Film 'SELESAI' Disebut Seksis Jadi Trending Topic, Begini Respons Tompi Sebagai Sutradara

Wulan Noviarina Anggraini   | Jum'at, 20 Agustus 2021 16:59 WIB
Film 'SELESAI' Disebut Seksis Jadi Trending Topic, Begini Respons Tompi Sebagai Sutradara
Tompi © KapanLagi.com/Bayu Herdianto

Kapanlagi.com - Kamis malam kemarin (19/8/2021) Tompi terlibat dalam sebuah diskusi mengenai film barunya bertajuk SELESAI di Twitter. Salah satu tanggapan untuk penanya yang menyebut karyanya seksis pun menuai pro kontra hingga nama musisi tersebut menjadi trending topic.

Saat dihubungi oleh KapanLagi.com, Tompi mengungkap belum melihat dampak dari statement-nya. Namun, ia menjelaskan bila apa yang tersaji pada adegan bukanlah seksis. Melainkan cerminan bahwa hal yang dilakukan karakter tersebut memang ada.

Sebagaimana diketahui, adegan yang dimaksud ialah ketika karakter Bambang (diperankan Imam Darto) melakukan hal tak senonoh sambil melihat ke arah Ayu (diperankan Ariel Tatum) yang sedang menelepon seseorang.

"Semalam ada pertanyaan film ini seksis. Kalau ada yang menuduh film ini seksis, berarti kita memiliki ketidaksukaan pada gender tertentu. Kalau saya seksis terhadap perempuan, saya menempatkan perempuan di posisi nggak enak, saya melecehkan, kan begitu arahnya. Saya tanya 'Di mana letak seksisnya?', dia bilang adegan Bambang mengintip terus melakukan tindakan tak senonoh. Terus seksisnya di mana? Yang mau ditunjukkan adegan itu adalah ada kelakukan amoral seperti itu," kata Tompi.

"Yang mau saya garis bawahi bahwa tidak semua orang sealim mereka. Yang bangsat itu ada, yang bejat itu ada. Jadi tendensinya bukan ke arah melecehkan, dalam hal ini Ariel. Kalau saya mau melecehin, bukan konteks ini, tapi saya ekspos aja secara seksual suruh telanjang kalau perlu. Tapi kan nggak ke sana," imbuh musisi tersebut.

1. Dituding Tak Bisa Bedakan Seksi dan Seksis

Tanggapan Tompi tentang film SELESAI seksis membuatnya disebut tak bisa membedakan antara seksi dan seksis. Mengomentari hal itu, pria yang juga berprofesi sebagai dokter bedah kecantikan ini pun memilih mengabaikan.

"Dan penjelasan saya dibilang tidak mengerti seksis sama seksi. Ya udah suka-suka lo aja. Susah ngomong kalau pondasi berpikirnya beda. Saya melihat yang terjadi itu mereka memaksakan saya dan tim berpikir dengam cara dia. Nggak masuk dan nggak akan masuk karena latar belakang beda," jelas Tompi.

Meski begitu, Tompi senang mengikuti diskusi mengenai film barunya. Melihat ada yang setuju dan tidak setuju dengan cara pandangnya dianggap sebagai hal biasa.

"Mudah-mudahan mereka tambah cerdas. Selama ini apa yang mereka omongin nggak pernah ada yang bantah, lalu tiba-tiba ada yang berani membantah. Bagus, ada penyeimbang, ada proses diskusi, nggak manut aja. Setuju tidak setuju hal yang biasa. Kalau ada nggak setuju saya biasa aja, nggak papa. Di situ akan kelihatan mana yang dewasa mana kekanakan-kanakan. Mana yang menguasai materi, mana yang sok tahu," tandas pelantun tembang Sedari Dulu tersebut.

2. SELESAI

Tompi membawa isu perselingkuhan karena hal ini selalu ramai jadi pembahasan di sosial media. Akan ada dua sisi yang pada akhirnya berkembang di masyarakat, namun kebanyakan memihak istri sah.

"Berita tentang pelakor kan lagi aktif ya. Gimana kalau pelakor itu bener? Ini masalah perspektif. Pelakor merasa jadi penyelamat rumah tangga laki-laki yang akan hancur, sementara istri merasa rumah tangga hancur karena pelakor. Sekarang kita ambil dari sisi mana," kata Tompi.

"Kita selalu terjebak di perspektif umum. Tapi apakah yang umum berlaku demikian? Belum tentu. Selalu ada sebab akibat," imbuh pria yang juga berprofesi sebagai dokter bedah kecantikan tersebut.

SELESAI bercerita tentang Ayu yang ingin bercerai setelah mengetahui perselingkuhan suaminya. Namun keadaan menjadi rumit ketika mertua tiba-tiba datang ke rumah dan meminta kehadiran seorang cucu.

Reporter:   Adi Abbas Nugroho