada neneknya telah hamil duluan sebelum menikah dengan kekasihnya.

(kpl/DIM)


Editor:  

Dhimas Nugraha

↑