Bosan dengan berita itu-itu saja? Download Aplikasi Liputan6

Film Animasi 'RIKI RHINO' Tembus Pasar Internasional, Bakal Tayang di Inggris Hingga Afrika

Kamis, 28 Oktober 2021 10:10 WIB
Film Animasi 'RIKI RHINO' Tembus Pasar Internasional, Bakal Tayang di Inggris Hingga Afrika
Film animasi 'RIKI RHINO' tembus pasar internasional. (credit: Kapanlagi.com/Fikri Alfi Rosyadi)

Kapanlagi.com - RIKI RHINO menjadi salah satu film animasi yang paling diminati di tahun 2020 lalu. Kini, film yang mengisahkan karakter badak Sumatera bernama Riki ini bakal tayang di beberapa negara. Mulai dari Inggris, Amerika Latin, Afrika, Turki, dan Malaysia. Batavia Pictures selaku rumah produksi sudah melakukan perubahan di bagian sulih suara, untuk mendukung film Riki Rhino go international. Sebelumnya, Hamish Daud menjadi pengisi suara pada tokoh Rhino dalam versi Indonesia.

Kali ini, posisi suami Raisa itu digantikan oleh Jennifer Castle yang merupakan aktris jebolan RADA (Royal Academy of Dramatic Art) bersama-sama dengan aktor ternama Tom Hiddlestone. Kemudian, karakter Beni di film Rhino akan diisi oleh aktor kenamaan asal Inggris, yakni Paul Reynolds. Seorang aktor yang sudah terkenal dengan beberapa film serial TV Midsomer Murders dan Humans.

"Waktu pemilihan cast jujur tidak mudah film lokal dpt panggung dan artis dari luar. Kita beruntung film kita bertema konservasi jadi biasanya itu pemilihan artis di luar itu mereka melihat story filmnya dulu. Malo menarik ya mereka mau melakukan itu. Dari pemilihan semua ada beberapa karakter kita serahkan ke partner kita di sana, mereka present dan yang cocok ya yang saat ini kita pilih," kata Lucky, produser film Riki Rhino di Allianz Ecopark Ancol, Rabu (27/10/2021).

Film animasi 'RIKI RHINO' tembus pasar internasional. (credit: Kapanlagi.com/Fikri Alfi Rosyadi)Film animasi 'RIKI RHINO' tembus pasar internasional. (credit: Kapanlagi.com/Fikri Alfi Rosyadi)

Bagi Lucky, untuk menembus pasar Internasional tidaklah mudah. Namun karena tema yang diangkat dari film Riki Rhino tentang satwa langka, pihak dari Internasional tertarik untuk menayangkan di sejumlah negara.

"Tidak mudah film lokal ke internasional, apalagi dengan tema dengan satwa langka. Tapi, pihak Internasional lihat topik menarik dan judul menarik. Kita bicara beberapa pihak, yang deal di Eropa, Inggris, kemudian tayang di UK dan beberapa negara Eropa lain. Selain selain itu ada di Afrika di Amerika Latin, dan Turki," katanya.

"Untuk pemilihan negaranya sendiri itu sekitar enam bulan lalu ada festival di UK, kita masukin dan mereka satu-satu datang ke kita untuk nego ambil film Riki. So far yang kita dapat di UK, Afrika, Turki, Amerika Latin dan Malaysia," tambahnya.

1. Tayang Eksklusif

Gambar

Tidak hanya hadir di sejumlah negara Eropa dan Amerika Latin saja, film animasi RIKI RHINO versi International ini juga tayang secara ekslusif di video on demand (VoD), MAXstream mulai mulai 15 November 2021.

"Kami percaya, pengayaan konten kreatif anak negeri akan semakin dapat memberikan hiburan terbaik yang dapat dinikmati dimana pun dan kapan pun melalui dukungan teknologi digital terdepan," kata Vice President Digital Lifestyle Telkomsel Nirwan Lesmana.

Yang menarik lagi, gebrakan baru yang dihadirkan oleh Batavia Picture bukan hanya berhasil tembus pasar Internasional saja. Tetapi, film Riki Rhino bakal diangkat ke dalam bentuk games. Genesis Timotius yang juga produser RIKI RHINO mengatakan, selain pasar Internasional film ini bakal dihadirkan ke dalam games.

"Kita sedang develop Riki Rhino ke dalam bentuk game yang nantinya akan kita launch untuk Nintendo Switch. Untuk film terus akan kita kembangkan rencananya sampai empay film, karena rencana jangka panjang ini, untuk itu mengembangkan karakter ini ke format lain yang tidak terbatas pada format movies," kata Genesis Timotius.

2. Hadir di Dunia Nyata

Gambar

Demi mengembangkan karakter RIKI RHINO, Batavia Pictures bekerjasama dengan pihak PT. Pembangunan Jaya Ancol Tbk memberikan wadah bagi masyarakat luas untuk melihat Riki dan karakter lainnya dalam dunia nyata di Allianz Ecopark Ancol. Tempat yang dihadirkan juga cukup unik karena dikemas menjadi restoran keluarga, cafe dan camping ground yang sepenuhnya bertema RIKI RHINO.

"Di sini lah kita menyambungkan fantasi anak-anak bermain Bersama Riki Rhino tidak hanya sebatas visual, tapi juga tersedia juga merchandise-nya, dan yang kita harapkan karakter ini akan semakin melekat pada hati anak-anak Indonesia dan semoga, anak-anak seluruh dunia," kata Produser Genesis.

"Sudah menjadi impian lama Ancol yang untuk mendukung IP Local, kami sangat bangga atas kreatifitas dari team Batavia Pictures, dan tentunya dengan Riki Rhino yang mencapai dunia internasional, untuk itu kami sangat senang mewujudkan impian ini dalam bentuk tema restoran keluarga, café dan Riki Rhino Camping Ground di dalam Allianz Ecopark Ancol," tutup Teuku Sahir Syahali, selaku Direktur Utama, PT. Pembangunan Jaya Ancol Tbk.