'GUNDALA' Baru Permulaan, Kasak-Kusuk Penonton Sambut Jagat Sinema Superhero

Guntur Merdekawan | Kamis, 05 September 2019 17:35 WIB
'GUNDALA' Baru Permulaan, Kasak-Kusuk Penonton Sambut Jagat Sinema Superhero

Kapanlagi.com - Selama ini para pecinta film Tanah Air cuma bisa mengagumi para superhero idola yang terasa jauh, tidak lekat dengan keseharian kita. Ada Marvel Cinematic Universe dan DC Extended Universe. Ditambah lagi, perfilman Indonesia sendiri begitu kekeringan film bertema superhero setiap tahunnya. Terakhir ada GARUDA SUPERHERO dan VALENTINE yang tidak diapresiasi baik oleh penonton.

Kalau pun ada kisah tentang superhero, seringkali dibuat parodi dalam kemasaran sinetron kejar tayang setiap hari. Hasilnya? Tentu akan bisa maksimal atau seperti yang diharapkan penikmat film bioskop.

Nah, impian kalian untuk memiliki superhero atau jagoan sendiri bakal segera terwujud dalam waktu dekat ini dan beberapa tahun ke depan. Sutradara kondang, Joko Anwar belum lama ini mengenalkan kita pada Jagat Sinema Bumilangit yang merupakan semesta dari sederet superhero lokal yang diadaptasi dari kisah-kisah komik jadul terbitan Bumilangit.

Jagat Sinema BumilangitJagat Sinema Bumilangit

Sebelum kita membahas lebih jauh mengenai hal ini, perlu dicatat jika pihak Bumilangit menekankan penggunaan kata 'jagoan' ketimbang 'superhero' untuk para karakternya. Dan untuk memulai era Sinema Bumilangit ini, ada film bertajuk GUNDALA yang dirilis hari Kamis (28/8) kemarin. Nantinya setelah GUNDALA, kita bakal dimanjakan dengan rantai cerita berkesinambungan dari para jagoan lain, seperti GODAM, SRI ASIH, AQUANUS, MANDALA dan masih banyak lainnya.

Kemunculan GUNDALA pun membuat penonton penasaran. Perbincangan seputar GUNDALA ramai di media sosial, media massa, portal video, televisi, atau mungkin dari mulut ke mulut. KapanLagi belum lama ini pun melakukan sebuah survey kecil-kecilan pada teman-teman redaksi KapanLagi Youniverse dan juga beberapa rekan untuk mencari tahu sebesar apa hype para pecinta film Tanah Air terkait Jagat Sinema film jagoan lokal tersebut. Lebih dari itu, apakah mereka bahkan tahu jika kita sebenarnya juga punya jagoan-jagoan lokal dengan kemampuan super layaknya para superhero Marvel atau DC?

 

 

1 dari 7 halaman

1. Apa Sih Keunikan Film Superhero?

Apa Sih Keunikan Film Superhero? © Bumilangit
Tak bisa dipungkiri memang jika bagi para pecinta film, MCU dan DCU adalah 'kiblat' utama mereka untuk nonton film bergenre superhero. Bagaimana tidak, dari daftar film terlaris sepanjang masa, AVENGERS: ENDGAME sukses menempati urutan pertama, diikuti dengan 3 judul film dari Marvel lain di top 10.

Pertanyaannya, apa sih keunikan dari film superhero sampai-sampai begitu digilai oleh para pecinta film seluruh dunia? Berikut beberapa jawaban dari para responden survey yang telah kami kumpulkan.

© Marvel Studio© Marvel Studio

Dalam pandangan penonton, ada tiga hal yang menjadi magnet utama dalam sebuah film superhero. Pertama film superhero mampu mewujudkan imajinasi luas penulis atau sutradaranya dalam medium gambar bercerita. "Film superhero mampu memvisualisasikan imajinasi Saya. Kadang jauh lebih keren," ujar Ega, redaktur Potret. Kedua, film superhero tentu mengisahkan sosok yang punya kekuatan tidak biasa dan bisa dibilang super.

Ketiga, beberapa penonton mengapresiasi film superhero sebagai sebuah cerita yang menyentil isu-isu penting dalam masyarakat. "Film superhero bisa mengemas beragam isu mulai dari sosial, politik sampai feminisme lewat cerita fantasi berbalut action yang tidak membosankan," ujar Tyssa Madelina, editor KapanLagicom.

© Marvel Studio© Marvel Studio

Yang terakhir, tak bisa dipungkiri bahwa kemasan film superhero mampu menampung rangkaian adegan aksi menawan, CGI yang mutakhir, sampai visualiasi yang benar-benar 'larger than life'. Dengan paduan aspek di atas, film superhero pun mampu memuaskan para penikmatnya dan makin memikat banyak kalangan. "Alur ceritanya terkadang terbayang bayang sampai kadang bermimpi dan sampai menirukan hehehe," jawab Indrianto Bagio, salah satu karyawan swasta yang turut menjawab survei.

