Kronologi Kisah Cinta Si Doel - Sarah dan Zaenab, Sejarah Pertemuan dan Kebimbangan Hati yang Kini Menemukan Ujung

Wulan Noviarina Anggraini   | Jum'at, 24 Januari 2020 15:38 WIB
Kronologi Kisah Cinta Si Doel - Sarah dan Zaenab, Sejarah Pertemuan dan Kebimbangan Hati yang Kini Menemukan Ujung

Kapanlagi.com - Rasa-rasanya, tidak tegasnya sikap Doel kepada Zaenab dan Sarah sudah menjadi legenda di Indonesia. Penonton sinetron Si Doel Anak Sekolahan hingga film SI DOEL THE MOVIE sama-sama gemas dengan plin-plannya hati Doel pada dua perempuan yang sama-sama mencintainya ini.

Tetapi pada akhirnya, sebuah pilihan harus dibuat oleh Kasdullah, demikian nama lengkap Si Doel. Ia tidak bisa selamanya menggantungkan hati Zaenab atau Sarah, memberi harapan yang seolah nyata, namun sebenarnya masih berisi kebimbangan, tak bisa benar-benar memilih karena takut menyakiti dan kehilangan salah satu.

Kepada siapa akhirnya hati Doel akan berlabuh? Sebelum menebak pada siapa hati Doel akhirnya akan berlabuh untuk selamanya, mari kita kilas balik perjalanan mereka yang memerlukan waktu bertahun-tahun untuk menemukan jawaban. Jika ada kejuaraan PHP tingkat nasional, mungkin Doel adalah juara bertahan yang belum terkalahkan.

 

1 dari 8 halaman

1. Pertemuan Doel dengan Sarah

Pertemuan Doel dengan Sarah © KapanLagi.com/Bayu Herdianto
Sebuah kecelakaan yang melibatkan mobil Sarah dan oplet Si Doel menjadi awal pertama perjumpaan sejoli ini. Niat Sarah untuk mengganti rugi atas rusaknya oplet yang dikendarai Doel ternyata menuntun mereka ke sebuah kisah asmara.

Sarah yang merupakan anak orang kaya raya, jatuh cinta kepada Doel yang berasal dari keluarga sederhana. Kebetulan juga, ternyata Sarah adalah sepupu Hans, sahabat Doel di kampus tempatnya kuliah sampai akhirnya jadi 'Tukang Insinyur'.

Tak segan mengejar walau badai menghadang, itulah yang dilakukan oleh Sarah untuk mendapatkan hati Doel. Ia rajin berkunjung ke rumah Doel, mulai dari alasan memberi ganti rugi sampai kemudian menjadikan keluarga Doel sebagai narasumber bahan skripsi.

Sarah yang baik dan tidak sombong meski berasal dari keluarga berada, langsung mencuri hati Nyak Lela dan Babe Sabeni. Tetapi meluluhkan hati Doel tidak semudah itu.

Sikap Doel kepada Sarah di awal kedekatan mereka sangat dingin dan kaku. Ia tahu bahwa Sarah suka kepadanya, namun Doel menanggapi dengan acuh. Doel hanya memberikan balasan sekadarnya, sebagai tanda kesopanan semata karena Sarah sudah begitu baik kepada keluarganya.

Dan ini bukan tanpa alasan...

2 dari 8 halaman

2. Zaenab Yang Selalu Ada di Hati Tapi Tak Bisa Dimiliki

Zaenab Yang Selalu Ada di Hati Tapi Tak Bisa Dimiliki © KapanLagi.com/Bayu Herdianto
Dinginnya sikap Doel kepada Sarah ternyata karena ia memiliki perasaan khusus kepada Zaenab. Teman sejak lama dan rumah pun bertetangga, membuat Doel dekat dengan Zaenab.

Sebenarnya Zaenab pun menaruh hati kepada Doel yang baik hati dan rajin mengaji. Tetapi kisah asmara mereka hanya menjadi sebuah ilusi, karena sebelum Doel berani melangkah mendekat, cintanya sudah terhadang sikap orangtua Zaenab.

Ibunda Zaenab tak setuju putrinya pacaran dengan Doel yang berasal dari keluarga sederhana. Sang ibunda mendamba menantu yang lebih kaya dan menjodohkannya dengan pengusaha-pengusaha yang dianggap lebih pantas untuk Zaenab.

Melihat penolakan yang diberikan oleh orangtua Zaenab, ayah dan ibu Doel pun menarik diri. Mereka tetap berhubungan baik sesama tetangga, namun memberikan saran jika sebaiknya Doel membatalkan niatnya untuk berhubungan dengan Zaenab daripada terjadi masalah dengan keluarganya.

