Jadi Kartini, Hanung Sarankan Dian Sastro Kuruskan Badan

Rahmi Safitri | 23 April 2015, 04:52 WIB
Jadi Kartini, Hanung Sarankan Dian Sastro Kuruskan Badan

Kapanlagi.com - Setelah melalui beberapa pertimbangan, sutradara Hanung Bramantyo dan produser Robert Ronny akhirnya memilih Dian Sastrowardoyo sebagai pemeran utama dalam film biopik KARTINI. Sempat menginginkan bintang ABG atau aktris baru, keduanya mantap memilih bintang UNGU VIOLET itu sebagai Kartini.

Ketika ditawari sebagai pahlawan wanita kelahiran Jepara tersebut, Dian sangat antusias. Menurut produser Robert, Dian bahkan yakin karakter Kartini akan sangat berpengaruh dalam karirnya.

"Pas first approach Dian sangat antusias. Katanya ini bisa mendefinisikan karir dia ke depan. Ini peran men-challenge dia," jelas Robert di acara Media Gathering Film KARTINI di Djakarta Theatre XXI, Rabu (22/4). Saking antusiasnya, Hanung bilang Dian bahkan sampai mengajak mengunjungi makam Kartini.

Hanung menceritakan tentang antusiasnya Dian berperan sebagai Kartini © KapanLagi.com®/Budy SantosoHanung menceritakan tentang antusiasnya Dian berperan sebagai Kartini © KapanLagi.com®/Budy Santoso

Setelah Dian resmi akan berperan sebagai Kartini, Hanung pun memberi saran kepada istri Indraguna Sutowo itu agar bisa maksimal ketika memerankan karakter legendaris itu. Salah satunya dengan menguruskan badan.

"Kita bilang dia harus kurus, harus jadi Cinta yang dulu tapi dengan gaya Jawa, makanya dia harus banyak berurusan dengan saya cukup sering. Dian juga harus paham Kartini itu prenjak, nggak bisa diam. Bukan seperti yang diperankan Yenny Rachman. Makanya dia dijuluki Trinil saking lincahnya," jelas Hanung.

Baik Hanung atau Robert mengaku tak takut kalau nanti mereka diprotes penonton karena tak ada kemiripan antara Dian dan Kartini. "Paling nggak secara look nggak sama, tapi spiritnya bisa ter-deliver ke anak-anak muda," pungkas Robert.

(kpl/abs/pit)

Reporter:   Adi Abbas Nugroho