Sementara itu, tiga judul film superhero yang menjadi favorit responden antara lain THE AVENGERS, IRON MAN dan SPIDER-MAN.

2 dari 7 halaman

2. 97% Sudah Tahu Bakal Ada Film Superhero Tanah Air

Film superhero begitu lekat dengan imej Hollywood. Namun jangan salah, Indonesia sejatinya juga punya jagoan-jagoan sejak zaman baheula. Gundala contohnya. Kisah ini pernah diangkat ke layar lebar tahun 1981 silam, sebelum akhirnya dibuatkan versi yang lebih modern-nya tahun ini.

Selain jagoan-jagoan semacam Gundala, Godam dan Sri Asih yang tergolong 'fantasi', Indonesia juga punya kisah-kisah jagoan dalam tokoh perwayangan. Sebut saja Gatotkaca, Arjuna, Bima, Nakula, Sadewa dan masih banyak lainnya. Tokoh-tokoh wayang ini juga nantinya bakal diangkat ke layar lebar dan dibuatkan semesta sendiri loh. Namanya Jagat Satria Dewa.

© Satria Dewa© Satria Dewa

Dari hasil survey yang kita lakukan, 97% menjawab jika mereka sudah tahu jika saat ini para sineas Indonesia memang tengah menyiapkan jagat semesta superhero lokal untuk dinaikkan ke layar lebar. Tidak mengherankan memang, mengingat pihak Bumilangit maupun Satria Dewa memang begitu total dalam memasarkan proyek panjang mereka lewat media sosial.

3 dari 7 halaman

3. Superhero Indonesia disebut Jagoan

Superhero Indonesia disebut Jagoan © Bumilangit
Perlu dicatat jika para responden yang mengikuti survey ini berasal dari kalangan dan usia yang beragam. Pemilihan kata jagoan ketimbang superhero ternyata direspon beragam. Sebagian besar setuju bahwa pemilihan kata jagoan untuk menyebut para superhero Indonesia ini. Lebih terasa ke-Indonesia-annya.

"Kata jagoan memang lebih akrab di telinga, tapi saya lebih suka istilah 'adiwira' atau 'adisatria'," tulis seorang blogger asal Malang bernama Ratih Adiwardani.

Sementara beberapa responden mengaku belum yakin apakah sebutan Jagoan bakal menancap di benak penonton. Kata jagoan adalah sebutan para superhero dalam Jagat Sinema Bumilangit. Sementara untuk para superhero di Jagad Satria Dewa (Gatotkaca dan kawan-kawan) belum mendapat sebutan yang pasti dan resmi.

4 dari 7 halaman

4. GUNDALA: Kesan Pertama

GUNDALA garapan Joko Anwar boleh dibilang sebagai gong pembuka dari film-film superhero Bumilangit lainnya seperti Sri Asih (Pevita Pearce), Godam (Chicco Jerikho), atau Virgo (Zara JKT48). GUNDALA pun diharap menjadi tonggak kebangkitan film-film superhero Indonesia di era modern. Terlebih dari banyaknya nama-nama superhero di Indonesia, Gundala termasuk yang paling ikonik. Dari survei kami, nama-nama superhero yang banyak dikenal penonton antara lain Saras 008, Panji Manusia Milenium, Gundala, Gatotkaca dan Wiro Sableng.

Joko Anwar dipandang sebagai sineas yang pas membangkitkan kembali era film-film superhero. Selain dipandang visioner, Ia punya rekam jejak yang menjanjikan dalam meramu sebuah film. Ia pernah menjadi Sutradara Terbaik FFI lewat A COPY OF MY MIND. Saat meramu film laga pun pernah dibuktikannya lewat seri HALFWORLD di HBO.

Dari trailernya, GUNDALA berani menyajikan banyak visual efek, utamanya saat petir menyambar. Soal kostum pun tidak main-main. Kostum Gundala dibuat di Los Angeles, Amerika Serikat. "Kami buat di LA dibuat perusahaan yang sama dengan Wathcmen dan Daredevil," kata Joko dalam jumpa pers Mei lalu.

© Instagram/jokoanwar© Instagram/jokoanwar

Hingga awal September, GUNDALA sudah terjual tiketnya sebanyak 1 juta tiket. Jumlah tersebut dicapainya dalam satu pekan pemutaran saja. Dengan begitu, GUNDALA siap menyalip YOWIS BEN yang berada di posisi 10 dengan 1.031.856 tiket terjual. Sebagai catatan, film GUNDALA masih akan terus menambah perolehannya.

