Joko Anwar Jagokan 'KUCUMBU TUBUH INDAHKU' Di FFI 2019

Sanjaya Ferryanto | Rabu, 13 November 2019 17:52 WIB
Joko Anwar Jagokan 'KUCUMBU TUBUH INDAHKU' Di FFI 2019

Kapanlagi.com - Sutradara ternama Joko Anwar menilai tentang film Gundala dan Bebas yang sama-sama menjadi nominasi dengan sembilan kategori dalam Festival Film Indonesia 2019. Kedua film tersebut berada di urutan kedua film yang mendominasi nominasi di seluruh kategori Piala Citra ini.

Joko Anwar beranggapan bahwa film Bebas garapan Riri Riza dan Mira Lesmana ini lebih baik dari film aksi garapannya yakni Gundala. Menurutnya, dalam menilai sebuah film harus tetap adil, dan ia melihat ada film lain yang lebih bagus, tak hanya itu.

"Seharusnya Bebas yang menang, ini bukan pesimistis ya kan aku nonton filmnya juga. Film Bebas memang layak untuk memang ya kita juga harus fair dalam menilai," ujar Joko Anwar di Plaza Indonesia, Jakarta Pusat, (12/11) Selasa malam.

 

1 dari 2 halaman

1. Jagokan Film Karya Garin Nugroho

Jagokan Film Karya Garin Nugroho Kapanlagi/Budy Santoso
Selain itu, di Festival Film Indonesia 2019 ini sutradara asal Medan ini ternyata menjagokan film garapan Garin Nugroho yaitu Kucumbu Tubuh Indahku. Baginya film tersebut sangat layak untuk dapat memenangkan kategori Film Terbaik. Hal tersebut bukan tanpa alasan, karena film tersebut sudah mendapatkan berbagai penghargaan di beberapa festival film nasional maupun internasional.

"Tapi buat aku nominasi terbaik dari semua elemen itu film Kucumbu Tubuh Indahku, aku yakin dan tahun ini aku menjagokan film itu," ungkap Joko Anwar.

2 dari 2 halaman

2. Kualitas Terbaik

Sebelumnya, Ketua Komite FFI 2019, Lukman Sardi mengatakan film-film yang lolos masuk nominasi merupakan film Indonesia yang memiliki kualitas terbaik. Dalam pemilihan film-film yang masuk ke nominasi FFI, Lukman menjelaskan ia menggunakan skema baru.

Ada kurator yang terlibat dalam penyaringan sekitar 130 film sehingga, tersisa 38 film yang masuk nominasi dan akan dipilih oleh para anggota FFI. Nantinya, pemungutan suara akan dilakukan secara online oleh para anggota FFI, mereka akan memilih para nominator yang dianggap layak memenangkan Piala Citra tahun ini.

(kpl/irf/frs)


Reporter:  

Irfan Kafril

↑