FFA Efektif Jadi Sarana Promosi Kebudayaan

Darmadi Sasongko | 11 November 2011, 11:08 WIB
FFA Efektif Jadi Sarana Promosi Kebudayaan
Kapanlagi.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Marie Elka Pangestu mengatakan Festival Film Asean akan efektif menjadi sarana promosi kebudayaan, termasuk menjual dan memperkenalkan lokasi syuting film baik bagi anggota Asean maupun pemangku kepentingan film internasional.

"Beberapa negara Asean sudah lama dijadikan sebagai lokasi syuting film box office dunia. Indonesia kini juga sedang dilirik oleh beberapa produser asing," kata Marie Elka Pangestu

Ajang Festival Film Asean atau Asean Film Festival (AFF) 2011 akan digelar pada 16-17 November di Bali dengan mengusung tema Asean: The Global Film Connection. Tiga agenda utama even tersebut meliputi pemutaran 10 film pilihan dari masing-masing negara anggota ASEAN, seminar yang membahas isu perfilman lingkup ASEAN, dan resepsi red carpet dan gala dinner.

Pemutaran film akan dilakukan di Studio 21 Galleria, Kuta, sementara seminar akan menghadirkan Sekjen Asean Surin Pitsuwan, Menparekraf Mari Pangestu, mantan Vice President Universal Studios Donna Smith dan sejumlah pakar perfilman dari negara Asean.

Dalam AFF akan diputar film-film di antaranya Eternity karya sutradara M.L. Pundhevanop Dhewakul (Film Terbaik Thailand National Film Awards 2011), Emil karya sutradara Filipina (Film Terbaik Film Academy of Philippines, 2011), dan Buhohan karya sutradara Dain Said, film Malaysia yang paling banyak di ekspor ke mancanegara dan baru saja diputar di Toronto International Film Festival 2011.

Indonesia sendiri akan diwakili oleh film berjudul Di Bawah Lindungan Ka`bah karya sutradara Hanny R. Saputra yang mewakili Indonesia dalam seleksi Academy Awards 2011 kategori Film Bahasa Asing Terbaik.

Marie menyatakan ingin memperluas kerja sama dan berbagi informasi karena Indonesia memiliki potensi yang besar untuk dijadikan sebagai negara tujuan lokasi syuting. Usaha itu perlu dilakukan juga agar film Indonesia dapat dipromosikan lebih gencar dan pada gilirannya akan menarik wisman untuk berkunjung ke Indonesia.

Kegiatan ini digelar atas gagasan pemerintah Indonesia sebagai Ketua Asean 2011 yang didukung sepenuhnya oleh seluruh negara anggota Asean. (antara/dar)

Editor:  

Darmadi Sasongko