Gaet Investor Film Ala Nia Dinata

Nicko Putra Witjatmoko | 07 November 2011, 14:30 WIB
Gaet Investor Film Ala Nia Dinata
Kapanlagi.com - Membuat film memang tidak mudah. Banyaknya dana yang diperlukan dan sulitnya mencari investor menjadikan salah satu faktor sulitnya pembuatan film. Namun, Nia Dinata mempunyai cara tersendiri untuk mengatasi permasalahan itu.

"Investor emang ribet. Film pendek pun pada akhirnya kita kumpulin pake duit sendiri. Kru juga nggak kita bayar. Kita ngomong ke mereka sih. Akhirnya semua menjadi investor, dengan uang, waktu atau tenaga. Baru kalau filmnya laku atau mendapat penghargaan, duit, baru kita bagi rame2," jelas Nia Dinata saat ditemui oleh tim KapanLagi.com™ di acara In Retrospect, Jakarta Selatan, Sabtu (5/11) lalu.

Untuk mencari investor, Nia mengaku bahwa dia harus mempersiapkan sebuah business plan yang solid. Dia menambahkan bahwa juga harus menyajikan presentasi dan menunjukkan script yang bagus untuk meyakinkan calon investor filmnya.

"Kalau investor kan lebih cenderung ke bisnis yah. Kalau bisnis, ya harus ada bisnis plan. Secara presentasi harus bagus. Dengan skrip yang bagus, dan segala macemnya. Soalnya kan orang akan tertarik kalau scriptnya bagus," tutur Nia.

Selain itu, Nia juga menjelaskan bahwa sebagai pembuat film, kita juga harus pandai-pandai membuat budget karena investor film biasanya akan menanyakan berapa budget yang akan dikeluarkan. Dia juga menambahkan bahwa ilmu untuk hal-hal itu bisa didapatkan lewat pendidikan resmi maupun magang lewat produksi film. (kpl/ato/nic)