Klasifikasi Usia Tak Sesuai, Horor 'SURAT DARI KEMATIAN' Berusaha Dapatkan Rating 13+

Tyssa Madelina   | Sabtu, 28 Desember 2019 10:47 WIB
Klasifikasi Usia Tak Sesuai, Horor 'SURAT DARI KEMATIAN' Berusaha Dapatkan Rating 13+

Kapanlagi.com - Film horor SURAT DARI KEMATIAN telah lolos sensor dengan klasifikasi usia untuk 17 tahun ke atas. Namun keputusan Lembaga Sensor Film (LSF) tidak memuaskan Hestu Saputra sebagai sutradara.

Menurutnya, film adaptasi novel berjudul sama karya Adham T Fusama ini harusnya mendapatkan rating 13 tahun ke atas. Karena sejak dari pembuatan, memang didesain untuk pangsa usia tersebut.

"Dapat rating 17+ dan saya protes. Karena sejak awal film ini sudah di-treat buat konsumsi 13+, tapi ternyata mereka ngasih 17+. Belum ada balasan dari mereka mengenai alasan 17+, setelah ada kita akan argue," kata Hestu ditemui di kantor MAX Pictures, kawasan Riau, Jakarta Pusat, Jumat (27/12/2019).

1 dari 2 halaman

1. Pesan Bahaya Bullying

Hestu Saputra inginkan rating 13 tahun ke atas bukan karena ingin dapatkan penonton lebih banyak. Namun ada tujuan lain yakni sampaikan pesan bahaya perundungan yang marak terjadi belakangan baik secara langsung maupun di sosial media.

"Ini bukan karena uang atau biar ditonton banyak orang, tapi secara khusus kami punya messages tentang bullying," jelas sutradara asal Yogyakarta tersebut.

2 dari 2 halaman

2. Logis dan Irasional

SURAT DARI KEMATIAN menjadi film horor pertama Hestu Saputra. Jika ditanya apa perbedaan filmnya ini dengan horor yang yang menjamur, ternyata ada pada bentroknya pola pikir logis dan irasional.

"Yang jelas ini film investigatif, kenalkan dunia gaib dan dunia manusia. Basicnya logic dan unlogic, itu yang paling kuat dan menarik. Dengan beda pemikiran itu hasilkan sebuah kasus, percampuran formulasi horor dan hal yang logis," tutupnya.

(kpl/abs/tmd)


Reporter:  

Adi Abbas Nugroho

↑