Bosan dengan berita itu-itu saja? Download Aplikasi Liputan6

Kolaborasi Indonesia dan Malaysia, Film 'PERJALANAN CINTA' Berkompetisi di Ajang Bergengsi JAFF 2021

Jum'at, 03 Desember 2021 12:12 WIB
Kolaborasi Indonesia dan Malaysia, Film 'PERJALANAN CINTA' Berkompetisi di Ajang Bergengsi JAFF 2021
Film 'PERJALANAN PERTAMA' / Credit Foto: Dokumentasi Pribadi

Kapanlagi.com - Salah satu ajang film bergengsi di Asia, Jogja-NETPAC Asian Film Festival (JAFF) sudah digelar sejak tanggal 27 November 2021 hingga 4 Desember 2021 besok. Pada ajang ini, muncul satu judul film yang cukup mencuri perhatian, yakni PERJALANAN PERTAMA garapan sutradara Arief Malinmudo.

Pencapaian itu tentu membuat Arief begitu bangga. Ia berharap film yang ditukanginya itu bisa lebih dikenal oleh pasar yang lebih luas dan jadi inspirasi untuk para sineas lainnya untuk terus menelurkan karya-karya terbaiknya.

"Kita senang PERJALANAN PERTAMA diundang pada sebuah festival yang sangat prestisius di Asia, semoga bisa mewarnai ragam film Asia yang sama sama mengusung energi Tenacity (Kegigihan), sebagaimana tema JAFF tahun ini," ujar Arief dalam press rilis yang diterima KapanLagi.com.

1. 'Perkawinan Antara 2 Negara'

Gambar

PERJALANAN PERTAMA adalah film yang berkisah tentang seorang cucu dan kakeknya  yang tengah melakukan sebuah perjalanan. Sang cucu diperankan oleh aktor cilik asal Indonesia, Muzakki Ramdhan, sementara sang kakek diperankan oleh aktor kawakan legendaris asal Malaysia, Dato Tamimi Siregar.

Film PERJALANAN CINTA memang bisa dibilang sebagai 'perkawinan' antara 2 negara, yakni Indoensia dan Malaysia. Selain menghadirkan aktor dari 2 negara tetangga tersebut, film ini juga menghadirkan kerja sama antara Mahakarya Pictures bersama rumah produksi asal Malaysia, D Ayu Pictures.

2. Hadirkan Aktor Top Tanah Air

Gambar

Selain nama yang sudah disebutkan tadi, PERJALANAN PERTAMA juga diisi oleh list nama-nama aktor yang tak kalah populer, seperti Adinda Thomas, Randy Pangalila, Gilang Dirga dan Ricky Komo. Film ini rencananya akan tayang secara nasional pada bulan Februari 2022 mendatang.

Satu catatan lain, PERJALANAN PERTAMA juga masuk dalam nominasi Best Feature Drama di Muslim Film Festival, Australia 2021 loh! Sudah bisa dipastikan jika film-nya bukan kaleng-kaleng!

3. Sekilas Tentang JAFF

Gambar

Jogja-NETPAC Asian Film Festival (JAFF) merupakan salah satu festival film yang cukup bergengsi dan diperhitungkan di Asia. Festival ini awalnya digagas oleh sineas Garin Nugroho dan kawan-kawannya dengan harapan untuk membuat festival film internasional yang berfokus pada lingkup Asia.

JAFF sendiri pertama kali digelar pada tahun 2006 silam. Mereka menggandeng NETPAC (Jaringan untuk Promosi Sinema Asia) sebagai partner kerjasama. NETPAC adalah organisasi yang berpusat di Sri Lanka yang menghubungkan para kritikus, pembuat film, kurator, penyelenggara festival, exhibitor, dan pemerhati film dari 30 negara di Asia.

4. Simak Trailernya!


Video by: MAHAKARYACHANNEL