5 dari 7 halaman

5. Harapan untuk film superhero Indonesia

Harapan untuk film superhero Indonesia © Bumilangit
Memang tak patut untuk membandingkan film superhero kita dengan yang sudah lebih dulu populer di MCU dan DCU. Namun pastinya kita semua punya ekspektasi masing-masing terkait Jagat Sinema Superhero Lokal yang sedang digarap oleh para sineas Tanah Air saat ini.

"Paling nggak jangan seperti sinetron. Akting pemainnya bagus dan ceritanya menghibur serta meninggalkan kesan di hati, supaya semangat nonton film-film berikutnya," celetuk RS, staff KLY soal ekspetasinya akan GUNDALA.

Benar saja, Bumilangit dan Screenplay memilih aktor-aktor tenar dan mumpuni untuk menjadi superhero dalam jagat sinemanya. Mulai dari Nicholas Saputra sebagai Aquanus sampai Dian Sastrowardoyo sebagai Dewi Api.

© Bumilangit© Bumilangit

Selain itu, Jagat Sinema Bumilangit juga dikonsep saling berkaitan satu film dengan lainnya seperti Marvel Cinematic Universe. Beberapa proyek film superhero serta tim superhero macam PATRIOT sudah diumumkan. Hal tersebut sedikit banyak mewadahi harapan para penonton. "Punya continuity yang pasti, namun tidak terkesan 'kejar tayang' seperti sinetron yang kita miliki saat ini. Film jagoan Tanah Air juga harus bisa relate dengan keseharian dan mitologi yang dimiliki masyarakat Indonesia tanpa melupakan unsur modern yang kekinian," tambah Rezka Aulia, salah satu editor KapanLagi.

6 dari 7 halaman

6. Bakal ada AVENGERS atau JUSTICE LEAGUE versi Indonesia

Bakal ada AVENGERS atau JUSTICE LEAGUE versi Indonesia © Bumilangit
Rencananya, para jagoan lokal tersebut juga nantinya bakal bersatu di sebuah judul film. Tak bisa dipungkiri jika konsep ini memang sangat mirip dengan Avengers (Marvel) atau Justice League (DC). Bedanya, tim superhero di Jagat Sinema Bumilangit nanti bakal dinamakan Patriot. Beberapa anggota di dalamnya adalah Gundala, Godam, Sri Asih, Aquanus, Tira, Maza dan masih banyak lainnya.

Nah, mungkin nggak sih jika punya kita nantinya bisa menyaingi atau setidaknya menyamai popularitas dari Avengers atau Justice League? Sekitar 60 persen responden mengaku optimisnya dan 20 persen berkata sebaliknya. Sementara itu 20 persen sisanya masih belum bisa menduga-duga apakah para jagoan kita bisa menyamai popularitas dari para superhero Hollywood nantinya.
7 dari 7 halaman

7. Ekspektasi ke depan

Ekspektasi ke depan © Bumilangit
Tirai semesta Bumilangit dibuka dengan film GUNDALA yang tayang perdana Hari Kamis (28/8) kemarin. Tak main-main, film ini disutradarai oleh sosok sutradara bertangan dingin, Joko Anwar. Sederet nama aktor dan aktris top juga bakal terlibat, seperti Abimana Arasatya, Bront Palarae, Ario Bayu, Tara Basro, Rio Dewanto, Lukman Sardi dan masih banyak lainnya.

Tak bisa dipungkiri jika GUNDALA memegang peranan kunci dalam Jagat Sinema Bumilangit. Bayangkan saja jika film pertamanya saja sudah mengecewakan banyak orang, maka ekspektasi publik terhadap film-film lanjutannya juga bakal pudar begitu saja. Ekspektasi yang begitu besar juga ditunjukkan oleh para responden survey yang kita lakukan. Beberapa dari mereka percaya jika Joko Anwar bisa menghadirkan suguhan yang memuaskan lewat GUNDALA.

"Ada Abimana dan Rio Dewanto haha. Saya pribadi tumbuh dengan menyaksikan serial televisi macam Saras 008 dan Panji Manusia Milenium, jadi meski berbeda, menyaksikan Gundala nampaknya akan sedikit membawa memori masa kecil yang kini mulai terlupakan. Selain itu, sutradaranya joko anwar lho, JOKO ANWAR! Super excited kalo denger nama sutradara satu ini," tulis Kistin Septiyani, staff KapanLagi yang suka dengan K-Pop.

Nah, kalau kalian sendiri excited nggak dengan wacana untuk membuat semesta jagoan Tanah Air ini? Sudah pada nonton GUNDALA belum? Tulis komentarmu di bawah ya!

(kpl/dka/gtr)


Reporter:  

Mahardi Eka Putra

↑