Idola Masa Kecil, Joko Anwar Siapkan Karakter Nyi Misni Khusus untuk Christine Hakim

Rezka Aulia | Kamis, 10 Oktober 2019 22:08 WIB
Idola Masa Kecil, Joko Anwar Siapkan Karakter Nyi Misni Khusus untuk Christine Hakim

Kapanlagi.com - Untuk pertama kalinya Joko Anwar bekerja sama dengan Christine Hakim dalam film PEREMPUAN TANAH JAHANAM. Peran yang diberikan sangat berbeda dan belum pernah dimainkan oleh Christine sepanjang 40 tahun karirnya.

Usut punya usut, sejak awal menulis skenario film tersebut sekira 10 tahun lalu, Joko memang membayangkan Christine perankan Nyi Misni. Bahkan keterlibatan aktris peraih Piala Citra ini karena diminta secara khusus.

"Di antara semua pemain, hanya Bu Christine yang tidak diaudisi. Saya meminta langsung sama beliau. Bayangkan karakter Nyi Misni kalau dimainkan aktor lain, bukan Christine Hakim, nggak bakal kayak gitu," kata Joko usai press screening PEREMPUAN TANAH JAHANAM di Epicentrum XXI, kawasan Rasuna Said, Jakarta Selatan, Kamis (10/10/2019).

1 dari 2 halaman

1. Idola Sejak Kecil

 Idola Sejak Kecil © KapanLagi.com/Bayu Herdianto
Joko Anwar mengaku tumbuh dengan film-film yang dibintangi oleh Christine Hakim. Ia pun pernah berandai-andai jika membuat film, harus mengajak sang idola. Butuh bertahun-tahun sampai hal tersebut terwujud.

"Aku tuh waktu kecil nonton film, filmnya Christine Hakim. Aku hapal dialog KAWIN LARI, aku hapal dialog film dia lainnya. Aku memang besar sama film beliau. Sampai aku berandai-andai: bagaimana aku kerja bareng Christine Hakim dan kita kerja di film yang terbaik. Dan aku menemukannya di PEREMPUAN TANAH JAHANAM," imbuh pria kelahiran Medan ini.

2 dari 2 halaman

2. Tak Numpang Lewat

Saat menciptakan karakter Nyi Misni, banyak hal menarik ditanam oleh Joko Anwar. Ketika akhirnya diperankan Christine Hakim sesuai impian, Joko yakin karakter tersebut tidak akan sekadar numpang lewat.

"Saat mengajak Bu Christine, aku nggak pernah memandang film dengan genre. Nggak ada genre lebih tinggi atau rendah. Aku melihat eksplorasi karakter. Aku yakin karakter Nyi Misni akan dikenal lama oleh orang setelah menonton karena mereka bakal tanya dia itu jahat atau baik," tutupnya.

 

 

(kpl/abs/rna)


Reporter:  

Adi Abbas Nugroho

↑