Ingat Pernah Hidup Susah, Joko Anwar Tulis Skenario Film 'ORANG KAYA BARU'

Rezka Aulia | Rabu, 17 Oktober 2018 22:01 WIB
Ingat Pernah Hidup Susah, Joko Anwar Tulis Skenario Film 'ORANG KAYA BARU'

Kapanlagi.com - Rumah produksi Screenplay Films siap menghadirkan banyak judul beragam genre untuk mengisi line up tahun 2019. Salah satunya bertajuk ORANG KAYA BARU yang disutradarai Ody C Harahap.

Proyek bergenre komedi ini sekaligus menandai kerjasama pertama Screenplay dengan Joko Anwar. Karena Joko didaulat sebagai penulis skenario dari film yang dibintangi oleh Raline Shah, Lukman Sardi dan Cut Mini tersebut.

Dalam sesi jumpa pers, Wicky V Olindo selaku produser mengungkap fakta mengapa Joko menulis skenario film ini. Ternyata sutradara asal Medan itu sewaktu kecil pernah hidup serba kekurangan sehingga berkeinginan menjadi kaya.

"Jadi ketika kecil Joko punya mimpi bagaimana kalau punya orangtua kaya. Karena dulu, kata dia, kalau mau beli buku cerita mesti nabung dulu. Masa kecil dia cukup sulit secara ekonomi. Akhirnya dari mimpi itu dia nulis skenario dan kita cari sutradara komedi yang cocok," kata Wicky di kawasan Senopati, Jakarta Selatan, Rabu (17/10/2018).

1 dari 3 halaman

1. Menulis Skenario Cukup Lama

Proses penulisan skenario sendiri diakui Joko Anwar cukup memakan waktu berbulan-bulan. Karena saat itu ia juga disibukkan pekerjaan lainnya.

"Ide cerita ini muncul dari kita ngobrol santai sebagai teman. Lalu pada akhir tahun 2017 dia janji akan menuliskannya. Karena sibuk dia jadi nggak bisa cepat nulis, makan waktu, hingga baru selesai bulan Februari tahun ini. Akhirnya kita masuk proses pra produksi dan Mei syuting," tambah Wicky.

2 dari 3 halaman

2. Tak Mau Sutradarai

Tak Mau Sutradarai KapanLagi.com/Akrom Sukarya
Joko Anwar identik menulis skenario untuk film yang disutradari sendiri. Namun untuk kasus ORANG KAYA BARU dia mempercayakan semua pada Ody C. Harahap yang adalah teman dekatnya.

Sebagai insan kreatif, Joko ingin menyutradarai film yang belum pernah dibuat. Sehingga ia memilih fokus dengan proyek live action GUNDALA ketimbang menahkodai genre yang pernah dikerjakan sebelumnya.

"Joko memberi kepercayaan kepada Ochay (panggilan akrab Ody) untuk jadi sutradara, kebetulan mereka teman baik. Joko pure tulis skenario karena memang tidak lagi pengin direct komedi. Dari sisi sebagai sutradara, setelah bikin horor yang adalah genre utama dia, cita-citanya adalah bikin film action. Makanya dia tidak punya waktu garap ORANG KAYA BARU karena ingin garap GUNDALA," tutur Wicky.

3 dari 3 halaman

3. Raline Shah Jadi Peran Utama

Begitu urusan skenario selesai, proses pra produksi pun dimulai dengan pencarian pemain. Setelah aktris utama jatuh pada Raline Shah, baru nama-nama lain menyusul.

"Kita cari karakter pemain utama yang keren, yang ketika jadi orang kaya harus kelihatan outstanding. Setelah dipikir-pikir siapa yang dari mukanya udah kelihatan blink blink, lalu kita ngobrol sama Raline dan ternyata dia belum pernah coba komedi, jadi dia pengin coba segala genre. Setelah ketemu Raline, kita butuh ensemble casts yang bisa bersama Raline bermain komedi, makanya ada Lukman Sardi, Cut Mini dan Derby Romero," pungkas Wicky.

(kpl/abs/rna)


Reporter:  

Adi Abbas Nugroho

↑