Film Asia Berjaya di Festival Film Cannes

Erlin | 24 Mei 2004, 08:06 WIB
Film Asia Berjaya di Festival Film Cannes

Kapanlagi.com - Festival Film Cannes, Prancis, kembali membawa kejutan, Ahad (23/5). Beberapa film dan insan perfilman dari Asia mendapat penghargaan Palem Emas. Film Old Boys dari Korea Selatan meraih penghargaan terbaik dalam festival film bergengsi ini. Sutradara Park Chan-Wook menerima Palem Emas dengan bangga.

Kejutan lain adalah penghargaan Palem Emas untuk aktor terbaik yang jatuh ke tangan Yagira Yuuya. Para juri Cannes menilai aktor Jepang berusia 14 tahun ini bermain menawan dalam film Nobody Knows. Sedangkan gelar pemeran perempuan terbaik diraih oleh aktris Hongkong, Maggie Cheung, yang bermain apik dalam film Clean. Film dari Thailand yang pertama kali masuk Festival Film Cannes mampu meraih penghargaan Jury Prize. Film berjudul Tropical Malady ini digarap sutradara Thailand, Apichatpong Weerasethakul.

Festival Film Cannes juga memberi Palem Emas kepada film dokumenter berjudul Fahrenheit 9/11 yang disutradarai Michael Moore. Sejumlah kritikus film mengatakan, karya Moore meraih penghargaan lebih karena alasan politik menjelang pemilihan umum presiden Amerika Serikat, ketimbang nilai sinematografinya. Pasalnya film ini mengungkapkan teori Moore berdasarkan sejumlah penelitian bahwa di balik Peristiwa 11 September 2001 ada persekongkolan besar bermotif finansial antara Presiden George Walker Bush dan keluarga terkemuka di Arab Saudi, termasuk Usamah bin Ladin. (sct/erl)

Editor:   Erlin