FFI 2011 Janjikan Penilaian Lebih Independen

Arai Amelya | 30 November 2011, 18:45 WIB
FFI 2011 Janjikan Penilaian Lebih Independen
Kapanlagi.com - Berbeda dengan penyelenggaraan sebelumnya, kali ini FFI 2011 terdiri dari penghargaan Piala Vidia yang diserahkan tanggal 6 Desember untuk insan TV dan Piala Citra yang diserahkan pada 10 Desember untuk film bioskop.

Banyaknya nominasi, membuat acara yang ditayangkan langsung di RCTI ini akan dipisah, karena setiap penganugerahan akan membutuhkan waktu sekitar 3 jam. Dan khusus film terbaik, nominasi akan diumumkan persis di malam penganugerahan seperti sebelumnya kerena sistem penjuriannya berbeda.

"Pengemasan acara ini sama-sama memperlihatkan penghargaan khusus pada karya atau prestasi sineas kita. FFI tahun ini adalah titik balik agar ke depan lebih baik. Kalau Piala Vidia kan berhenti tahun 96, padahal pencapaiannya juga gak kalah sama film bioskop," ungkap ketua panitia FFI 2011, Abduh Aziz.

Ditemui di perskon malam anugerah FFI 2011 di FX Mall, Senayan, Jakarta Selatan, Rabu (30/11), Aziz mengaku bahwa jika selama ini acara penghargaan dinilai oleh TV, tahun ini FFI lebih independen.

"Perubahan penting tahun ini adalah mengembalikan estetika penjurian pada pekerja film dan generasi muda pasca KULDESAK. Mereka lebih mendominasi penjurian. Sistem komite nominasi diubah, melibatkan 21 pekerja film," tutup Totot Indrato, ketua komite nominasi Piala Vidia.  (kpl/uji/aia)

Reporter:  

Puji Puput

TOPIK TERKAIT