Bosan dengan berita itu-itu saja? Download Aplikasi Liputan6

Hanung Bramantyo Ingin Presiden Jokowi Terlibat 'BUMI MANUSIA', Perankan Tokoh Ini...

Galuh Esti Nugraini   | Senin, 15 Juli 2019 14:15 WIB
Hanung Bramantyo Ingin Presiden Jokowi Terlibat 'BUMI MANUSIA', Perankan Tokoh Ini...
Hanung Bramantyo © KapanLagi.com/Budy Santoso

Kapanlagi.com - Dalam novel Bumi Manusia rekaan mendiang Pramoedya Ananta Toer, banyak tokoh penting selain Minke, Annelies dan Nyai Ontosoroh yang menyokong penceritaan. Sebut saja Ibunda Minke, Ayah Minke, Babah Ah Tjong, sampai Darsam.

Khusus untuk karakter Darsam, Hanung Bramantyo memiliki impian siapa pemerannya. Tak tanggung-tanggung, kalau bisa ia ingin Presiden Joko Widodo yang memerankan orang kepercayaan Nyai Ontosoroh tersebut.

"Kalau boleh membayangkan, Pak Jokowi jadi Darsam itu cocok," kata Hanung seperti dikutip dari pesan Whatsapp yang diterima KapanLagi.com.

1. Sifat Jokowi

Gambar

Lebih lanjut Hanung Bramantyo menjelaskan mengapa Jokowi memenuhi gambaran karakter Darsam. Selain karena penggemar karya Pramoedya Ananta Toer, sang presiden juga miliki sifat seperti Darsam di dunia nyata.

"Hati-hati ya Pak Jokowi itu kelihatan lemah, tapi beliau itu kuat, keras pendiriannya, kalau sudah A ya A. Makanya cocok jadi Darsam yang begitu, tinggal tambahi kumis saja," tandasnya.

Dalam film adaptasi BUMI MANUSIA, tokoh Darsam diperankan oleh aktor Whani Darmawan. Sementara itu tokoh ayah dan ibunda Minke diperankan Donny Damara dan Ayu Laksmi.

Reporter:   Adi Abbas Nugroho