Hanung Bramantyo Pakai Visual Efek 'HABIBIE & AINUN 3' Agar Reza Rahadian Lebih Muda

Rezka Aulia | Kamis, 26 September 2019 18:53 WIB
Hanung Bramantyo Pakai Visual Efek 'HABIBIE & AINUN 3' Agar Reza Rahadian Lebih Muda

Kapanlagi.com - Setelah beberapa lama dirahasiakan, akhirnya diungkap pemeran Habibie dalam film HABIBIE & AINUN 3. Ternyata tetap Reza Rahadian. Hanya saja wajahnya diubah lebih muda serta menggunakan postur tubuh orang lain.

Hanung Bramantyo selaku sutradara mengaku bila ia mengaplikasikan konsep yang dipakai David Fincher di film THE CURIOUS CASE OF BENJAMIN BUTTON. Meski berkaca pada Hollywood, namun semuanya dilakukan oleh sineas Indonesia lho.

"Teknisnya sangat sederhana dan semuanya dibuat di Indonesia, tidak dibuat di luar negeri. Kita menggunakan muka Reza, tapi tubuhnya digantikan dengan tubuh anak SMA, lalu kita satukan," kata Hanung saat peluncuran trailer HABIBIE & AINUN 3 di Epicentrum XXI, kawasan Rasuna Said, Jakarta Selatan, Kamis (26/9/2019).

 

1 dari 2 halaman

1. 360 Derajat

Mula-mula wajah Reza Rahadian dipotret dari berbagai sisi. Hasilnya kemudian diubah menjadi bentuk tiga dimensi.

"Jadi kita motret Reza dulu mengunakan banyak kamera yang dipasang muter gitu untuk dapatin 360 derajat. Kita ambil struktur mukanya, rambutnya. Hasil foto itu dimasukkan ke komputer menjadi 3D," jelas suami Zaskia Adya Mecca ini.

2 dari 2 halaman

2. Muka Tertutup Kain Biru

Muka Tertutup Kain Biru © KapanLagi.com/Akrom Sukarya
Sebelum itu Hanung Bramantyo telah melakukan pengambilan gambar dengan aktor muda yang dipilih dalam kondisi kepala tertutup kain warna biru. Begitu selesai, wajah sang aktor diganti dengan muka Reza Rahadian di meja editing. Diberi sentuhan CGI agar tampil menyatu dan menyakinkan.

"Lalu kita syuting sama pemeran Habibie SMA. Anak ini kepalanya ditutupin pakai kain biru, terus kita kasih dot dot gitu. Nah diediting kain ini akan kita lepas dan kasih mukanya Reza," tandas Hanung.

 

(kpl/abs/rna)


Reporter:  

Adi Abbas Nugroho

↑