Patuh kepada orangtua masing-masing, Doel dan Zaenab memendam perasaan mereka. Meski Doel tak pernah benar-benar mengakui perasaannya kepada Zaenab, namun ia kerap memberikan perhatian kecil seperti mengantar pulang. Zaenab pun kerap datang ke rumah Doel, membawakan makanan dalam rantang.

3 dari 8 halaman

3. Pendekatan Sarah yang Akhirnya Membuahkan Hasil

Pendekatan Sarah yang Akhirnya Membuahkan Hasil © KapanLagi.com/Agus Apriyanto
Sarah bukannya tidak tahu bahwa Doel menyimpan hati kepada Zaenab. Ketika Zaenab datang ke rumah Doel dan mereka tak sengaja bertemu, kerap kali api cemburu berkobar di dada Sarah.

Tetapi Sarah pantang mundur, ia tetap berjuang mendapatkan hati Doel dengan berbagai cara. Mengajak keluarga liburan ke Anyer, membelikan oleh-oleh ketika pulang dari luar negeri dan memberi perhatian manis untuk keluarga Doel menjadi salah satu dari sekian banyak trik Sarah menaklukkan si Tukang Insinyur.

Awalnya cuek, Doel mulai melihat Sarah sebagai sosok yang berbeda. Ia mulai memberikan perhatian balik untuk Sarah, menerima kehadirannya yang banyak memberikan bantuan tulus dari hati.

Namun Doel tetap tak bisa sepenuhnya melepaskan Zaenab dari hidupnya....

4 dari 8 halaman

4. Tentukan Pilihan, Doel Pilih Sarah

Tentukan Pilihan, Doel Pilih Sarah © KapanLagi.com/Bayu Herdianto
Zaenab tahu, sekuat apapun ia bertahan mencintai Doel, lengkap dengan air mata yang berderai-derai setiap malam, tidak akan membuat orangtuanya setuju dengan hubungan mereka. Ia pun tahu, bahwa hati Doel sudah mulai terbagi ke Sarah.

Demikian pula dengan Doel, ia tahu bahwa tidak ada jalan baginya untuk mendapatkan tempat di keluarga Zaenab. Meski ayah Zaenab menerimanya dengan sopan, tetapi tidak dengan ibunya.

Kehadiran Sarah pun semakin lama semakin kuat di hati Doel. Ia pun mantap memilih Sarah sebagai kekasihnya, dan Zaenab menyadari itu. Ia pun akhinya mulai melepaskan harapan pada Doel dan membuka diri pada kehadiran pria lain yang ingin mendekatinya.

Tetapi kisah cinta mereka seperti roller coaster, naik turun dengan cepat. Sarah sangat insecure pada hati Doel yang tampak masih perhatian ke Zaenab, membuat masalah demi masalah mereka hadapi tanpa henti.

Terkadang Doel tampak lelah berusaha membuktikan bahwa hanya ada Sarah di dalam hatinya. Tetapi rasa cemburu Sarah yang berlebihan kepada Zaenab selalu sukses merusak suasana dan kerap membuat hubungan mereka renggang.

Termasuk ketika Doel memberikan oleh-oleh dari Swiss untuk Zaenab yang membuat Sarah marah luar biasa.

5 dari 8 halaman

5. Pernikahan Doel dan Sarah

Pernikahan Doel dan Sarah © KapanLagi.com/Agus Apriyanto
Kisah Sarah dan Doel sempat putus nyambung, namun akhirnya mereka balikan. Doel pun semakin memantapkan hati dan berniat untuk melamar Sarah karena ia akan ditempatkan di Kalimantan dalam waktu yang lama.

Di sisi lain, Zaenab mulai berhubungan dengan Henry yang kali ini mendapatkan restu dari ibunya. Belum lama pacaran, Zaenab menikah dengan Henry karena kondisi kesehatan ibunda Henry yang memburuk.

Sebelum pernikahan itu berlangsung, Doel sempat menemui Zaenab tanpa sepengetahuan Sarah. Doel pun mengajak Sarah untuk menghadiri pernikahan Zaenab dan kemudian pertemuan itu terungkap.

Sarah yang baru saja tenang, kembali cemburu luar biasa kepada Zaenab. Ia marah kepada Doel karena tak jujur soal pertemuan dengan Zaenab dan mereka pun kembali marahan.

Tetapi Doel kali ini berjuang untuk meminta maaf kepada Sarah. Ia menemui Sarah dan mengutarakan keinginannya untuk menikah, yang disambut dengan pelukan oleh Sarah.

6 dari 8 halaman

6. Cinta Segitiga Yang Tak Pernah Usai

Cinta Segitiga Yang Tak Pernah Usai © KapanLagi.com/Bayu Herdianto
Pernikahan Zaenab dengan Henry, dan Sarah dengan Doel tidak membuat kisah cinta segitiga di antara mereka berakhir. Sarah yang sedang hamil, semakin posesif kepada Doel.

