Film 'YUNI' Terpilih Dikirim Mewakili Indonesia di Ajang Academy Awards ke-94

Jum'at, 15 Oktober 2021 18:43 WIB
Film 'YUNI' Terpilih Dikirim Mewakili Indonesia di Ajang Academy Awards ke-94
Film Yuni ©instagram.com/ifa_ifansyah

Kapanlagi.com - Film YUNI besutan Kamila Andini dipilih oleh Komite Seleksi Oscars Indonesia 2021 untuk mewakili Indonesia pada ajang Academy Awards ke-94. Sajian drama yang dibintangi Arawinda Kirana tersebut akan bersaing dalam kategori international featured film.

Hanung Bramantyo yang ditunjuk sebagai Ketua Komite Seleksi mengungkap bila judul-judul yang menjadi kandidat sangat bagus. Namun setelah mempertimbangkan berbagai aspek, dipilihlah YUNI yang memenangkan penghargaan Platform Prize di Toronto International Film Festival.

"Kami sudah melakukan penyeleksian yang cukup panjang dan cukup alot dari beberapa film yang dikandidatkan. Kalau bisa mengirim banyak, tentu akan banyak kami kirim karena beberapa film sudah mewakili Indonesia di ajang internasional," kata Hanung seperti dikutip KapanLagi.com dalam jumpa pers virtual pada Jumat (15/10/2021).

"Akhirnya kami memilih satu. Dan dengan bangga kami selaku dewan penyeleksi menetapkan film berjudul YUNI sebagai film pilihan dan berhak wakili indonesia di ajang Academy Awards," imbuh Hanung.

1. Perlu Bantuan Pemerintah Untuk Berkampanye

Chand Parwez selaku produser dari YUNI mengungkap rasa senang atas terpilihnya film tersebut mewakili Indonesia di ajang Academy Awards. Namun, jalan untuk bisa bersaing dengan judul-judul dari negara lain bukan pekerjaan mudah. Butuh dukungan pemerintah agar perwakilan Indonesia bisa dilirik oleh juri Oscars.

"Saya menghaturkan terima kasih dan alhamdulilah karena YUNI terpilih mewakili Indonesia di ajang bergengsi ini. Menjadi kebanggaan sekaligus tantangan karena kita paham sekali bahwa kita masih mempunyai kesulitan mengakses pendanaan. Karena Oscars ini berbeda dengan festival lain," tutur Chand Parwez pada kesempatan yang sama.

"Harus banyak upaya promosi dan melakukan pendekatan dengan juri agar mendapat perhatian lebih. Kita berharap bantuan dari pemerintah untuk mengkampanyekan YUNI di ajang Oscar," tutur pendiri rumah produksi Starvision tersebut.

YUNI berkisah tentang gadis SMA bernama Yuni yang memiliki mimpi besar melanjutkan pendidikan ke jenjang perkuliahan. Namun mimpi itu terganjal oleh pemikiran tentang pernikahan begitu lulus sekolah dari orang-orang di sekelilingnya.