Joko Anwar dan Titi Rajo Bintang Jadi Mentor Sineas Muda

Arai Amelya | 18 Mei 2016, 18:40 WIB
Joko Anwar dan Titi Rajo Bintang Jadi Mentor Sineas Muda

Kapanlagi.com - Sejumlah sineas senior seperti Joko Anwar, Anggy Umbara, Sentot Sahid, Fajar Nugros, Kimo Stamboel, dan aktris Titi Rajo Bintang terlibat sebagai mentor para sineas muda yang mengusung 8 film Indie Movie. Tujuannya untuk mengembangkan sineas muda perfilman Indonesia.

Menurut perwakilan Indie Movie, Ita Sembiring, Indie Movie merupakan sebuah komunitas tempat berkumpulnya sineas muda, penghobi dan pemerhati film indie yang pernah terlibat dalam workshop dan roadshow dari Indie Movie.

"Komunitas sineas film indie ini sejak 2007 aktif berjejaring sosial sebagai bagian dari Indie Movie untuk bersilaturahmi dan saling berbagi ide solusi dalam menghadapi tantangan dalam membuat kreatifitas film. Ide dan solusi terbaik dari komunitas ini akan mendapat dukungan Indie Movie untuk dapat mengembangkan kreatifitasnya dalam memproduksi film ke level yang lebih tinggi," ujar Ita saat pemutaran film perdana 8 karya film indie di Jakarta, Rabu (18/5).

Meskipun bukan sutradara, kehadiran Titi membuat Movie Camp makin seru © Bambang E RosMeskipun bukan sutradara, kehadiran Titi membuat Movie Camp makin seru © Bambang E Ros

Program utama Indie Movie ini, lanjut Ita, adalah sebuah penawaran terbuka di mana seluruh bagian dari komunitas Indie Movie dapat memberikan ide dan solusi dari admin Indie Movie. Dari proses seleksi gagasan tersebut, delapan ide kumpulan anak muda berhasil lolos seleksi dan menarik perhatian komunitas Indie Movie.

"Mereka kemudian mendapat kesempatan emas untuk dimentori beberapa sineas papan atas dalam Movie Camp seperti sutradara Anggy Umbara, Joko Anwar, Kimo Stamboel dan Fajar Nugros," kata Ita.

Dalam Movie Camp Indie Movie, kata Ita, mereka mengasah minat terkait proses film, mulai dari penyutradaraan, penulisan script, sinematografi, audio, pencahayaan, editing, scoring, akting hingga berbagai hal yang menyangkut film dan management film.

"Delapan film indie yang dimunculkan kali ini merupakan hasil dari sebuah proses yang dilakukan komunitas Indie Movie. Lewat idenya, para sineas muda dengan dukungan Indie Movie berhasil membuat 8 karya film dengan judul: SPEELWIJK, FREKUENSI, MITOS, REPORTASE, DEADLINE, WAWANCARA, BYE BYE FB BOY DAN EAT, LOVE AND LAUGH." tutur dia. (kpl/ded/aia)

Reporter:   Dedi Rahmadi