Bosan dengan berita itu-itu saja? Download Aplikasi Liputan6

Fakta-Fakta Menarik Film Animasi 'Battle Of Surabaya', Sebuah Hasil Karya Indonesia yang Sangat Luar Biasa

Editor KapanLagi.com   | Kamis, 15 September 2022 10:00 WIB
Fakta-Fakta Menarik Film Animasi 'Battle Of Surabaya', Sebuah Hasil Karya Indonesia yang Sangat Luar Biasa
Credit info: Profil film Battle of Surabaya/Instagram Battleofurabayathemovie/Screenshoot

Kapanlagi.com - Artikel ini ditulis oleh Bujur Ita Purnamasari

Film Battle of Surabaya adalah salah satu film animasi yang wajib kalian tonton untuk memperingati atau menjelang peringatan hari Pahlawan pada 10 November. 

Film animasi ini disutradarai oleh Aryanto Yuniawan, seorang pria kelahiran Magelang yang diproduksi oleh rumah MSV Pictures. Film animasi Battle of Surabaya adalah film animasi 2D dan bergenre drama, aksi, dan sejarah Indonesia. Film animasi ini sudah dirilis pada 20 Agustus 2015 lalu dengan anggaran biaya yang digunakan sebanyak 15 Milliar.

Now that you are AWAKE, it's time for you to wake right now!

Awake

walaupun terkesan animasi, film Battle of Surabaya ini wajib dihargai, diapresiasi, dan didukung oleh masyarakat Indonesia untuk bisa mengenalkan sejarah Indonesia ke mata dunia. 

Berikut ada beberapa fakta-fakta menarik dari film animasi Battle of Surabaya.

1. Diadaptasi Dari Cerita Kisah Nyata

Gambar

Film animasi Battle of Surabaya pantas diberi apresiasi dan penghargaan karena film animasi ini diangkat dari cerita kisah nyata yang terjadi di Negara Indonesia, dimana ini menceritakan tentang perjuangan rakyat Indonesia dalam memerdekakan dan mempertahankan wilayahnya. 

Film ini menceritakan tentang petualangan seorang tukang semir sepatu yang menjadi kurir bagi perjuangan arek-arek suroboyo pada pertempuran 10 November 1945. Cerita dari film ini mengisahkan tentang peristiwa pertempuran yang terjadi pada 10 November 1945 silam di Surabaya. 

2. Pengisi Suaranya

Gambar

Yang tidak kalah menarik lagi dalam film animasi Battle of Surabaya ini ialah pengisi suaranya diisi oleh aktor-aktor top dan terkenal di Indonesia, dan tentunya mereka juga adalah orang-orang yang sudah profesional sebagai pengisi suara. 

Adapun pengisi suara dalam film animasi yang bertemakan pertempuran ini ialah Ian Saybani sebagai Musa, Maudy Ayunda sebagai Yumna, Reza Rahardian sebagai Danu, Tanaka Hidetoshi sebagai Tuan Yoshimura, Novie Burhan sebagai ibu Musa, Alejandro Esteban sebagai A.W.S Mallaby, Marco sebagai Abdan, dan masih banyak lagi.

3. Mendapat banyak penghargaan

Gambar

Sudah tidak diragukan lagi film animasi yang bertajuk Battle of Surabaya ini. Selain menceritakan dan mengisahkan tentang perjuangan rakyat Indonesia dalam pertempuran untuk mempertahankan wilayahnya, film ini juga sudah banyak mendapat banyak penghargaan, baik dari dalam atau luar negeri.

Inilah beberapa penghargaan yang pernah didapat oleh film animasi karya anak bangsa Indonesia yang sangat luar biasa ini. 

- Best Animation Film, European Cinematography Awards, 2018

- Nominee Best Sound Design, Amsterdam International Film Festival 2018

- Best Animation, Oniros Film Awards 2018

- Winner Best Animation, 3rd Noida International Film Festival 2016

- Nominee Animated Film in Apresiasi Film Indonesia by Art and Film Board of Ministry of Culture and Education of The Republic of Indonesia, 2012. 

- 1st Winner Indigo Fellowship Category in Film Animation, by PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk 2012. 

Gak cuma itu teman-teman, masih ada banyak lagi penghargaan yang sudah diperoleh dari film animasi Battle of Surabaya. 

4. Ditayangkan di Seluruh Bioskop Tanah Air Indonesia

Gambar

Film animasi Battle of Surabaya ditayangkan secara serentak di kala itu di seluruh Indonesia setelah dirilis pada 20 Agustus 2015 lalu.

Tujuan ditayangkannya film animasi secara serentak diseluruh Indonesia untuk masyarakat dapat memperingati hari pahlawan pada 10 November 1945 dan untuk mengenang perjuangan para pahlawan yang sudah berjuang untuk bangsa ini. 

5. Diangkat Menjadi Sebuah Karya Novel

Gambar

Fakta menarik lainnya dari film animasi Battle of Surabaya ini ialah film animasi ini dibuat menjadi sebuah karya novel.

Karya Novel yang bertajuk Battle of Surabaya dikomposisi oleh beberapa orang hebat yang terlibat di dalamnya seperti Aryanto Yuniawan sebagai penulis dari novel dan cerita tersebut dan Damar Sasongko sebagai penyunting dari cerita tersebut. 

6. Simak videonya!

Editor:   Editor KapanLagi.com