Film Horor 'LAMPOR' Dibuat Berawal dari Pengalaman Seram Sutradara Saat Kecil

Sora Soraya | Jum'at, 04 Oktober 2019 09:50 WIB
Film Horor 'LAMPOR' Dibuat Berawal dari Pengalaman Seram Sutradara Saat Kecil

Kapanlagi.com - Pada akhir Oktober nanti, sutradara Guntur Soeharjanto akan merilis film barunya yang bergenre horor bertajuk LAMPOR. Awal mula pembuatan film ini ketika Guntur bercerita kepada Chand Parwez selaku produser mengenai kisah masa kecilnya.

"Saat ngedit untuk film sebelumnya, saya cerita sama Pak Parwez kisah masa kecil saya. Saya kan lahir di Temanggung, sewaktu kecil dulu saya dihantui cerita adanya Lampor. Jadi kalau udah Magrib langsung masuk rumah, nggak boleh main, kalau main digondol Lampor. Setelah cerita, Pak Parwez bilang, 'Ayo kita bikin film itu'," kata Guntur Soeharjanto ditemui usai press screening LAMPOR di Epicentrum XXI, kawasan Rasuna Said, Jakarta Selatan, Kamis (3/10).

1 dari 2 halaman

1. Mendengar Suara Lampor

Mendengar Suara Lampor Starvision
Berdasar cerita-cerita yang beredar di masyarakat, kehadiran Lampor ditandai oleh suara riuh pasukan Nyi Roro Kidul. Guntur Soeharjanto mengaku pernah mendengar suara itu sewaktu kecil.

"Lampor itu ada suaranya kayak suara pasukan. Saya pernah denger suaranya saat SMP, tapi kalau ketemu jangan sampai ya," imbuh sutradara kondang yang berada di balik film-film laris seperti AYAT-AYAT CINTA 2 dan 99 CAHAYA DI LANGIT EROPA ini.

2 dari 2 halaman

2. Bukan Sekedar Horor

Bukan Sekedar Horor Starvision
Saat akhirnya membuat film LAMPOR, Guntur Soeharjanto tak ingin asal menakuti. Salah satu hal yang menjadi concern utama adalah kekuatan cerita dari horor garapannya.

"Saya bilang ke Pak Parwez, 'Kalau horor yang sekadar nakut-nakutin mending nggak usah dibikin'. Akhirnya dibuat cerita yang kuat oleh Alim Sudio. Banyak versi tentang Lampor ini, tapi terima kasih Pak Parwez sudah memberi saya kesempatan untuk menginterpretasikannya," tutupnya.

 

 

(kpl/abs/sry)


Reporter:  

Adi Abbas Nugroho

↑