Rasa cemburu Sarah kepada Zaenab tidak pernah hilang meski mereka sama-sama sudah menikah. Menurut Sarah, Doel masih sangat perhatian kepada Zaenab yang juga sedang hamil anak dari pernikahan dengan Henry.

Di sisi lain, Doel iba kepada Zaenab yang mengalami kekerasan dari Henry. Zaenab yang jadi korban KDRT dan mengalami keguguran, meminta bantuan dari Doel dan dengan niat membantu saudara jauh Doel pun melakukannya.

Tetapi keputusan Doel membantu Zaenab kala keguguran ini membuat Sarah salah paham. Ia marah luar biasa dan langsung kabur meninggalkan rumah. Tak tanggung-tanggung, Sarah pergi ke Belanda untuk menenangkan diri.

Doel yang tidak memiliki biaya untuk menyusul Sarah, akhirnya pasrah. Ia pun tidak bisa menghubungi Sarah karena semua akses komunikasi ditutup oleh keluarga yang marah kepada Doel.

Zaenab pun akhirnya bercerai dari Henry dan kembali ke rumah orangtuanya. Ia dan Doel sama-sama sendiri lagi, namun dengan status Doel yang masih terikat pernikahan dengan Sarah.

7 dari 8 halaman

7. Pernikahan Doel dan Zaenab

Pernikahan Doel dan Zaenab © KapanLagi.com/Bayu Herdianto
Bertahun-tahun berlalu tanpa ada kabar dari Sarah. Doel yang sebelumnya kerja kantoran, kehilangan pekerjaannya dan akhirnya melakukan semua kerjaan serabutan untuk menghidupi keluarganya.

Ia tidak pernah tahu bagaimana kabar Sarah dan anak yang ada di dalam kandungannya. Dan dengan pekerjaan serabutan, Doel pun tak punya biaya untuk mencari keberadaan Sarah di Belanda.

Setelah beberapa lama tak ada kabar dari Sarah, akhirnya Doel kembali dekat dengan Zaenab. Atas permintaan ayah Zaenab yang sudah sakit-sakitan, mereka menikah secara siri karena Doel masih belum menceraikan Sarah.

Cukup lama Doel dan Zaenab menikah, namun mereka belum memiliki anak. Zaenab pun pindah ke rumah Doel dan merawat Nyak Lela yang sedang sakit dengan begitu perhatian. Nyak Lela pun berpesan kepada Doel, agar jangan sampai menyakiti hati Zaenab yang sangat baik.

8 dari 8 halaman

8. Doel Kembali Menemui Sarah

Doel Kembali Menemui Sarah © KapanLagi.com/Bayu Herdianto
Hati Doel yang sudah mantap kepada Zaenab, kembali bimbang ketika ia berjumpa kembali dengan Sarah. Hans yang memberikan kesempatan pertemuan itu, yang ternyata semuanya terjadi atas permintaan dari Sarah.

Dengan dana dari Sarah yang diberikan diam-diam, Doel berangkat ke Belanda dan di sana ia berjumpa dengan Sarah serta anaknya. Sarah sengaja melakukannya untuk memberitahu putranya bahwa ayahnya masih hidup.

Pertemuan kembali dengan Sarah membuat hati Doel bimbang luar biasa. Terlebih ia tahu bahwa anaknya sudah tumbuh besar dan mau menerimanya dengan baik meski mereka tak pernah bertemu.

Sementara di Indonesia, Zaenab menyadari bahwa dirinya sedang hamil anak Doel. Keberangkatan Doel ke Belanda membuat Zaenab galau setengah mati. Ia cemburu jika Doel bertemu lagi dengan Sarah dan takut mereka akan kembali.

Namun ternyata Sarah meminta agar Doel menceraikannya. Ia ingin mereka berpisah secara resmi baik secara agama maupun negara. Sebuah permintaan yang membuat Doel sangat sedih dan bimbang.

Doel masih sangat mencintai Sarah, namun ia juga tidak mungkin melepaskan Zaenab. Di sini Doel masih belum tahu bahwa Zaenab sedang hamil anaknya. Namun ia mengingat pesan Nyak Lela, agar jangan sampai melukai hati Zaenab yang sangat baik.

Doel kembali bimbang dan tak bisa membuat keputusan. Namun sebuah keputusan harus diambil dan Doel melakukannya di seri terakhir trilogi SI DOEL THE MOVIE yang diberi tajuk AKHIR KISAH CINTA SI DOEL. Siapa yang akhirnya dipilih oleh Si Doel? Sarah ataukah Zaenab?

Menurut KLovers?

(kpl/phi)


↑