Kisah 'SANG PENARI' Akan Dilanjutkan

Darmadi Sasongko | 30 November 2011, 17:36 WIB
Kisah 'SANG PENARI' Akan Dilanjutkan
Kapanlagi.com - Budayawan Ahmad Tohari berencana akan melanjutkan penulisan novel karyanya, Ronggeng Dukuh Paruk, yang edisi pertamanya telah diangkat menjadi kisah film SANG PENARI.

Dia mengaku ingin melaksanakan anjuran almarhum HB Jassin yang pernah menemuinya pada 1987 dan menyarankan dirinya untuk melanjutkan novel tersebut.

Almarhum HB Jassin meminta novel tersebut dilanjutkan dengan menyoroti kehidupan Goder, sosok anak kecil dalam novel tersebut yang masih memiliki jiwa lurus di tengah kehidupan Dukuh Paruk yang penuh kemaksiatan.

"Itu anjuran Pak HB Jassin yang selama ini saya diamkan. Nah, akhir-akhir ini saya tergoda untuk merenungkan kembali anjuran Pak HB Jassin. Siapa tahu sekarang ini saya akan menulis, tapi saya tak berjanji ya," katanya.

Seperti diketahui, film SANG PENARI yang tayang perdana di bioskop mulai 10 November 2011 ini diangkat dari novel karya Ahmad Tohari yang berjudul Ronggeng Dukuh Paruk.

Film yang disutradai Ifa Isfansyah ini menggambarkan pertemuan sepasang kekasih bernama Rasus dan Srintil setelah lama berpisah.

Dalam hal ini, Rasus meninggalkan Dukuh Paruk karena menjadi seorang tentara, sedangkan Srintil menjadi seorang penari ronggeng. (antara/dar)

Editor:  

Darmadi Sasongko