Jangan Tonton Film Ini Dengan Perut Kosong!

Mahardi Eka Putra | 27 Agustus 2014, 08:51 WIB
Jangan Tonton Film Ini Dengan Perut Kosong!
Kapanlagi.com - Apa syarat sebuah film bisa dikatakan sebagai sebuah film yang bagus? Jawaban dari pertanyaan itu tentulah luas dan dapat dipandang dari berbagai aspek. Akan tetapi kita bisa saja menjawabnya dengan sederhana. Film bagus adalah film yang dapat mempengaruhi emosimu dan perasaanmu. 

Oleh karenanya, saat bicara tentang film bagus, food movie tentu masuk hitungan. Apa itu food movie? Sederhananya, food movie adalah sebuah film yang bertema dengan masakan. Di dalamnya kamu bisa menikmati sajian visual masakan yang serba lezat. Baik dari detail cara memasaknya, sampai hasil akhir masakannya, semua bisa membuatmu meneteskan air liur. Atau lebih bahaya lagi, film tersebut bisa membuat perutmu perih saking besarnya hasrat ingin makan saat melihat makanannya.

Film yang pertama adalah film bercita rasa indie yang ditulis dan digarap oleh Jon Favreau, CHEF. Sutradara yang membesut IRON MAN 1 dan 2 ini banting setir ke film drama indie dengan tema yang menarik, makanan. Yup, dalam filmnya kamu akan melihat kisah Carl Casper (Favreau sendiri yang memainkannya), seorang chef restoran yang akhirnya banting setir menjadi penjual sandwich keliling.

Dari awal filmnya, kamu akan disuguhi secara visual berbagai makanan lezat restoran seperti steak, pasta, sampai ice cream. Menu tersebut terlihat makin lezat karena filmnya mengangkat sampai ke tata cara pembuatannya. Kamu bisa melihat asap mengepul dari atas penggorengan dan juga saat dagingnya disiram dengan saus panas.

CHEF juga mengemas pembuatan sandwichnya dengan begitu lezat. Melihat film ini dijamin kamu tak akan melihat pembuatan sebuah sandwich sebagai sesuatu yang mudah. Ada seni yang terkandung di dalamnya. 

Menu-menu seperti ini ada dalam film CHEF.Menu-menu seperti ini ada dalam film CHEF.

Untuk menggambarkan kelezatan dari masakan yang ada dalam filmnya sendiri, Favreau bahkan secara nakal menyisipkan adegan di mana si seksi Scarlett Johansson mencicipi makanan buatan sang chef. Satu desahan Scarlett cukup untuk menggambarkan betapa lezatnya masakan itu. 

Desahan Scarlett membuat penonton tergiurDesahan Scarlett membuat penonton tergiur

Tak hanya dari ranah Hollywood, Indonesia pun punya film yang bisa merangsang rasa laparmu, judulnya TABULA RASA. Film satu ini bercerita tentang seorang pemuda Papua yang banting setir dari pemain sepakbola menjadi seorang juru masak di sebuah rumah makan Padang. Hmm, terbayang bukan lezatnya masakan Padang dalam film ini.

Film yang dibintangi oleh Dewi Irawan ini memang baru akan tayang pada 25 September mendatang, tapi dari trailer saja sudah terlihat lezatnya rendang daging serta gurihnya gulai kepala ikan. Semua bisa kamu saksikan dalam film tersebut. 

Bahkan untuk membuat proses memasak dalam filmnya terasa lebih meyakinkan para pemainnya seperti Jimmy Kobagau, Yayu Unru, dan Ozzol Ramdan benar-benar dilatih oleh chef profesional untuk bisa memasak rendang dengan baik dan benar. 

Lezatnya masakan ini bisa kamu nikmati dalam film secara visual.Lezatnya masakan ini bisa kamu nikmati dalam film secara visual.

Lebih menarik lagi TABULA RASA juga menyisipkan drama keluarga yang sarat dengan nilai-nilai kehidupan. Jadi penonton tak hanya menikmati suguhan visualnya semata, tapi juga belajar tentang sesuatu dalam filmnya. 

Food movie sampai kapan pun pasti akan digemari karena kelebihannya di atas. Apalagi dalam ranah perfilman Indonesia. Ada banyak budaya kuliner yang masih bisa digali oleh sineas Indonesia. Kamu sendiri bisa dengan nikmat menontonnya.


 

(kpl/dka)

Editor:  

Mahardi Eka Putra